Jurus Sediakan Ruang Saat Open House Lebaran

Fathia AzkiaJuni 29, 2016

RumahCom – Momentum utama di Hari Raya Idul Fitri adalah saling berkunjung dan bermaaf-maafan atas segala khilaf dan kesalahan yang pernah dilakukan. Tidak hanya itu, menjamu tamu yang datang juga merupakan salah satu ritual saat lebaran.

Berkaitan dengan jumlah tamu yang hadir dan area yang akan digunakan untuk berkumpul, selaku tuan rumah Anda perlu menyediakan space khusus agar membuat mereka merasa nyaman.

Apabila luas rumah memadai, hal ini bukan lagi masalah untuk Anda. Namun bagaimana jika ukuran ruang keluarga maupun ruang tamu Anda sempit?

Dihubungi tim redaksi Rumah.com, Esya Roza, Arsitek dan Desain Interior desaindekor, memaparkan sejumlah trik bagi Anda yang ingin mengadakan open house namun ruang di rumah terbatas.

“Pertama, lakukan re-layout pada posisi furnitur yang ada. Tempatkan sofa dan meja lebih rapat ke salah satu sudut ruang agar ruang menjadi lebih leluasa. Rapikan teras Anda, sediakan beberapa kursi lipat dan meja kecil sebagai antisipasi jika ruang tamu sudah terlalu penuh.”

“Jika kursi yang bisa disediakan terbatas, gunakan karpet lebar sebagai alternatifnya. Tambahkan aneka bantal cantik sehingga para tamu dapat duduk lebih nyaman. Namun sebaiknya tetap sediakan kursi atau sofa di salah satu sudut ruang untuk para tamu yang sudah lebih tua,” imbuhnya.

Memanfaatkan ruang lain

Pada rumah sederhana tipe 36 atau 42, jumlah ruang lazimnya meliputi ruang keluarga yang juga bisa dialokasikan sebagai ruang tamu. Sementara peletakkan ruang makan berada dekat dengan dapur, dan sisa lahan di sisi belakang rumah merupakan taman minimalis.

“Jika ukuran ruang makan cukup luas, Anda bisa memanfaatkan ruang ini sebagai area menerima kunjungan keluarga dan kerabat. Siapkan semua peralatan dan perabotan sebelum menerima kunjungan, agar tidak merepotkan saat tamu sudah mulai berdatangan,” Esya menuturkan.

(Baca juga: Yuk, Dekorasi Rumah Bernuansa Lebaran)

Sementara itu, penempatan meja hidang di ruang makan, bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada. Idealnya bila ruang makan relatif memadai, maka meja makan bisa diletakkan pada di bagian tengah ruangan.

Posisi meja makan di tengah ruang bisa menjadi centre of interest saat open house digelar. Lakukan dekorasi centrepiece di meja makan sebaik mungkin, agar tampilan ruangan menjadi hangat namun tetap sederhana dan tidak berlebihan.

“Akan tetapi bila ruang makan Anda tidak mumpuni, maka meja makan sebaiknya ditempatkan pada sudut ruang alias mendekat dengan dinding,” katanya.

Saat mengadakan open house, Anda harus bijak dalam menyortir dekorasi mana yang perlu dihadirkan dan tidak. Ini diperlukan agar suasana rumah tidak sesak dan berantakan.

“Singkirkan beberapa hiasan meja seperti vas, patung-patung dekoratif dari kayu, bola-bola kaca atau berbagai pernak-pernik yang selama ini mungkin menghiasi ruang tamu Anda. Mengingat, bisa jadi salah seorang tamu Anda adalah jagoan kecil yang sedang senang berekplorasi,” tutup Esya.

Foto utama: Pinterest

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inilah 6 Jalan Tol Baru untuk Mudik Lebaran 2016

RumahCom - Tahun ini, ada enam jalan tol tambahan yang dapat digunakan—baik secara operasional maupun hanya fungsional—untuk  mudik Lebaran. Demikian penuturan Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum da

Lanjutkan membacaJuni 8, 2016

Tips Detoks Lemari Pakaian Jelang Lebaran

RumahCom – Meskipun lebaran masih dua pekan lagi, sebagian masyarakat mungkin ada yang sudah merencanakan membeli baju baru untuk digunakan di hari raya. Membeli baju baru jelang lebaran sudah se

Lanjutkan membacaJuni 16, 2016

5 Ide Kado Parsel Lebaran Untuk Rumah

RumahCom – Hari raya Idul Fitri semakin dekat. Banyak aktivitas yang bisa kita persiapkan untuk menyambut hari yang suci tersebut. Selain menata rumah, sebagian dari Anda mungkin mulai sibuk menyia

Lanjutkan membacaJuni 23, 2016

Cara Hemat Buat Amplop Salam Tempel untuk Lebaran

RumahCom – Memberikan “salam tempel” saat lebaran adalah tradisi yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan anak kecil. Tradisi ini sedikit mirip dengan “bagi-bagi angpao” oleh orang Tionghoa, yan

Lanjutkan membacaJuni 24, 2016

Yuk, Dekorasi Rumah Bernuansa Lebaran

RumahCom – Tinggal beberapa hari lagi umat muslim di berbagai belahan dunia menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Persiapan pun dimulai dari membeli pakaian baru, menyiapkan kue kering, bersih-b

Lanjutkan membacaJuni 27, 2016

Masukan