8 Fitur Rumah Wajib Ada Saat Lansia

Kantri MaharaniJuni 30, 2016

RumahCom – Semakin tua, kondisi fisik manusia semakin lemah. Meski demikian, hal tersebut tak menyurutkan semangat untuk mandiri. Yang perlu diperhatikan bagi kaum lansia adalah menyesuaikan perabotan rumah.

Seperti dilansir dari majalah Home and Decor, terdapat delapan fitur di rumah yang wajib Anda ketahui untuk memudahkan kegiatan para lansia. Berikut ulasannya:

Lemari pakaian dengan pintu geser

Saat lansia, daya genggam tangan tidak sekuat saat muda. Agar memudahkan, tidak ada salahnya untuk menggunakan lemari pakaian dengan pintu geser.

Biasanya lemari ini terlihat seperti berada di dalam dinding. Selain dapat memudahkan lansia, jenis lemari ini cukup menghemat ruangan.

Rak pakaian yang dapat ditarik

Atur isi pakaian di dalam rak, agar tidak terlalu banyak. Karena, bila diisi terlalu penuh, ini akan menyulitkan lansia untuk mengambil pakaian. Kemudian, pilihlah rak pakaian yang dapat ditarik. Tentu saja, Anda harus mengatur ketinggian yang mudah dicapai.

Dudukan pada kamar mandi

Para lansia membutuhkan istirahat yang lebih banyak pada saat beraktivitas, seperti pada saat mandi atau memasak. Untuk itu, pastikan terdapat dudukan pada kamar mandi. Pasang pula hand rail atau pegangan tangan di kamar mandi.

Tidak hanya para lansia yang terasa nyaman, tetapi pengasuh lansia juga dapat mudah memandikan.

Ruangan yang terang

Duduk dan bersantai sembari membaca atau merajut adalah aktivitas yang menyenangkan saat lansia. Karena faktor usia, kemampuan pengelihatan pun juga akan semakin melemah.

Agar nyaman, buatlah pencahayaan pada ruangan sealami mungkin. Sekalipun menggunkan lampu bohlam, gunakan warna lampu putih agar tidak silau.

Kamar mandi yang lebih luas

Khusus untuk lansia yang menggunakan kursi roda, biasanya memerlukan ukuran kamar mandi yang luas. Jika rumah Anda memiliki ruang lebih, bisa juga untuk mendesain kamar mandi yang bisa leluasa untuk dilalui menggunakan kursi roda.

Saklar

Tidak ada yang menyangka bahwa saklar dapat memudahkan seorang lansia untuk beraktivitas. Ukuran saklar yang kecil menyulitkan lansia untuk melihat.

Ukuran saklar yang lebar memudahkan kaum lansia menekan tombol tanpa harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Berikan ruang kosong di bawah tempat mencuci piring

Dapur adalah salah satu spot rumah yang kerap dikunjungi kaum lansia. Kendati menggunakan kursi roda, para lansia masih berkeinginan melakukan  semua aktivitas dengan sendiri. Menjangkau tempat cuci piring (sink washtafel) bagi lansia adalah hal yang tidak mudah.

Untuk itu, desainlah tempat cuci piring atau cuci tangan, tidak terlalu tinggi dan juga berikan ruang kosong di bawahnya. Hal ini bertujuan agar para lansia lebih mudah dalam mencuci piring dan meraih keran.

Kabinet tembus pandang

Terakhir, gunakan kabinet penyimpan piring dan gelas dengan plastik atau kaca yang tembus pandang. Upaya ini akan menghemat waktu dan energi untuk mengambil peralatan makanan.

Feature picture: pixabay.com

Kantri Maharani
Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Kiat Merancang Rumah untuk Lansia

RumahCom – Usia lanjut atau disebut lansia merupakan suatu proses alami yang tidak bisa dihindari. Di usia ini, perubahan fisik dan psikis seseorang silih berganti bermunculan. Masalah persendian te

Lanjutkan membacaJanuari 7, 2016

Membuat Rumah Nyaman dan Aman bagi Lansia

RumahCom - Bagi orang tua yang sudah lanjut usia (lansia), aktivitas simpel sehari-hari bisa jadi sangat susah dan tidak nyaman. Hal ini karena keterbatasan fisik akibat usia lanjut tidak lagi memungk

Lanjutkan membacaMei 4, 2016

Masukan