Jangan Takut Aplikasikan Warna Abu-abu pada Ruangan

Kantri MaharaniJuni 22, 2016

RumahCom – Dari sudut pandang psikologi, warna abu-abu dikenal sebagai warna yang tidak emosional dan tenang. Seperti dilansir dari empower yourself with color, warna abu-abu memberikan kesan tidak memihak, netral, atau ragu-ragu.

Warna abu-abu adalah perpaduan warna hitam dan putih, dimana menjadi warna transisi yang tidak memihak keduanya.

Maksudnya, abu-abu bisa dilihat seperti hitam, karena unsur dramatis dan misterius. Sebaliknya, abu-abu juga bisa terlihat seperti putih atau perak yang terang dan menjadikan hidup.

Bila Anda menyukai warna abu-abu dan hendak menerapkan warna ini pada dinding rumah Anda, sepertinya menjadi pilihan yang tepat.

Warna abu-abu akan membuat suasana menjadi tenang dan cocok diterapkan bagi Anda pecinta rumah nuansa klasik. Efek dewasa, elegan, dan kesan formal akan menguatkan nilai dari pemilik rumah.

Tapi Anda juga harus berhati-hati dalam meaplikasikan warna ini. Bila digunakan terlalu dominan, akan menimbulkan kesedihan dan kesendirian. Bahkan, bila berlama-lama dalam ruangan bernuansa abu-abu yang terlalu dominan, penghuni akan cepat measa bosan.

Untuk menjaga unsur positif dari abu-abu ini, Anda bisa mengkombinasikan dengan warna-warna menarik seperti dilansir dari hgtv.com:

Contoh menerapkan warna abu-abu di ruang tamu (sumber: hgtv.com)

Contoh menerapkan warna abu-abu di ruang tamu (sumber: hgtv.com)

Seperti yang sudah disebutkan,warna abu-abu bisa diterapkan bersanding dengan warna-warna cerah lainnya.

Anggaplah ruangan di atas adalah ruang tamu Anda. Lihatlah warna hijau terang di sebelah kanan. Warna ini menyelaraskan unsur misterius dari abu-abu di dinding sebelahnya. Hijau menyeimbangkan unsur kuat sehingga tercipta harmoni.

Selain hijau, warna-warna lain seperti biru, oranye, dan cokelat memberikan unsur alam yang akan memberikan kesan natural di ruangan ini.

Contoh paduan warna abu-abu di ruang makan (sumber: hgtv.com)

Contoh paduan warna abu-abu di ruang makan (sumber: hgtv.com)

Selain ruang tamu, warna abu-abu juga bisa diterapkan di ruang makan. Seperti tampak pada gambar kedua, Anda bisa mengambil inspirasi ruang makan ini di rumah Anda.

Warna abu-abu pada dinding tetap terlihat gelap. Namun, dengan tambahan unsur warna putih pada ceiling, lampu dan jendela, serta warna terang pada perabotan, ruangan ini nampak cerah namun tidak melelahkan.

Contoh

Contoh warna abu-abu dengan paduan motif di ruang kerja (sumber: hgtv.com)

Jika Anda memiliki ruang kerja di rumah, sepertinya contoh penerapan warna abu-abu seperti tampak pada gambar bisa jadi inspirasi. Permainan warna abu-abu tidak selalu dicat. Tetapi juga bisa disiasati dengan menggunakan wallpaper.

Hanya saja, Anda harus memilih corak yang bermotif. Motif abu-abu terang dan gelap akan memberikan gradasi warna yang elegan.

Warna cokelat pada parket dan krem pada kusen jendela memberikan kesan hangat. Jadi, Anda bisa sangat tenang mengerjakan setumpuk kerjaan di ruangan ini.

Contoh warna abu-abu menjadi warna monokromatik (sumber: hgtv.com)

Contoh warna abu-abu menjadi warna monokromatik (sumber: hgtv.com)

Warna abu-abu juga bisa memberikan kesan dramatis seperti tampak pada gambar di atas. Caranya dengan memadukan unsur biru, abu-abu, dan aksen furnitur yang terbuat dari stainless steel. Perpaduan inilah yang disebut dengan warna monokromatik.

Warna monokromatik merupakan perpaduan beberapa warna yang bersumber dari satu warna dengan nilai dan intensitas yang berbeda. Anda bisa melihat unsur paduan biru dan abu-abu pada karpet dan dinding.

Dan paduan lain terlihat dari warna abu-abu pada sofa yang memberikan gradasi dengan warna krem pada gorden. Inspirasi ini sangat cocok untuk tipe rumah di Indonesia yang biasanya menggabungkan ruang makan dan ruang tamu/ruang keluarga.

Feature picture: hgtv.com

Kantri Maharani
Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Dirikan Lapak Kaki Lima di Depan Rumah Bisa Dipenjara

RumahCom – Fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) merupakan bagian dari permukiman baik di perkotaan maupun perdesaan. Fasum dan fasos dibuat oleh pengembang berdasarkan Undang-undang N

Lanjutkan membacaJuni 21, 2016

Informasi Penting Buat Pemudik Lebaran 2016

RumahCom - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, kondisi jalan di Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan siap dilalui pemudik Lebar

Lanjutkan membacaJuni 21, 2016

Tahun 2017, Momen Tepat Beli Properti

RumahCom – Pasar properti Indonesia diprediksi akan terus membaik dalam tiga tahun ke depan. Berdasarkan hal itu pula, tahun 2017 dinilai sebagai saat terbaik untuk membeli properti. Setelah semp

Lanjutkan membacaJuni 22, 2016

Masukan