Inspirasi 4 Model Layout Ruang Tamu

Isnaini KhoirunisaJuni 27, 2016

Living room at Bedok Residences resize

RumahCom – Mendekorasi atau menata ruang tamu menjadi suatu hal yang mudah. Meski demikian penerapannya tidak semudah yang dibayangkan.

Apalagi jika ruangan yang dimiliki tergolong sempit. Hal itu menjadi tugas yang tidak mudah bagi Anda untuk menempatkan semua furnitur yang dimiliki dalam satu ruang tamu.

Seperti dilansir Okezone.com, interior desainer dari Meredith Baer Home, Heide Ziecker memiliki empat layout ruangan simpel dan mudah untuk diterapkan di rumah Anda yang dapat menempatkan perabotan.

1. Layout Tradisional
layout1

Tata letak yang pertama adalah tata letak tradisional. Tata letak ini terletak di sekitar perapian jika rumah Anda terdapat sebuah perapian di ruang tamu. Total sofa besar pada layout ini berjumlah tiga sofa. Rinciannya, dua sofa yang saling berhadapan, di ujung layout adalah sebuah sofa besar sekitar delapan kaki yang berhadapan dengan perapian dari seberang ruangan.

(Baca juga: Desain Dapur Minimalis)

Sementara itu ada dua kecil terletak di depan perapian, menghadapi sisa perabotan. Selain sofa, furnitur lain yang dibutuhkan pada layout ini adalah meja di tengah-tengah sofa,

2. Layout Kontemporer

layout2

Layout ini menempatkan dua buah kursi kecil di depan perapian serta dua buah sofa yang saling berhadapan. Selain itu, terdapat sofa daybed di ujung layout yang berhadapan dengan dua kursi kecil sebelumnya.

Karena daybed dan bangku akan membuka ruang yang membuatnya tampak lebih besar, tata letak ini terutama berguna untuk ruang kecil.

“Layout ini membuat ruangan menjadi lebih terbuka, bersih, dan minimalis,” kata Ziecker.

3. Layout Sophisticated
layout3

Daripada mengatur ruangan di sekitar perapian, Ziecker memiliki layout terbaru yang cukup populer yakni menempatkan empat kursi di sekitar meja kopi bulat.

“Rasanya seperti jam koktail, seperti Anda bisa duduk dan baik minum atau bermain, meja kopi menjadi titik fokus dari layout ini,” kata Ziecker.

4. Layout Textured
layout4

Bosan dengan layout yang mudah dan simpel? Ziecker menyarankan Anda untuk membuat berbagai perabotan, bukan dua sofa kecil yang berhadapan satu sama lain seperti halnya tata letak tradisional.

Tata letak ini bisa menempatkan meja di tengah antara dua kursi kecil, dua sofa sedang, serta satu sofa besar, di tambah satu sofa untuk tiduran. Layout persegi ini terbilang cukup menarik.

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Inspirasi Lebaran dalam Desain Meja Ruang Tamu

RumahCom – Sebuah desain asli Tanah Air yang tertuang dalam suatu karya tidak harus berwujud ornamen ukiran. Kegiatan sehari-hari maupun kebiasaan masyarakat Indonesia dapat melahirkan sebuah ka

Lanjutkan membacaMaret 15, 2013

Tips Menyiasati Ruang Tamu Mungil

RumahCom - Ruang tamu menjadi bagian yang penting dalam rumah. Bahkan, tak jarang ruang tamu menjadi cermin karakter si pemilik rumah. Namun karena keterbatasan ruang, terkadang ruang terdepan dalam r

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2014

3 Kiat Percantik Ruang Tamu dengan Wallpaper

RumahCom - Memiliki ruang tamu yang hangat dan nyaman tentu menjadi dambaan setiap keluarga. Apalagi ruang tamu merupakan area pertama dan utama, yang tak pernah terlewatkan saat memasuki rumah. Inter

Lanjutkan membacaSeptember 10, 2015

Efisien Menata Perabot di Ruang Tamu Kecil

RumahCom - Anda memiliki ruang tamu kecil? Itu bukan hal yang buruk. Bahkan, beberapa orang mengatakan ruang tamu mungil justru lebih nyaman. Kesulitan ruang tamu kecil adalah bagaimana memasukkan

Lanjutkan membacaMei 1, 2016

Masukan