Pilihan Warna Cat Terbaik Agar Rumah Cepat Terjual

Kantri MaharaniMei 27, 2016

RumahCom – Seperti membeli mobil, warna rumah juga menjadi pertimbangan orang saat akan membeli rumah. Pada beberapa kasus, rumah sulit terjual atau penjual harus menurunkan harga gara-gara warna rumah.

Mengutip dari homeguides.sfgate.com,  Bob Vila, mantan presenter ternama program “Old House” menjabarkan lima bagian rumah yang harus diperhatikan dalam memilih warna yang terbaik agar rumah Anda cepat terjual.

Kelima prioritas tersebut adalah tampilan eksterior rumah, ruang tamu, warna ruang dapur, kamar tidur, dan kamar mandi. Dan pilihan warna terbaik, akan diulas sebagai berikut:

1. Tampilan eksterior

Contoh tampilan eksterior dengan warna bumi (foto perumahan Blossom 4 Residence, Pondok Aren Tangerang Selatan)

Contoh tampilan eksterior dengan warna bumi (foto perumahan Blossom 4 Residence, Pondok Aren Tangerang Selatan)

Tips untuk memilih warna pada bagian eksterior rumah, harus dipertimbangkan kondisi lingkungan, baik rumah sekitar maupun lingkungan-lingkungan tambahan.

Selain itu, juga harus memperhitungkan fitur lain pada rumah seperti warna atap, batu, batu bata, pagar, tanaman di pekarangan.

Vila menegaskan, warna-warna “bumi” seperti cokelat, putih, krem, dan hijau, adalah pilihan warna yang terpat untuk dinding. Sedangkan fitur lain, aplikasikan dengan warna sebenarnya. Artinya tidak perlu ada tambahan warna lain.

2. Tampilan ruang tamu

Contoh ruang tamu yang diaplikasikan menggunakan warna putih (sumber: pixabay.com)

Contoh ruang tamu yang diaplikasikan menggunakan warna putih (sumber: pixabay.com)

Kunci utama dalam memilih warna ruang tamu adalah bagaimana menggabungkan kehangatan dengan sisi netralitas.

Warna-warna ‘hangat’ mengundang dan memberikan ruang sedikit lebih banyak karakter dari dinding putih polos. Selain putih, Anda juga bisa menggunakan warna krem dan abu-abu terang.

(Baca juga artikel “Tips Menyiasati Ruang Tamu Mungil”)

3. Tampilan dapur

Contoh dapur yang diberikan perpaduan warna kuning dan krem, sehingga dapur Anda terlihat terang (sumber: pixabay.com)

Contoh dapur yang diberikan perpaduan warna kuning dan krem, sehingga dapur Anda terlihat terang (sumber: pixabay.com)

Bagian dapur, usahakan menggunakan warna yang terang. Kebanyakan pembeli ingin dapur cerah. Warna-warna cerah, bisa membantu kegiatan memasak, seperti memotong, menggoreng, memanggang, dan lain-lain.

Selain itu, warna terang juga bisa menambah kecerahan ke dalam ruangan lain, sebab dimungkinkan cahaya memantul dari dapur hingga sedikit memberikan efek cerah pada ruang di sekitarnya.

(Baca juga artikel “Ini Tips Mendesain Dapur dan Kitchen Set yang Benar”)

Pilihan warna yang tepat antara lain kuning pucat, cokelat kekuningan, dan warna zaitun yang merupakan warna hijau ke kuning-kuningan.

4. Tampilan kamar tidur

Warna zaitun ini cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur (pixabay.com)

Warna zaitun ini cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur (pixabay.com)

Pilihan warna tidur haruslah memberikan kesan lembut dan ketenagan. Sebab, fungsi dari kamar adalah untuk relaksasi.

Rekomendasi warna untuk kamar tidur antara lain putih kulit telur, cokelat terang (beige), abu-abu muda, kuning terang dan warna zaitun.

(Baca juga artikel “8 Warna Ceria untuk Kamar Tidur Anda”)

5. Tampilan kamar mandi

Cotoh warna putih yang digunakan untuk kamar mandi di rumah Anda (sumber: pixabay.com)

Cotoh warna putih yang digunakan untuk kamar mandi di rumah Anda (sumber: pixabay.com)

Terakhir, untuk kamar mandi. Pilihan warna pada kamar mandi sedikit bervariasi, yang disesuaikan dengan ukuran kamar mandi yang Anda miliki.

Untuk kamar mandi berukuran kecil hindari penggunaan warna gelap, sebaliknya gunakan warna putih agar terlihat lebih besar. Sedangkan untuk kamar mandi berukuran besar, baru bisa menggunakan warna gelap seperti cokelat, merah, dan biru. Warna-warna tersebut dapat membuat ruangan terlihat sangat kecil.

(Baca juga artikel “Cara Murah Meriah Mempercantik Kamar Mandi”)

Feature picture: pixabay.com

Kantri Maharani
Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Jual Rumah Tanpa Merugikan Konsumen

RumahCom – Memasarkan properti, dewasa ini, dapat dilakukan lewat beragam media, mulai dari surat kabar, majalah, tabloid, televisi, hingga situs web properti seperti Rumah.com.Maraknya penjuala

Lanjutkan membacaApril 21, 2014

Trik Jual Rumah Dekat Kawasan Pertambangan

RumahCom - Laku atau tidaknya suatu properti tergantung lokasi. Sebuah rumah yang letaknya di dekat daerah pertambangan butuh penanganan khusus agar cepat terjual. Menjual rumah di lokasi yang dek

Lanjutkan membacaApril 11, 2016

Hati-hati, 6 Hal Ini Bisa Menurunkan Harga Jual Rumah

RumahCom - Agar semakin nyaman tinggal di rumah sendiri, banyak orang merenovasinya sesuai dengan selera. Meski demikian, renovasi harus dilakukan secara hati-hati agar tidak mengurangi prospek invest

Lanjutkan membacaApril 25, 2016

Masukan