Tips Desain Interior Rumah Tropis

Kantri Maharani25 Agu 2016

RumahCom – Selain desain rumah minimalis, rumah bergaya tropis tentunya memang cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah di Indonesia. Ya, konsep ini membantu pencahayaan dan sirkulasi udara secara alami bagi rumah-rumah di negara tropis seperti Indonesia .

Rumah tropis memiliki karakteristik berupa selasar atau teras yang cukup lebar, beratap miring atau kerucut, dan setiap ruangan didesain memiliki bukaan berupa jendela yang bisa dilalui udara dan pancaran cahaya matahari yang baik.

Karena rumah tropis ini memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik, rumah bergaya ini juga kerap disebut sebagai rumah relaksasi. Artinya, bisa mendukung kesehatan bagi penghuni, dan Anda bisa sangat betah berada di dalam rumah setiap saat.

Untuk membuat rumah bergaya tropis, bisa dimulai dengan mendekorasi bagian dalam (interior). Berikut ini tips membuat desain interior rumah bergaya tropis seperti dilansir dari enlightenme.com:

Tips 1. Salah satu inspirasi dari rumah tropis adalah suasana hutan sabana tropis, dengan pencahayaan yang teduh.

Sehingga, pilihlah warna cat dinding dengan warna-warna alam seperti putih, krem, biru muda, biru lembut, maupun hijau muda. Kesemua warna tersebut memberikan efek teduh dan perasaan yang lapang.

Tips 2. Gunakan material bambu atau kayu pada bagian jendela di ruangan rumah Anda. Sekilas ini akan seperti rumah-rumah tradisional, namun memang rumah tradisional Indonesia sejak dulu sudah mencirikan rumah khas tropis yang aman. Biar lebih cantik, Anda juga bisa menggunakan tirai.

Tips 3. Tips berikutnya adalah jangan lupa untuk memilih material dan corak pada furnitur lainnya. Misalnya, Anda bisa memilih kursi yang terbuatdari rotan atau kayu.

Begitu juga dengan hiasan rumah lainnya, seperti lampu-lampu kayu dan gambar-gambar pemandangan yang bisa memberikan inspirasi alam.

Tips 4. Rumah tropis sangat identik, dengan unsur hijau dari tanaman. Jadi, pilihlah jenis tanaman untuk ditempatkan pada bagain dalam rumah. Misalnya tanaman palm yang bisa diletakan pada bagian ruang tamu. Tidak lupa sediakan bantal-bantal kecil pada kursi kayu Anda.

Tips 5. Gunakan kipas angin pada ceiling rumah. Penggunaan kipas angin ini sebenarnya tambahan bila diperlukan. Namun, biasanya rumah-rumah tropis sangat jarang ditemukan yang menggunakan pendingin ruangan.

Tips 6. Furnitur akuarium sedang di dalam rumah juga bisa memberikan nuansa tropis yang kuat.

Gemericik air dan gerakan ikan pada akuarium bisa memberikan kesan alam dan pengaruhnya sangat baik untuk relaksasi penghuni. Namun, Anda harus rajin merawat dan membersihkannya agar tetap bersih dan indah.

Pemilihan warna palest peach (warna peach) pada dinding (sumber: pinterest.com)

Pemilihan warna palest peach (warna peach) pada dinding (sumber: pinterest.com)

Contoh pemilihan warna hijau muda pada kamar (sumber: houzz.com)

Contoh pemilihan warna hijau muda pada kamar (sumber: houzz.com)

Jendela kayu juga menjadi ciri khas untuk rumah tropis. Tidak lupa dengan tanaman hijau seperti kaktus bisa membuat manis ruangan (contoh: superiorshades.com)

Jendela kayu juga menjadi ciri khas untuk rumah tropis. Tidak lupa dengan tanaman hijau seperti kaktus bisa membuat manis ruangan (contoh: superiorshades.com)

Tidak hanya jendela, tetapi juga bisa diaplikasikan pada pintu masuk (sumber:  graberblinds.com)

Tidak hanya jendela, tetapi juga bisa diaplikasikan pada pintu masuk (sumber: graberblinds.com)

Pemilihan lantai dengan kayu atau parket juga mencirikan rumah tropis (minimalisti.com)

Pemilihan lantai dengan kayu atau parket juga mencirikan rumah tropis (minimalisti.com)

Feature picture: pinterest.com

Kantri Maharani
Penulis adalah Content Writer: Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan Penulis, Anda bisa mengirim email ke:kantrimaharani@rumah.com atau twitter @jeungkant

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Berburu Rumah Subsidi di Tangerang

RumahCom – Adanya Program Sejuta Rumah yang melahirkan rumah subsidi hingga kini masih mendapat antusiasme tinggi dari konsumen yang tergolong Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Salah satu l

Lanjutkan membaca24 Agu 2016

Manisnya Properti di Kawasan Tebu Colomadu

RumahCom – Bagi Anda investor atau calon investor properti, Colomadu, salah satu daerah di Karanganyar, Jawa Tengah, bisa menjadi pilihan tepat. Colomadu dahulu lebih dikenal dengan hamparan p

Lanjutkan membaca24 Agu 2016

Menata Koleksi Buku untuk Si Sibuk

RumahCom - Bisa jadi buku merupakan koleksi terbanyak yang ada di rumah Anda. Pasalnya buku cerita dari jaman Anda masih remaja kemungkinan juga masih Anda simpan karena merasa sayang jika dihibahka

Lanjutkan membaca25 Agu 2016

Masukan