Panduan Hemat Dekorasi Apartemen Baru

Isnaini KhoirunisaJuni 29, 2016

RumahCom – Bagi Anda yang pertama kali tinggal di hunian vertikal, tentu ada banyak pengalaman baru yang ditemui. Mulai dari kesan mewah yang dirasakan ketika menginjak hunian, sampai dengan perasaan aneh ketika masuk ke dalam unit apartemen dan jarang bertegur sapa dengan siapapun.

Umumnya apartemen menawarkan akses dan fasilitas yang memanjakan dengan harga yang relatif terjangkau.

Tak jarang kaum muda dan ekspatriat asing lebih memilih tinggal di apartemen ketimbang rumah tapak. Di tengah kesenangan tinggal di tipe hunian baru, hati-hati menghabiskan uang untuk dekorasi ruang yang tidak penting, ya!

Berikut ini ada beberapa trik agar Anda bisa tetap menghemat pengeluaran Anda ketika menempati apartemen baru, dikutip dari apartementtherapy.com

  1. Bersabar

Sebagian orang terburu-buru menata barang bawaannya di rumah baru dalam kurun waktu sekitar dua minggu setelah pindahan.

Padahal, Anda punya banyak waktu sisa untuk perlahan menata ruangan agar terlihat seperti yang Anda inginkan.

Coba manfaatkan waktu luang untuk berburu meja, lampu dan karpet yang pas dengan selera Anda atau bisa melakukan riset ke beberapa toko agar mendapat harga terbaik.

  1. Mulai dari dasar

Ada beberapa perabot penting seperti kasur ataupun sofa yang harus segera dimiliki ketika pindah ke apartemen baru.

Namun barang lain seperti meja pendek dan (mungkin) lemari baru masih bisa dibeli beberapa minggu kemudian. Benda lain seperti karpet, set meja makan dan pajangan juga bukan menjadi barang mendesak untuk segera dimiliki.

  1. Investasi pada barang berkualitas

Ini adalah tips paling penting yang sering disarankan ketika membeli sebuah perabot. Jangan hanya tergiur dengan harga murah tapi tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk perabot besar seperti sofa atau kasur, pastikan Anda membeli yang berkualitas tinggi walaupun harganya sedikit lebih mahal.

  1. Kreatif merenovasi perabot lama

Semua perabot tidak harus dibeli baru. Beberapa barang lama dari hunian lama masih bisa terlihat oke dengan sedikit polesan.

Anda juga bisa berburu barang bekas di pasar loak atau garage sale untuk mendapat barang berkualitas dengan harga yang miring. Kemudian lakukan upcycle atau modifikasi kecil untuk membuat perabot itu terlihat baru.

  1. Tambahkan beberapa pajangan seni

Kesalahan yang sering dilakukan oleh mereka yang tinggal di apartemen adalah memajang pajangan bernilai seni berukuran kecil.

Padahal pajangan seni harus terlihat tegas dan mencolok untuk memberi karakter kuat pada ruangan. Jika punya bujet yang cukup, jangan ragu membeli satu pajangan seni yang cukup besar dan berkarakter untuk menghias ruangan.

  1. Jangan berlebihan

Anda mungkin tergoda mengisi apartemen dengan ragam perabot unik dan koleksi pajangan satu lemari penuh. Padahal ukuran apartemen rata-rata hanya sekitar 30 sampai 60 meter persegi.

Nah untuk membuat ruangan terlihat lebih rapi dan menghemat bujet, cukup beli perabot yang benar-benar Anda butuhkan saja.

  1. Beri tanaman

Ada alasan mengapa penata gaya fotografi kerap menambahkan bunga potong segar ketika memotret interior ruang. Bunga segar selalu menambah kecantikan, tekstur dan semangat pada setiap ruangan.

Jika tidak memungkinkan memajang bunga potong pada ruangan, Anda bisa mendapat efek yang sama dengan menambah tanaman hijau yang ditanam pada pot.

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

Reston Sitorus
Nov 06, 2018
Wah panduan yang sangat bermaanfaat, semoga kedepannya makin bagus lagi.
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Panduan Memilih Lantai Unit Apartemen

RumahCom – Apartemen kini menjadi tipe hunian yang semakin diminati pasar. Alasannya sederhana, selain lokasi yang umumnya strategis menjangkau pusat kota, banderol harganya juga relatif terjangkau

Lanjutkan membacaJuni 7, 2016

5 Rahasia Tetap Nyaman Tinggal di Apartemen

RumahCom – Kesulitan yang kerap muncul pada hunian yang kecil adalah memanfaatkan setiap ruangan dengan baik tanpa harus menimbulkan kesan sempit dan sumpek. Hal ini berlaku pula pada apartemen.

Lanjutkan membacaJuni 8, 2016

Menata Apartemen Ala Gigi Hadid

RumahCom - Meski model cantik ini gosipnya memutuskan untuk segera pindah dan tinggal bersama pacarnya, Zayn Malik, Gigi Hadid susah untuk melupakan apartemen pertamanya yang pernah ditempatinya di Ne

Lanjutkan membacaJuni 14, 2016

Contek Cara Gwyneth Paltrow Menjual Apartemennya

RumahCom – Aktris, desainer pakaian, dan penulis blog gaya hidup, Gwyneth Paltrow, baru saja memutuskan untuk menjual salah satu apartemen miliknya yang terdapat di kawasan New York. Tribeca Apartme

Lanjutkan membacaJuni 22, 2016

Masukan