Contek 5 Layout Ringkas Untuk Apartemen Studio

Isnaini Khoirunisa6 Jul 2016

RumahCom – Menata perabot pada apartemen studio yang terbatas merupakan tantangan tersendiri. Apalagi jika Anda terbiasa tinggal di rumah tapak dengan luas bangunan di atas 70 meter persegi.

Padahal kalau kreatif mendekorasi, Anda bisa menata rapi unit studio yang terisi semua kebutuhan. Beberapa apartemen ada yang sudah diberi sekat antar ruang, namun jika Anda diberi kebebasan untuk mendesain sesuai kebutuhan, coba intip lima inspirasi layout berikut ini!

5c4350e60f25339b3609e15224bb17d77a69dd01

studio1

Sebuah kamar studio milik Sandra yang terletak di Toronto AS, terlihat begitu luas. Padahal lebarnya hanya 19 meter persegi.

Anda bisa menata ruangan tanpa sekat dengan dapur, ruang utama dan ranjang tidur. Untuk memberi pembatas antar area istirahat dan ruang tamu, batasi dengan sebuah laci berukuran sedang.

Untuk mengganti sofa yang ukurannya relatif besar dengan sebuah kursi duduk yang nyaman.

studio2

studio3

Contek cara Linsey mendesain unit studionya. Untuk membuat sekat antara ruang tidur dan ruang tamu, ia cukup menempatkan sebuah sofa dan ranjang tidur dengan posisi berlawanan.

Cara ini membantu menciptakan dua ruang yang berbeda. Anda juga memiliki area sisa yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat bekerja di bagian samping ranjang.

studio4

studio5
studio6

Jika Anda enggan menatap ranjang tidur setiap kali berada di dalam apartemen, maka intip trik mudah dari apartemen studio berukuran 28,9 meter persegi ini.

Di ruangan ini, Anda bisa memanfaatkan rak buku terbuka sebagai partisi antar ruang tidur dan ruang tamu.

Sebuah sofa, yang terletak disamping meja konsol juga membantu Anda memisahkan ruang tamu dengan dapur. Untuk ruang berukuran kecil, Anda bisa menambahkan kustom kitchen set dan couter tops di bagian dapur.

studio7

studio8

Untuk unit studio dengan ukuran yang sedikit lebih luas, Anda bisa memberi jarak antara letak sofa dan ranjang tidur.

Karena dengan ruangan yang sempit bukan berarti setiap perabot harus diletakkan menyandar pada dinding. Perabot yang ditata agak menjauh dari dinding dapat memberi kesan lega dan menghadirkan area sisa yang bisa dimanfaatkan.

studio9

studio10

Mungkin sangat sedikit apartemen studio dengan luas 45 meter persegi, namun apartemen milik Amelia yang terletak di New York ini terlihat sangat nyaman karena luas yang sedikit fleksibel ini.

Dengan menempatkan ranjang tidur di sudut ruangan dan meletakkan rak buku di bagian depannya, Unit studio ini menyisakan banyak sisa ruang untuk meja makan dan juga ruang tamu – hanya dalam satu ruangan.

Isnaini Khoirunisa
Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mengenal dan Mendesain Apartemen Studio

RumahCom – Tak dapat dipungkiri, kebutuhan akan tempat tinggal hingga kini terus menerus bertambah. Model-model hunian pun semakin berkembang termasuk apartemen di kota-kota besar. Dan salah satu j

Lanjutkan membaca2 Nov 2015

Coba Hidroponik untuk Taman Rumah Minimalis

RumahCom – Sadarkah Anda, bahwa berkebun merupakan salah satu aktivitas fisik dengan intensitas moderat yang setara lari diatas treadmil berkecepatan 5km/ jam? Bahkan sebuah penelitian yang dilak

Lanjutkan membaca1 Jul 2016

Masukan