Pengajuan KPR Subsidi Kini Hanya Butuh 3 Hari!

Fathia AzkiaAgustus 5, 2016

RumahCom – Pemerintah melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merilis aplikasi elektronik Fasilitas Likuiditas Pembiayaan perumahan (e-FLPP).

Aplikasi berbasis online ini ditujukan untuk mempermudah proses permohonan dana KPR FLPP dari bank pelaksana, yang semula maksimal tujuh hari pelayanan kini menjadi hanya tiga hari.

Alur prosedurnya, Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) mengajukan permohonan dan memberikan semua syarat FLPP ke perbankan. Setelah menerima pengajuan tersebut, perbankan akan memproses data-data konsumen melalui sistem e-FLPP.

Kemudian PPDPP selaku pengelola dana FLPP memverifikasi data-data yang diunggah oleh perbankan. Apabila sudah dinyatakan lengkap, maka permohonan perbankan untuk pembiayaan perumahan akan segera disetujui dan dicairkan.

“Dengan sistem e-FLPP, data yang terverifikasi adalah data yang akurat. Karena jika berbeda sudah tentu akan ditolak oleh sistem tersebut,” ungkap Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, seperti dikutip laman pu.go.id.

Aplikasi online ini juga akan mempermudah masyarakat dalam mengakses dan mengetahui semua persyaratan mendapatkan FLPP.

Basuki pun berharap peluncuran e-FLPP mampu mempercepat pelayanan sekaligus memicu pertumbuhan bisnis properti semakin bergairah.

“Selain dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan maksimal, e-FLPP juga berfungsi mencegah penyimpangan target dari konsumen rumah subsidi yang hanya diperbolehkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” ia menambahkan.

Di samping itu, Direktur Utama PPDPP, Budi Hartono, menyatakan keoptimisannya terkait dengan kecepatan waktu pelayanan melalui e-FLPP.

“Bahkan jika memungkinkan, tidak perlu sampai tiga hari melainkan cukup satu hari saja. Namun saat ini pihak kami akan mengevaluasi dulu yang 3 hari,” ujarnya.

FLPP merupakan program pemerintah yang bertujuan meringankan MBR dalam memiliki rumah layak huni.

MBR yang berpenghasilan maksimal Rp4 juta untuk rumah tapak dan Rp7 juta untuk rumah susun dapat mengajukan KPR FLPP melalui 10 Bank Nasional dan 15 Bank Pembangunan Daerah (BPD), yang telah menjadi Bank Pelaksana KPR FLPP.

Fitur FLPP antara lain diberi keleluasaan dalam mengangsur rumah selama maksimal 20 tahun, suku bunga tetap sepanjang masa kredit yakni sebesar 5 persen, dan uang muka mulai 1 persen.

Disamping itu, penerima FLPPP juga diberikan asuransi jiwa, asuransi kebakaran dan asuransi kredit. Terakhir, harga jual bebas PPn sesuai dengan PMK 113 Tahun 2014 dan PMK 269 tahun 2015.

Foto utama: Triraksa Village 2 

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Subsidi di Bogor dan Bekasi Cicilan Rp800 Ribu

RumahCom – Rumah subsidi di Bogor dan Bekasi cicilan Rp800 ribuan cocok buat Anda yang merasa bosan tinggal di rumah kontrakan. Ya, Anda kini bisa merasakan nyamannya menghuni rumah baru dengan mema

Lanjutkan membacaMei 4, 2016

Lima Rumah Subsidi Rp100 Jutaan di Jawa Tengah

RumahCom – Pemerintahan era Joko Widodo – Jusuf Kalla hingga kini masih menggalakan Program Sejuta Rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yang berpendapatan Rp2,5 juta hingga Rp4 juta

Lanjutkan membacaMei 16, 2016

Memahami Hak, Kewajiban, dan Larangan dalam KPR Subsidi

RumahCom – Pasokan rumah subsidi yang tersebar di sejumlah provinsi di Indonesia hingga kini masih terus bertambah. Daftarnya pun cukup mudah ditemukan, bisa ditelusuri melalui situs online properti

Lanjutkan membacaJuni 3, 2016

Antusiasme Konsumen terhadap Rumah Murah di Tahun 2016

RumahCom – Apakah Anda saat ini sedang mencari rumah harga murah? Namun, masih bimbang, takut karena kondisi properti sedang lesu? Menurut pakar properti, siklus properti yang sedang lesu ini pe

Lanjutkan membacaJuli 13, 2016

Ketua REI Jateng: SSB Diharap Sukseskan Sejuta Rumah

RumahCom – Juni lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melakukan Sosialisasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 21/PRT/M/2016 tentang Kemudahan d

Lanjutkan membacaJuli 29, 2016

Masukan