Coba Hidroponik untuk Taman Rumah Minimalis

Fathia AzkiaJuli 1, 2016

RumahCom – Sadarkah Anda, bahwa berkebun merupakan salah satu aktivitas fisik dengan intensitas moderat yang setara lari diatas treadmil berkecepatan 5km/ jam?

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Westminster University, Inggris, menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengurus tanaman, di taman maupun pot, memiliki BMI (Body Mass Index) lebih rendah dibanding mereka yang tidak.

Saat berkebun selama satu jam, tubuh Anda akan membakar 280-380 kkal. Jumlah ini pun sama dengan jumlah kalori yang terbakar saat Anda joging selama 30 menit.

Pasalnya, selama berkebun Anda akan melakukan banyak kegiatan yang menguras tenaga, misalnya memangkas tanaman, memotong rumput, membersihkan pot, menyiram bunga, serta memberikan pupuk.

Tidak hanya itu, manfaat lain dari berkebun adalah mencegah diri terserang stroke. Journal of The American Heart menyebut, jika aktivitas berkebun dikombinasikan dengan jogging dan renang, maka Anda akan terhindar dari penyakit degeneratif seperti serangan jantung dan stroke.

Ini karena berkebun mampu melancarkan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh. Bahkan, The National Heart, Lung, and Blood Institute menyarankan penderita hipertensi untuk berkebun secara rutin.

hidroponik di taman rumah

Budidaya hidroponik juga bisa dilakukan di dalam ruang di rumah. Asal, Anda tahu trik dan cara merawat tanamannya agar tetap subur secara optimal.

Budidaya tanaman

Berbicara soal berkebun, area paling mudah yang bisa ditemukan adalah taman rumah sendiri, baik yang berukuran sedang maupun sempit sekali. Tergantung minat dan kondisi lahan, salah satu metode berkebun yang dapat Anda coba adalah hidroponik.

Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas.

Mencermati pengertian ini, terlihat bahwa munculnya teknik bertanam secara hidroponik diawali oleh semakin tingginya perhatian manusia akan pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman.

Alasan digemarinya budidaya tanaman menggunakan metode hidroponik didasari oleh keuntungan yang dimilikinya, seperti:

  • Tidak membutuhkan tanah
  • Air akan terus bersirkulasi di dalam sistem dan bisa digunakan untuk keperluan lain. Misal, disirkulasikan ke akuarium.
  • Mudah dalam pengendalian nutrisi sehingga pemberian nutrisi bisa lebih efisien
  • Relatif tidak menghasilkan polusi nutrisi ke lingkungan
  • Memberikan hasil yang lebih banyak
  • Mudah dalam memanen hasil
  • Steril dan bersih
  • Bebas dari tumbuhan pengganggu
  • Media tanam dapat dilakukan selama bertahun-tahun
  • Bebas dari tumbuhan pengganggu/gulma
  • Tanaman tumbuh lebih cepat
hidroponik di lahan sempit

Anda bisa mencoba model hidroponik seperti ini apabila ukuran taman di rumah sangat terbatas

Teknik hidroponik banyak dilakukan dalam skala kecil sebagai hobi di kalangan masyarakat Indonesia, tak terkecuali selebriti berwajah tampan asal Aceh, Teuku Zacky.

Di rumahnya di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan, Zacky memanfaatkan lahan kosong pembatas ruang makan dan ruang keluarga sebagai area khusus budidaya hidroponik.

Bagi Anda yang tertarik menekuni budidaya yang menyenangkan ini, pahami terlebih dahulu jenis tanaman yang mudah ditanam. Beberapa diantaranya adalah paprika, tomat, timun jepang, melon, terong jepang, dan selada.

Baca juga gaya hidup dan rumah minimalis.

Foto: Flickr

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Menyegarkan Kembali Tanaman Layu

RumahCom – Rumah yang asri akan terlihat lebih lengkap dengan hadirnya tanaman hijau. Selain diletakkan di teras atau taman belakang, beberapa jenis tanaman hijau juga ada yang digunakan untuk mengh

Lanjutkan membacaMei 11, 2016

8 Ide Menempatkan Tanaman Herbal di Rumah

RumahCom - Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan agar suhu udara di rumah selalu sejuk dan sehat. Salah satunya dengan memperbanyak tanaman. Kian sehat lagi, kalau yang Anda tanam adalah tanaman

Lanjutkan membacaMei 18, 2016

4 Cara Merawat Tanaman Organik di Rumah

RumahCom - Kegiatan menanam di rumah bagi masyarakat modern bukan lagi hanya sekedar tren, tetapi bisa bermanfaat untuk menyeimbangkan lingkungan hidup sekitar. Setidaknya banyak alasan mengapa mas

Lanjutkan membacaMei 25, 2016

5 Tanaman Pendukung Program Diet Anda di Rumah

RumahCom – Saat ini banyak sekali cara untuk melakukan diet. Selain berolahrga, keberhasilan diet juga ditentukan dengan asupan nutrisi yang rendah lemak sekaligus melancarkan sistem metabolisme d

Lanjutkan membacaMei 25, 2016

Pahami Cara Menyiram Tanaman yang Baik dan Benar

RumahCom – Memelihara tanaman di rumah adalah salah satu hobi yang cukup populer. Namun, tak semuanya paham cara menyiram air yang benar. Agar Anda tak membuang-buang air, ada baiknya Anda ikuti beb

Lanjutkan membacaJuni 8, 2016

Masukan