Manfaat Kulit Telur di Rumah Anda

Anto ErawanMei 29, 2016

RumahCom – Telur sering digunakan dalam proses memasak. Bahkan, untuk membuat hidangan yang simpel pun kadang membutuhkan telur. Akibatnya, begitu proses memasak selesai, Anda mendapatkan banyak kulit telur yang tak lagi terpakai.

Jika tak langsung dibuang, sisa telur di dalam kulitnya akan menimbulkan aroma amis yang menarik perhatian kecoa. Tapi, membuangnya bukan solusi untuk mengurangi sampah. Banyak manfaat yang didapatkan dari kulit telur.

Membersihkan keramik kamar mandi

Cuci telur lalu tumbuk dan campur bersama baking soda dan perasan jeruk nipis. Setelah hancur, gunakan serbuk telur untuk membersihkan lantai kamar mandi, bak cuci piring, dan wastafel.

Serbuk ini efektif mengangkat kerak dan kotoran yang ada di keramik Anda. Tapi, jangan gunakan untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari kaca, karena akan menimbulkan goresan.

Pupuk kompos

Campurkan telur yang sudah ditumpuk dengan kulit buah-buahan, daun yang sudah layu, sisa batang sayuran, serta tanah. Setelah tercampur rata, gali tanah di pekarangan Anda lalu benamkan campuran pupuk tersebut ke dalamnya. Pupuk kompos buatan sendiri ini akan membuat tanah lebih subur dan kaya nutrisi yang bagus untuk tanaman, terutama rumput dan tanaman bunga.

(Tips: Merancang ruang tamu minimalis)

Suplemen tomat

Pernah menanam tomat? Biasanya salah satu penyakitnya adalah buahnya cepat membusuk saat masih hijau sehingga tak sempat Anda panen. Hal ini menandakan tanaman tomat Anda kurang kalsium dan protein sebagai nutrisinya. Taburkan kulit telur yang sudah ditumbuh di tanah tempat tomat tersebut ditanam agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Pestisida alami

Kulit telur yang telah hancur dipercaya mampu membuat siput, bekicot, semut, ulat, dan hama tanaman lainnya enggan berada di sekitar kebun Anda. Cobalah taburkan kulit telur tumbuk di sekitar tanaman kesayangan Anda.

Makanan ayam

Bila Anda memelihara ayam betina petelur, tambahkan kulit telur tumbuk ke dalam makanannya. Kulit telur mengadung kalsium dan mineral sehingga telur yang nantinya dihasilkan ayam Anda memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak. Begitu juga dengan daging ayam yang berasal dari ayam yang mengonsumsi kulit telur ini.

Pot alami

Bila tertarik menanam biji-bijian, gunakan cangkang telur sebagai tempat menanam bibit. Kalsium yang terkandung dalam kulit telur membuat tanaman akan cepat berkembang dan tumbuh subur, sehingga Anda bisa segera memindahkannya ke media tanam lainnya.

Rina Susanto
Foto: Kaboompics

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Ini Dia, Manfaat Ruangan Lesehan

RumahCom – Jika usia Anda masih muda dan aktif, tak ada salahnya mendesain salah satu ruangan di rumah Anda dengan konsep lesehan. Misalnya, ruang tamu atau ruang makan. Untuk ruang tamu, Anda bi

Lanjutkan membacaMei 26, 2016

Tillandsia, Tanaman Cantik Minim Perawatan

RumahCom - Menanam air plants di rumah kini tengah menjadi tren. Pasalnya air plants sesuai dengan interior ruangan yang minimalis, modern, dan perawatannya pun mudah. Berbeda dengan tanaman lainny

Lanjutkan membacaMei 26, 2016

8 Warna Ceria untuk Kamar Tidur Anda

RumahCom – Kamar tidur merupakan ruang pribadi yang multifungsi. Kegunaan utamanya adalah untuk beristirahat, namun seringkali kamar tidur dialihfungsikan menjadi area bekerja bahkan berkumpul sambi

Lanjutkan membacaMei 26, 2016

Aplikasi Ornamen Etnik di Ruang Keluarga Modern

RumahCom – Ada begitu banyak ide yang bisa dituangkan untuk menambah estetika secara visual pada ruang keluarga. Salah satunya dengan menambahkan detail ornamen interior. Sebagian dari Anda mungk

Lanjutkan membacaMei 27, 2016

Cermat Memilih Kabinet Dapur

RumahCom – Renovasi tidak harus selalu berkaitan dengan perubahan. Hanya dengan sedikit kreativitas saja, niscaya interior ruang di rumah yang Anda impikan bisa segera terwujud. Seperti misalnya

Lanjutkan membacaMei 27, 2016

Masukan