Ini 7 Tempat yang Sering Terlewat Saat Bersihkan Rumah

Boy LeonardJuli 18, 2016

Tips membersihkan rumah

RumahCom – Yakin sudah merawat dan membersihkan seluruh perabotan yang ada di rumah Anda? Beberapa perabotan berikut biasanya luput dari perhatian Anda. Tak heran jika perabotan ini sering menjadi area favorit laba-laba untuk mendirikan sarangnya.

Kolong ranjang

Jika kamar tidur Anda cukup lapang dan bisa meletakkan ranjang di ruangan, sih, Anda mungkin masih rajin membersihkan bagian bawahnya. Tapi, jika kamar Anda sempit, atau misalnya kamar tidur anak digunakan untuk dua orang, maka ranjang akan ditempelkan ke dinding.

Akibatnya Anda susah untuk menggapai ujung kolong ranjang, apalagi jika ranjangnya cukup berat untuk digeser. Alhasil, bagian kolong di ujung ranjang menjadi area yang paling banyak debunya.

Lemari kitchen set paling atas

Lemari kitchen set selalu ada di bagian atas dinding dapur. Masalahnya lemari kitchen set ini susah digapai, sehingga Anda harus menggunakan kursi atau tangga untuk meraih piring atau gelas yang disimpan di dalamnya.

Anda memang langsung mencuci piring dan gelas yang Anda ambil dari lemari, tapi apaka Anda juga membersihkan isi lemarinya? Seberapa sering Anda mengelap dinding lemari bagian dalam dan mengelap sudutnya?

Padahal lemari yang tak pernah disentuh berisiko menimbulkan jamur. Jangan lupakan juga untuk membersihkan atap kitchen set.

Wadah toiletries

Saking banyaknya produk perawatan tubuh, Anda hanya mendaur ulang isi wadah toiletries tanpa membersihkan wadahnya.

Padahal, coba Anda cek tempat sabun atau wadah sikat gigi Anda, mungkin bagian bawahnya sudah berkerak atau ternoda bekas sisa sabun. Bersihkan lemari tempat menyimpan peralatan mandi dan wadah sabun setiap kali Anda membersihkan kamar mandi.

Area sekitar bak cuci piring

Anda boleh saja berkilah kalau bak cuci piring selalu Anda bersihkan dan bilas dengan air setiap kali Anda selesai mencuci.

Tapi, bagaimana dengan wadah sabun cuci piring dan rak piring tempat Anda meletakkan piring yang masih basah? Membiarkan kotak sabun cuci piring dalam keadaan lembap dan sponsnya Anda biarkan tergenang akan menimbulkan bakteri penyebab nyeri perut berkembang biak dalam wadah tersebut.

Keringkan wadah setelah Anda selesai mencuci dan ganti spons setiap tiga minggu. Bersihkan pula rak piring setelah Anda meletakkan piring yang sudah kering ke dalam lemari.

Kabel

Kabel yang dibiarkan menjuntai atau berserakan tak rapi di atas lantai merupakan area berkumpulnya debu. Gulung kabel jika memang sudah terlalu panjang dan bersihkan kabel setiap bulan agar tak menjadi sarang nyamuk, kecoa, dan laba-laba.

Shower toilet

Shower mungil yang digunakan untuk membilas area kemih usai buang air kecil sering tersumbat karena lubang atau pori-pori yang dimilikinya tak sebesar shower untuk mandi. Bersihkan shower toilet ini setiap minggu dan pastikan tak ada lubang yang tersumbat.

Lampu

Coba cek keadaan lampu di dalam ruangan maupun lampu taman Anda. Mayoritas pasti penampangnya berdebu, bahkan lampunya sendiri pun ikut berdebu.

Tempat dan lampu yang terlalu kotor akan membuat sinar lampu menjadi redup, bahkan debu bisa menutup jalannya listrik yang masuk ke dalam sehingga penerangan menjadi tak maksimal.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

8 Kesalahan Umum Ketika Menata Ruangan

RumahCom – Semua orang tentu pernah melakukan kesalahan, salah satunya mungkin ketika menata ruangan. Hal ini umum terjadi, bahkan kepada mereka yang sudah ahli di bidangnya. Bagi orang yang tida

Lanjutkan membacaApril 14, 2016

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Fogging di Rumah

RumahCom - Musim pancaroba seperti saat ini merupakan musim rawan penyakit. Salah satu yang kerap muncul adalah demam berdarah. Biasanya begitu ada warga yang terserang penyakit, kompleks rumah Anda p

Lanjutkan membacaJuli 8, 2016

Stop. Tak Perlu Sering Bersihkan Area Rumah Ini!

RumahCom - Berbenah dan membersihkan rumah memang pekerjaan yang cukup menyita waktu dan menghabiskan tenaga. Tak jarang seseorang merasa malas untuk memulainya, meskipun pada akhirnya bernafsu membua

Lanjutkan membacaJuli 15, 2016

Masukan