beda karakter, beda lantai

RumahCom – Kebiasaan sehari-hari dapat membantu Anda dalam menentukan jenis lantai yang terbaik untuk digunakan di rumah.

Lantai di rumah merupakan bagian yang paling sering digunakan dengan berat di rumah, mulai dari kotornya lantai  akibat sepatu yang kotor dipenuhi lumpur dan kaki-kaki kursi atau meja yang menggesek bagian lantai di ruang makan setiap harinya.

Jika sebelumnya Rumah.com sudah memberikan tips memilih lantai disesuaikan dengan karakter ruangannya, kali ini Rumah.com akan memberikan tips mendekorasi lantai yang disesuaikan dengan karakter penghuninya.

Jika keluarga Anda sering beraktivitas di luar rumah

Lindungi bagian depan rumah (dan seluruh ruangan di dalam) dengan menggunakan lantai yang mudah dibersihkan sekaligus dapat menangkap kotoran.

Desainer interior Julia Buckingham menyarankan bahan lantai dari porselen dan keramik, karena membutuhkan perawatan minim hanya perlu disapu atau menggunakan penghisap debu. Gunakan karpet berwarna gelap untuk membantu menyembunyikan dan menangkap kotorannya.

Namun, yang perlu diperhatikan bahwa lantai jenis ini mudah retak bila jika Anda menjatuhkan sesuatu di atasnya, dan bila ada menggunakan lantai berwarna putih jika ada noda dan tidak segera dibersihkan maka akan membuat warna lantai berubah.

Jika Anda memiliki anak-anak yang aktif

Pilih alas yang cukup lembut untuk digunakan anak-anak untuk duduk, berbaring dan bermain. Tambahkan karpet berbahan lembut seperti wol atau anyaman kain.

Pilih bahan yang mudah dibersihkan seperti polypropylene atau nilon. Anda bisa juga menggunakan alas yang dapat dibongkar pasang dengan mudah sebagai area tempat anak bermain.

Jika Anda senang berlama-lama di kamar

Banyak orang yang senang menggunakan lantai berbahan kayu di bagian kamar. Namun sebenarnya lantai jenis ini kurang nyaman digunakan terutama ketika bangun di pagi hari karena lantai jenis ini akan terasa sangat dingin.

Tambahkan karpet yang super lembut. Untuk menambahkan aksen mewah di dalam kamar tidur gunakan alas berbahan sutra atau wol di atas lantai kayu.

Jika Anda menggunakan kamar tamu sebagai kantor di rumah

Gunakan lantai berbahan kayu karena cukup memudahkan kursi dengan roda yang biasa digunakan untuk bekerja bergerak kesana kemari.

Tambahkan karpet atau alas lantai dengan corak dan warna-warna yang menarik untuk mempercantik ruangan. Perhatikan bahan karpet agar tidak menyangkut ketika kursi digunakan.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan

Lantai berbahan bambu cocok digunakan untuk hewan peliharaan. Tambahkan karpet khusus sebagai tempat untuk hewan kesayangan beristirahat, pilih bahan karpet yang mudah dibersihkan jika ada noda atau bulu hewan yang tertinggal.

Perhatikan juga warna karpet karena dikhawatirkan bila binatang Anda buang air akan meninggalkan noda yang susah dihapus.

Sumber: Goodhousekeeping

Mita Agustina

KIRIM KOMENTAR