Tips Sebelum Membuat Rumah Indekos

Anto ErawanMei 31, 2016

RumahCom – Membangun rumah indekos menawarkan pasive income rutin ke kocek Anda. Tapi, meski modal Anda lebih dari cukup untuk mendirikan kosan dan memasarkannya, bukan berarti Anda bisa asal-asalan.

Jika ingin rencana bisnis Anda berjalan lancar, lakukan cara berikut ini.

Buat pondasi bertingkat

Meski awalnya Anda hanya berniat membuat indekos satu lantai, mintalah ahli bangunan membuat pondasi bangunan yang kuat untuk menopang 2-3 lantai. Hal ini bertujuan jika Anda ingin menambah lantai agar lebih banyak menampung penyewa, kontruksi bangunan Anda kokoh dan kuat. Jangan hanya puas memiliki rumah indekos yang seadanya, akan lebih baik jika Anda memiliki rencana untuk mengembangkannya.

Pilih yang minimalis

Rumah indekos yang bergaya minimalis selalu terlihat nyaman dan bersih. Rumah minimalis memang tidak berarti biaya pembuatannya minim, tapi setidaknya lebih ramah lingkungan dan biaya perawatannya lebih murah dibandingkan membangun rumah bergaya etnik atau rumah era 90-an.

Perhatikan lokasi

Anda boleh saja sudah menentukan lokasi strategis untuk mendirikan rumah indekos, tapi perhatikan lingkungan sekitarnya. Pastikan lingkungannya aman, dekat dengan area yang menjual makanan, warga di sekitarnya ramah dan bersahabat, serta tidak terlalu terjepit di dalam gang. Indekos yang berada jauh di dalam gang akan membuat penyewa berpikir ulang karena risiko kebakaran yang besar.

Lengkapi kamar

Harga sewa kos bisa meningkat jika Anda tak membiarkan kamarnya kosong. Isilah kamar dengan perabotan sederhana, seperti ranjang, lemari kecil, dan WiFi.

Cobalah membuat paket promo di awal peluncuran, misalnya 10 penyewa pertama akan mendapatkan lokasi parkir kendaraan yang nyaman. Ingat, Anda juga harus memerhatikan area parkir bagi penyewa yang membawa kendaraan. Jangan biarkan kendaraan mereka terparkir berantakan di sepanjang jalan, karena selain tak aman juga menyulitkan akses jalan warga sekitar perumahan.

Ada area terbuka

Sebaiknya buatlah area terbuka sebagai tempat penyewa kos untuk menghilangkan penat dan menghirup udara segar. Jika tidak memungkinkan didirikan halaman besar di depan kos, buatlah taman di rooftop. Area rooftop ini nantinya juga dapat digunakan sebagai lokasi menjemur pakaian.

Bekerja sama dengan pihak lain

Ajaklah teman Anda untuk berbisnis bersama dengan menyewa tempat di indekos Anda. Syaratnya, dia menyediakan kebutuhan penyewa, seperti menyediakan makanan atau jasa laundry. Kerjasama ini akan menguntungkan Anda, karena memudahkan penyewa kamar.

Rina Susanto
Foto: Pixabay

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tren Investasi Apartemen dekat Kampus

RumahCom - Apartemen menjadi salah satu jenis investasi yang cukup menggiurkan. Selain dari harga jual kembali (capital gain), Anda juga bisa mendapat pemasukan dengan menyewakannya. Selain membid

Lanjutkan membacaMei 23, 2016

Sebelum Sewa Ruko, Cermati 7 Hal Berikut

RumahCom - Ruko menjadi solusi bagi Anda yang ingin mulai mengembangkan bisnis namun anggaran terbentur antara membeli hunian atau membeli space untuk bisnis. Ruko biasanya terdiri dari dua hingga

Lanjutkan membacaMei 24, 2016

Beli Properti, Sebaiknya Atas Nama Suami atau Istri?

RumahCom – Memiliki properti seperti mobil dan rumah menjadi parameter kesuksesan bagi sebagian orang. Terlebih jika bisa dimiliki selagi masih lajang. Lantas kalau sudah menikah, di tangan siapakah

Lanjutkan membacaMei 24, 2016

Rilis Pola 1:3:1, Bank BTN Percepat Proses KPR

RumahCom - PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk memproyeksikan permintaan kredit perumahan tahun ini, khususnya yang menyasar masyarakat menengah ke bawah masih cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat d

Lanjutkan membacaMei 25, 2016

Tips KPR bagi Si Usia 50 Tahun

RumahCom – Membeli rumah memang sebaiknya dilakukan sejak usia produktif. Lantaran di usia rentang 20-30 tahun ini biasanya seseorang masih memiliki banyak tenaga, mampu bekerja keras, dan menghasil

Lanjutkan membacaMei 25, 2016

Masukan