Membuat Ranjang Anda Serapi Ranjang Hotel

Anto ErawanMei 31, 2016

RumahCom – Selain menyetrika, memasangkan seprai pada kasur menjadi salah satu kegiatan rumah tangga yang tak disukai. Meski sudah payah Anda memasangkanya serapi mungkin, tetap saja dalam sekejap seprai menjadi berantakan dan kusut. Padahal, salah satu dorongan untuk merasa nyaman dan betah tidur di ranjang adalah kerapian seprai dan ranjangnya.

Agar seprai di ranjang Anda selalu rapi, cobalah langkah ini.

Ganti setiap minggu

Lebih dari seminggu, seprai sudah penuh dengan keringat, debu, dan kotoran dari pakaian Anda. Membiarkannya tak diganti akan membuat seprai selalu kusut dan terasa lengket serta gerah saat digunakan. Anda pun menjadi tak nyaman saat tidur di atasnya. Usahakan mengganti seprai setiap minggu agar area ranjang tetap higienis dan tak kusut.

Cuci dengan kanji

Jangan mengandalkan jasa laundry kiloan atau mesin cuci untuk mencuci seprai Anda. Agar seprai tak mudah kusut, rendamlah dengan tepung kanji.

Caranya, campurkan satu sendok makan tepung kanji dengan tiga gelas air lalu didihkan. Setelahnya, campur air kanji dengan seember air bersih. Rendamlah seprai yang sudah dicuci sebelumnya ke dalam air kanji tersebut.

Diamkan selama 20-30 menit lalu jemur di bawah sinar matahari. Sesudahnya Anda tinggal menyetrikanya. Seprai pun tak akan mudah kusut. Cara ini juga berlaku untuk sarung bantal dan guling Anda.

Balik kasur Anda

Membalik kasur akan membuatnya lebih awet, karena kondisi pegas di dalamnya menjadi tak cepat kendur. Baliklah kasur setiap 2-3 minggu, dan putar bagian kepala dan kakinya agar tumpuan bebannya menjadi seimbang. Kasur yang tadinya di bawah biasanya menjadi lebih keras sehingga lebih mudah dipasang seprai, dan hasilnya pun akan lebih rapi.

Mulai dari tengah

Saat memasangkan seprai pastikan seprai dalam keadaan terbuka rata di atas tempat tidur. Jika ujung seprai memiki karet, dengan mudah Anda bisa memasukkan ujung-ujung kasur ke dalam seprai Anda. Tapi jika tidak ada karetnya, buatlah simpul di setiap ujung seprai untuk mengganjal seprai saat disematkan ke balik kasur.

Gunakan duvet

Duvet adalah pelapis seprai yang biasanya juga dipakai sebagai selimut—Anda mungkin lebih mengenalnya sebagai bed cover. Jangan menutupi seluruh permukaan kasur dengan duvet, cukup tarik hingga melebihi bagian kepala ranjang lalu lipatlah ke arah luar, sehingga bagian kepala kasur terlihat seprainya. Lalu, letakkan bantal-bantal di bagian kepala kasur yang tak tertutup duvet tadi.

Rina Susanto
Foto: Pixabay

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lengkapi Istana, Pasangan Kim-Kanye Beli 6 Ranjang Termahal

RumahCom - Tak puas dengan memilih toilet mewah berlapis emas untuk istana mereka di Bel Air, Kim Kardashian dan Kanye West diberitakan telah memborong enam tempat tidur termahal seharga GBP

Lanjutkan membacaJuli 30, 2013

Lima Ranjang Unik untuk Inspirasi Anda

RumahCom – Setelah seminggu dihadapkan dengan jadwal pekerjaan yang cukup membuat penat, pada akhir pekan mungkin Anda ingin beristirahat dengan tenang dan nyaman. Beberapa macam bentuk ranjang

Lanjutkan membacaNovember 29, 2013

Unik, Ikea Jual Ranjang di Bioskop

RumahCom – Strategi penjualan bisa bermacam-macam, dari yang normal sampai yang unik. Jaringan toko furnitur internasional Ikea di Rusia baru-baru ini melakukan penjualan berbagai model ranjang di b

Lanjutkan membacaDesember 16, 2014

Trik Kreatif Mempercantik Tempat Tidur

RumahCom - Kamar adalah sebuah ruangan pribadi tempat beristirahat untuk melepaskan lelah di penghujung hari. Tentu saat beristirahat, tubuh membutuhkan ketenangan dan suasana yang nyaman. Menurut

Lanjutkan membacaMaret 10, 2016

Kapsul Tidur, Hemat Ruang dan Fungsional

RumahCom - Mahalnya apartemen dan tempat tinggal di kota-kota besar telah menjadi permasalahan global. Di hampir semua kota besar di banyak negara, mulai dari negara maju seperti Inggris dan Amerika S

Lanjutkan membacaApril 26, 2016

Masukan