Saatnya Hemat Energi Demi Menyelamatkan Bumi

Wahyu Ardiyanto12 Agu 2016

Hemat energi demi selamatkan bumi

RumahCom – Perubahan iklim yang tidak menentu, lapisan ozon yang kian menipis, hingga mencairnya es di kutub utara adalah dampak dari pemanasan global.

Efek dari pemanasan global ini sendiri sebetulnya juga kerap Anda rasakan lewat tingginya suhu udara yang bikin Anda merasa gerah. Kalau sudah begini, Anda pasti langsung menyalakan AC. Padahal, AC sendiri punya peran yang tidak kecil terhadap pemanasan global.

Tentunya bukan hanya AC saja sebagai satu-satunya penyebab. Pemakaian listrik di rumah, limbah rumah tangga, juga menyumbang dampak yang tidak sedikit terhadap kerusakan lingkungan.

Untuk itu mari sama-sama kita terapkan pola hidup yang ramah lingkungan. Dan Anda bisa awali dari rumah Anda sendiri. Baca juga Tips Supaya Perangkat Elektronik di Rumah Tahan Lama.

Caranya, seperti yang dijelaskan Ariseno Ridhwan, salah seorang anggota The Climate Project Indonesia – sebuah komunitas pecinta lingkungan, berikut ini.

Matikan saat tidak digunakan

Gunakan listrik seperlunya, sewajarnya. Bicara memang gampang, tapi kebanyakan dari kita malah kerap mengabaikannya dan cenderung boros dalam penggunaannya.

Untuk mudahnya, awali dari yang ringan. Matikan lampu saat tidak digunakan. Misalnya lampu ruang tamu, ruang makan, dan dapur pada saat malam hari. Ganti juga lampu kamar dengan lampu yang lebih redup saat mau tidur.

Tinggalkan kebiasaan standbye

Pastikan bahwa Anda selalu mencabut sambungan listrik perangkat elektronik di rumah seperti televisi, mesin cuci, microwave, jika tidak digunakan. Bahkan mungkin juga lemari es saat Anda hendak pergi liburan.

Hindari pula kebiasaan mengisi daya ponsel yang dibiarkan semalaman. “Bukan cuma menghemat energi, hal ini juga meminimalisir terjadinya bahaya kebakaran,” ujar Ariseno.

Gunakan AC seperlunya

Tahukah Anda bahwa AC (600 watt) yang menyala selama 1 jam setiap hari, selama setahun akan menghasilkan emisi sebesar 160 kg CO2/tahun?

Untuk itu Anda bisa memanfaatkan menu timer atau mode otomatis untuk mengurangi penggunaannya. Dan jika memang memungkinkan, matikan saja. Buka jendela Anda lebar-lebar agar mendapatkan udara segar.

Dengan mengurangi penggunaan AC Anda bukan hanya menghemat uang tapi juga memperpanjang umur AC Anda. Pilih AC yang hemat energi, kapasitasnya disesuaikan dengan ruangan, dan menggunakan freon ramah lingkungan,

Biasakan menghemat air

Saat ini, akibat penggunaan air yang boros dan menurunnya area hijau, stok air bersih pun makin sedikit dan sulit didapatkan.

Bahkan akibat penggunaan air tanah yang berlebihan dan pembangunan yang tidak berkonsep ramah lingkungan, permukaan tanah di Jakarta pun menurun setiap tahunnya.

Situs pecinta lingkungan hidup, greenlifestyle.or.id menyarankan untuk memasukkan botol air kemasan yang diisi air dalam tanki WC. Ini merupakan salah satu cara yang paling efektif, mudah, dan murah untuk menggurangi pengunaan air saat flushing.

Asal tahu saja, dalam sehari Anda membuang air sebanyak 2.5 botol galon air bersih per orang hanya untuk membilas toilet. Dengan menggunakan botol air maka Anda bisa menghemat antara 15-20 liter per hari.

Hindari penggunaan plastik

Pilih makan di tempat atau bawa wadah sendiri saat Anda jajan makanan. Persiapkan juga tas dari rumah apabila Anda hendak berbelanja.

“Setidaknya Anda sedikit mengurangi sampah plastik atau styrofoam yang limbahnya sulit diurai dalam jangka waktu yang singkat,” jelas Ariseno.

Foto: Pixabay

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah

Alfred Nujan
Aug 29, 2021
Setuju sekali, bumi adalah rumah kita bersama dan tiap orang wajib menjaga keselamatannya,
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

10 Kota Ini Bakal Tenggelam Akibat Global Warming

RumahCom - Pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change) telah menjadi perhatian dunia dalam beberapa tahun terakhir. Tanda-tandanya pun mulai terasa: suhu udara meningkat, ik

Lanjutkan membaca3 Feb 2015

Ciptakan Bangunan yang Ramah Lingkungan

RumahCom - Isu pemanasan global kerap mendapatkan perhatian khusus. Gerakan untuk menghemat energi selalu gencar dilakukan, mulai dari hal-hal kecil sampai saat membuat konsep untuk membangun rumah.

Lanjutkan membaca18 Feb 2016

Inspirasi dari Tradisi untuk Rumah Ramah Lingkungan

RumahCom - Indonesia yang beriklim tropis memiliki banyak kelebihan. Matahari yang bersinar hampir sepanjang tahun menjadikannya sebagai sumber daya alam yang terbarukan. Beberapa orang mungkin ber

Lanjutkan membaca29 Feb 2016

Inilah 10 Bangunan Ramah Lingkungan di Dunia

RumahCom - Arsitektur sebuah bangunan tidak hanya mengedepankan estetika, tetapi juga efisiensi dan fungsi. Saat ini, tren desain arsitektur banyak difokuskan pada efisiensi energi dan tingkat ramah

Lanjutkan membaca22 Mar 2016

Menciptakan Kamar Ramah Lingkungan Bagi Anak

RumahCom – Green living alias hidup yang ramah lingkungan harus dimulai sejak dini. Ajaklah anak Anda ikut serta dengan membuat kamar yang ramah lingkungan dan hemat energi. Ingat, anak menduplik

Lanjutkan membaca13 Apr 2016

Masukan