Pusing Lihat Kabel Berserakan? Ini Solusinya

Boy LeonardJuli 30, 2016

tips bereskan kabel berserakan

RumahCom – Walaupun rumah Anda terlihat sangat bersih, sekumpulan kabel yang kusut dengan mudah dapat membuat ruangan di rumah Anda terlihat berantakan dan tidak teratur.

Kabel yang berserakan memang membuat rumah tampak semrawut. Selain itu, kabel-kabel tersebut juga mengundang debu dan sarang laba-laba.

Buat rumah Anda terhindar dari ketidak teraturan dengan tips-tips berikut yang dirangkum oleh apartmenttherapy.com.

Berikan Tanda

Tips atur kabel

Beri label

Tantangan terbesar dalam menyembunyikan kabel-kabel tersebut adalah bagaimana membuatnya terurai. Yang pertama dilakukan adalah cabut kabel tersebut dari colokan dan cari ujungnya.

Jika sudah ditemukan, tandai dengan menggunakan klip atau tuliskan nama menggunakan kertas selotip, rekatkan mengelilingi kabel tersebut.

Cara seperti ini bisa sedikit merepotkan namun dapat menghindarkan Anda dari mencabut kabel tertentu yang seharusnya tidak dimatikan secara tiba-tiba.

Gunakan Klip

tips atur kabel

Gunakan penjepit kertas.

Cara selanjutnya untuk menyembunyikan uraian kabel di rumah adalah dengan membuatnya menjadi teratur dan tersimpan dengan baik.

Gunakan klip untuk merapikan susunan kabel atau tali kawat untuk membantu mengontrol agar kabel tidak mudah kusut. Selain klip atau tali kawat, Anda juga bisa menggunakan perekat berbahan velcro.

Bungkus kabel

Jika tidak memungkinkan untuk menyembunyikan beberapa bagian dari salah satu kabel di dinding rumah, beli salah satu pembungkus kabel berbentuk spiral yang biasanya dijual di toko listrik.

Pilih warna pembungkus yang sesuai dengan warna dinding sehingga tidak akan terlihat mencolok.

Bawa ke atas

Jangan biarkan kumpulan kabel-kabel berserakan di bagian bawah lantai. Kumpulan kabel dapat mengundang endapan debu, belum  lagi tidak sedap dipandang.

Jika memungkinkan, singkirkan kabel-kabel tersebut dari lantai dan pindahkan ke atas. Beberapa merk menjual peralatan pelindung kabel listrik yang biasanya di letakkan di dinding.

Bisa juga gunakan sumber listrik yang berdekatan dengan peralatan elektronik sehingga tidak ada kabel yang terurai.

Gunakan Selotip

tips atur kabel

Manfaatkan selotip.

Selotip transparan sangat bermanfaat karena bisa menahan suatu barang di satu tempat. Anda bisa menggunakan selotip jenis ini untuk menempelkan kaber di salah satu kaki meja atau sejenisnya.

Pindahkan kabel-kabel ke bagian belakang meja, atau area lain dimana tidak terlihat jelas dari luar, dekatkan alur kabel mengikuti arah kaki meja.

Namun jika ingin mempercantik penampilan Anda juga bisa menggunakan selotip berwarna yang menempel di bagian bawah kaki meja.

Perhatikan selama beberapa waktu apakah selotip tersebut tidak merekat sekuat di awal pemasangan sehingga harus menggantinya dengan selotip yang baru.

Gantungkan

Buat tempat gantungan di bagian belakang salah satu perabotan tempat Anda menaruh barang elektronik dan tata kabel-kabel yang menjuntai di tempat yang sudah disediakan tersebut.

Gunakan barang elektronik wireless

tips atur kabel

Gunakan perangkat wireless.

Di era digital seperti ini, mulai banyak barang elektronik yang memilih untuk tidak memiliki kabel seperti laptop. Gunakan barang-barang seperti ini untuk memudahkan penyimpanan dan membersihkan tampilan rumah.

Mita Agustina

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Stop. Tak Perlu Sering Bersihkan Area Rumah Ini!

RumahCom - Berbenah dan membersihkan rumah memang pekerjaan yang cukup menyita waktu dan menghabiskan tenaga. Tak jarang seseorang merasa malas untuk memulainya, meskipun pada akhirnya bernafsu membua

Lanjutkan membacaJuli 15, 2016

Ini 7 Tempat yang Sering Terlewat Saat Bersihkan Rumah

RumahCom - Yakin sudah merawat dan membersihkan seluruh perabotan yang ada di rumah Anda? Beberapa perabotan berikut biasanya luput dari perhatian Anda. Tak heran jika perabotan ini sering menjadi are

Lanjutkan membacaJuli 18, 2016

Percantik Rumah dengan Rak Penyimpan Majalah

Rak portabel penyimpan majalah yang biasanya berbahan baja, alumunium, kayu atau bahkan dari bahan kardus, ternyata punya banyak manfaat. Rak portabel tersebut tidak hanya dapat digunakan untuk men

Lanjutkan membacaJuli 25, 2016

Masukan