Hijaukan Rumah dengan Dekorasi Rumput Sintetis

Fathia AzkiaJuni 14, 2016

RumahCom – Hijaunya rumput ternyata tidak hanya bisa dinikmati di taman rumah saja. Dari dalam rumah alias interior, hamparan warna hijau juga bisa dipandang melalui penggunaan rumput sintetis.

Dekorasi yang satu ini mungkin belum pernah terlintas di benak Anda. Kini mungkin saatnya Anda berani mencoba dekorasi yang hasil akhirnya mampu menjadikan rumah terlihat lebih cantik dan terasa adem.

Sebelum berencana membelinya, ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui. Pertama, harga. Di salah satu gerai perabot rumah tangga ternama, rumput sintetis dibanderol mulai Rp94 ribu hingga Rp489 ribu. Variasi harga ini bergantung pada ukuran, tingkat ketebalan, dan kualitasnya.

Kedua, rumput sintetis dekorasi yang dapat diaplikasikan pada interior rumah adalah yang menyerupai rumput sintetis taman. Rumput sintetis dekorasi lebih mengutamakan segi keindahan, dengan warna lebih cerah serta tampilan dekoratif.

Dan ketiga, penting untuk mengetahui bahwa rumput sintetis yang mengandung karsinogen –umumnya banyak digunakan untuk lapangan futsal- sangat potensial memicu kanker bagi seseorang. Berikut ciri rumput sintetis yang harus dihindari:

  1. Terbuat dari bahan daur ulang seperti plastik bekas dan potongan karet dari ban bekas.
  2. Di pasaran harganya lebih murah.
  3. Bila disentuh teksturnya keras, kaku, tidak lembut, mudah hancur, warna mudah pudar, berbau tidak sedap, dan sulit dibersihkan.

Sementara rumput sintetis yang aman bagi kesehatan memiliki ciri sebagai berikut;

  1. Bahan dasarnya adalah plastik murni 100% tanpa melalui proses daur ulang.
  2. Harga relatif lebih mahal, dan telah mendapatkan sertifikat lisensi yang menjamin keamanan dan kualitas rumput sintetis tersebut.
  3. Jika dilihat dan diraba akan terasa berbeda karena teksturnya yang lembut, tidak kaku, fleksibel, tahan lama, warna cerah dan tidak mudah pudar, tidak berbau serta mudah dibersihkan.

Dikutip dari artglassblog, terangkum beberapa tips memilih rumput sintetis yang baik dan tahan lama untuk ruang di dalam rumah, yakni;

  1. Pastikan rumput sintetis tidak mudah tercabut, kalau perlu lihat bagian belakangnya. Biasanya, rumput sintetis yang bagus dilengkapi anyaman pada bagian belakangnya.
  2. Lebih baik lagi jika memilih rumput sintetis yang dibekali flame retardant coating untuk ketahanan terhadap air.

Pemasangan rumput sintetis dekorasi tidak membutuhkan tenaga profesional, sehingga siapapun bisa melakukannya. Ini karena dalam proses aplikasinya tidak memerlukan peralatan khusus. Hanya saja, Anda perlu sedikit ketelitian untuk memastikannya nampak rapi dan indah.

Perlu diingat, pemasangan rumput sintetis dekorasi membutuhkan bidang yang datar dan padat. Contoh pemakaiannya bisa Anda simak dari foto-foto berikut ini.

dekorasi rumah-rumput sintetis-2

Sumber: SYNLawn

dekorasi rumah-rumput sintetis-3

Sumber: Houzz.com

dekorasi rumah-rumput sintetis-4

Sumber: Houzz.com

dekorasi rumah-rumput sintetis-5

Sumber: Pinterest

Satu hal lagi yang menarik dari dekorasi ruang dengan rumput sintetis adalah perawatan. Anda tidak perlu bersusah payah membersihkannya, saat rumput dihinggapi debu maupun noda dan kotoran lainnya.

Cukup semprot dengan air, lalu lap menggunakan kain bersih atau sapu kecil untuk menghilangkan noda. Biarkan kering dengan sendirinya, dan rumput sintetis bisa tampil segar nan bersih kembali.

Foto: Pinterest

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengenal Jenis Rumput Untuk Taman Rumah

RumahCom – Sebagai salah satu bagian penting dari estetika hunian, taman kerap menghiasi tampilan depan rumah Anda. Rata-rata rumah dengan tipe 36/72 memiliki tanah sisa sekitar 300cm × 300cm. Luas

Lanjutkan membacaMaret 2, 2016

Bikin Dekorasi Vintage Sendiri, Begini Caranya!

RumahCom - Belakangan sering kita dapati aksesori dan dekorasi bergaya vintage di restoran maupun kafe. Gaya ini barangkali sedang ngetren. Tapi tren bukanlah satu-satunya alasan mengapa dekorasi vint

Lanjutkan membacaApril 29, 2016

Ada Balkon di Rumah? Ini Cara Mendekorasinya

RumahCom – Balkon berasal dari bahasa Italia yang berarti jendela besar. Ini karena aksesnya yang bisa dituju melalui jendela. Pada umumnya, balkon lebih kecil dari teras. Balkon dimasukkan pada

Lanjutkan membacaMei 3, 2016

Intip Dekorasi Kamar Tidur Anak Remaja

RumahCom – Saat si kecil beranjak remaja, akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya mengubah tampilan kamar tidurnya. Perubahan ini bisa sangat drastis. Bila semula kamar anak-an

Lanjutkan membacaMei 6, 2016

Tips Mendekorasi Dinding Rumah dengan Piring

RumahCom - Mendekorasi dinding dengan piring adalah salah satu cara yang kreatif dan tidak mahal untuk membuat sebuah titik fokus pada suatu ruangan. Daripada hanya menggunakan foto atau sebuah lukisa

Lanjutkan membacaMei 31, 2016

Masukan