Stop. Tak Perlu Sering Bersihkan Area Rumah Ini!

Boy LeonardJuli 15, 2016

tips bersihkan rumah

RumahCom – Berbenah dan membersihkan rumah memang pekerjaan yang cukup menyita waktu dan menghabiskan tenaga. Tak jarang seseorang merasa malas untuk memulainya, meskipun pada akhirnya bernafsu membuatnya mengilap.

Kabar bagus untuk Anda yang supersibuk hingga merasa tak punya tenaga untuk membersihkan rumah. Ada beberapa area rumah yang hanya membutuhkan perhatian Anda minimal satu bulan sekali, bahkan ada yang boleh dibersihkan satu tahun sekali. Ini di antaranya.

Watertorrent

Bak penampung air yang biasanya diletakkan di atap rumah ini memang tak perlu dibersihkan setiap saat. Asalkan sumber air yang diambil cukup bersih, watertoren tidak akan cepat kotor.

Anda boleh membersihkannya tiga bulan sekali, karena saat itu endapan air tanah akan menempel pada dasar dan dinding toren. Jika tak dibersihkan, air yang Anda pakai untuk mandi dan mencuci menjadi keruh dan kotor.

Talang air

Bila lokasi rumah Anda jarang diterpa hujan angin dan di dekat atap rumah tidak ada pohon yang sangat rindang, talang air jarang sekali kotor.

Minimal Anda mengecek keadaannya setiap bulan untuk memastikan tak ada sumbatan atau kotoran yang menempel di talang. Jika memang talang lebih sering bersihnya, Anda cukup membersihkannya setiap 2-3 bulan sekali. Pastikan pula talang tak berlumut atau ditumbuhi tanaman liar.

Furnitur outdoor di teras belakang

Bila Anda menggunakan kursi kayu outdoor untuk furnitur di teras belakang, Anda tak perlu selalu membersihkannya setiap hari.

Masukkan saja jok atau bantal kursinya saat sedang tak dipakai, dan bersihkan kursi serta meja kayu tersebut 1-2 bulan sekali. Caranya pun mudah, ambil lap yang suda direndam air hangat lalu basuh noda yang menempel di kursi kayu tersebut. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan kursi Anda.

Tirai jendela

Anda baru mencuci tirai jendela saat menjelang hari raya atau tahun baru? Tak masalah! Terutama jika Anda membersihkan lantai rumah setiap hari sehingga kotoran yang ada tak menempel di tirai jendela Anda.

Saat hendak mencuci tirai, jangan lupa untuk mencuci juga tirai tipis berwarna putih yang melapisi tirai utama, dan bersihkan palang penahan tirai di bagian atas jendela dengan lap bersih. Bila palang tirai terbuat dari kuningan, bersihkan dengan detergen agar lebih mengilap.

Pengering di mesin cuci

Cek kondisi mesin pengering pada mesin cuci Anda setiap 2-3 bulan, pastikan tak ada kotoran dari pakaian atau serat kain yang menumpuk di dalamnya.

Bersihkan pula penyaring air di mesin cuci Anda, dan setiap 2 bulan, putar mesin cuci dengan hanya air di dalamnya (tanpa pakaian) untuk membersihkan sisa sabun yang menempel di dinding mesin.

Kanopi

Bersihkan kanopi carport dengan cara menyiramnya dengan selang air lalu keringkan dengan karet pembersih lantai bergagang panjang.

Hal ini juga untuk mencegah kanopi berjamur yang akan membuatnya menjadi kusam dan kotor. Membersihkan kanopi boleh dilakukan maksimal 6 bulan sekali.

Kaca jendela dan teralis

Untuk kaca jendela bagian dalam rumah dan teralisnya, Anda harus membersihkannya setiap bulan agar tak tertumpuk debu. Namun, kaca jendela bagian luar boleh Anda bersihkan 3-4 bulan sekali.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

18 Barang Ini Sebaiknya Disingkirkan Dari Rumah

RumahCom - Setiap orang pasti ingin rumahnya selalu terlihat bersih. Namun kendala yang kerap muncul saat membersihkan rumah adalah sulitnya menentukan barang-barang yang harus dibuang dan yang harus

Lanjutkan membacaMaret 18, 2016

Kurangi Debu di Rumah dengan Cara Berikut Ini

RumahCom - Tanpa disadari, debu yang berlebihan di rumah dapat membuat anggota keluarga menjadi rentan terhadap penyakit. Meskipun sudah dibersihkan berulang-ulang, namun rasanya debu selalu kembali d

Lanjutkan membacaApril 6, 2016

Motif Bulu Binatang Bikin Ruangan Terlihat Mewah

RumahCom - Motif bulu hewan memang tak pernah lekang dimakan usia. Tak hanya dalam industri fashion, motif hewan juga membuat dekorasi rumah semakin elegan dan nyaman. Selain bisa Anda gunakan untu

Lanjutkan membacaJuli 9, 2016

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Fogging di Rumah

RumahCom - Musim pancaroba seperti saat ini merupakan musim rawan penyakit. Salah satu yang kerap muncul adalah demam berdarah. Biasanya begitu ada warga yang terserang penyakit, kompleks rumah Anda p

Lanjutkan membacaJuli 8, 2016

Masukan