REI Dukung Langkah BTN Beri Kemudahan KPR Bagi Karyawan BUMN

Wahyu ArdiyantoAgustus 16, 2016

KPR untuk karyawan BUMN

RumahCom – PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN). membidik para karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam rangka memenuhi target Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah.

Jadi BTN akan memberikan kemudahan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi para karyawan BUMN yang belum memiliki rumah.

“Kita ingin membuat semua karyawan BUMN memiliki rumah. BTN berupaya memberikan fasilitas KPR tersebut,” ujar Direktur BTN Handayani saat Indonesia Property Expo 2016, Sabtu (13/8/2016), seperti yang dilansir dari Kompas.com.

Ada 7 BUMN yang sudah melakukan penandatangan program perumahan karyawan tersebut. Di antaranya PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Perum Perumahan Nasional (Perumnas), PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Dan khusus untuk Jasa Marga, menurut Handayani, potensi KPR yang bisa dibidik adalah sekitar 2 ribu debitur atau karyawan.

Menyikapi hal ini, Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jateng, MR Priyanto, mengaku sangat mendukung langkah yang dilakukan BTN tersebut.

“Selain memberi fasilitas KPR untuk masyarakat menengah atas, BTN juga punya program bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dan langkah BTN yang menggandeng BUMN, merupakan salah satu fokus yang cukup bagus,” ujar Priyanto.

Dan menurut Priyanto, kerjasama yang dilakukan antara BTN dan beberapa BUMN guna mendukung Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah, tidak menutup kemungkinan akan makin terus dikembangkan ke depannya.

“Banyak BUMN yang punya lahan. Dan itu bisa saja dikembangkan sebagai perumahan bagi karyawannya. Dan BTN bisa saja memasilitasi hal tersebut sehingga kebutuhan rumah bagi karyawan BUMN jadi bisa terbantu,” urai Priyanto.

REI sendiri selama ini sudah sering bekerjasama dengan sejumlah BUMN guna menyediakan perumahan bagi para karyawannya. “Bukan hanya dengan BUMN, REI juga kerap bekerjasama dengan pemerintah daerah. Dan pastinya REI senang dan selalu mendukung program seperti ini,” tambah Priyanto.

Namun Priyanto mengaku menemukan sedikit hambatan dalam mendukung Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah terkait Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor: 21/PRT/M/2016 tentang Kemudahan dan/atau Bantuan Perolehan Rumah Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Menurutnya Program SSB (Subsidi Selisih Bunga) yang meneruskan program FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) yang mulai diberlakukan per 1 Agustus 2016 sedikit berdampak bagi segelintir anggotanya yang mengembangkan perumahan MBR.

“Baik program FLPP maupun SSB sebenarnya hampir tidak ada perbedaan di sisi konsumen. Misal suku bunga KPR 5 persen, uang muka 1 persen, dan jangka waktu cicilan 20 tahun. Bedanya hanya terletak di pihak penyalur kredit saja,” paparnya.

“Namun ini menyebabkan keterlambatan dalam hal penjualan maupun pembangunan di beberapa bulan belakangan saja karena pengembang masih menunggu jatuh tempo penerapan program SSB,” tambahnya.

Foto:Pixabay

Wahyu Ardiyanto
Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

REI Sindir Kinerja Pengembang BUMN

RumahCom - Ketua Umum asosiasi Real Estate Indonesia (REI), Setyo Maharso mengaku miris melihat sepak terjang 'BUMN karya' dan anak-anak usahanya yang saat ini enggan membangun perumahan untuk rakyat.

Lanjutkan membacaJuli 23, 2013

BUMN Kembangkan Lahan Tidur, Kemenpera Janjikan Kemudahan

RumahCom - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) bersama PT PLN (Persero) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk membangun rumah susun umum milik (Rusunami) di kawa

Lanjutkan membacaNovember 8, 2012

2016, Bank BTN Siap Biayai 1,5 Juta Unit Rumah

RumahCom – Hingga 30 September 2015, aset PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) tercatat mencapai Rp166,04 triliun atau meningkat sebesar 17% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp142,43 t

Lanjutkan membacaJanuari 11, 2016

Rilis Pola 1:3:1, Bank BTN Percepat Proses KPR

RumahCom - PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk memproyeksikan permintaan kredit perumahan tahun ini, khususnya yang menyasar masyarakat menengah ke bawah masih cukup tinggi. Hal ini dapat dilihat d

Lanjutkan membacaMei 25, 2016

Masukan