Mau Bangun Rumah? Tanyakan ini Kepada Kontraktor Anda!

Wahyu ArdiyantoAgustus 26, 2016

Memilih kontraktor

RumahCom – Perkara membangun atau merenovasi rumah memang bukan perkara yang mudah. Selain berhubungan dengan dananya, Anda harus memikirkan soal desainnya, jenis material yang akan digunakan, dan mencari kontraktor untuk membangunnya.

Nah, soal kontraktor ataupun tukang bangunan juga tidak bisa dianggap sepele karena memilih kontraktor yang tepat merupakan salah satu langkah penting yang akan membantu Anda untuk mewujudkan rumah impian Anda.

Bicara soal kontraktor, Adi (28), seorang analis data pada sebuah perusahaan asuransi di kawasan Sudirman, Jakarta, punya pengalaman sendiri.

“Waktu hendak merenovasi rumah, dulu saya menggunakan jasa kontraktor. Kontraktor kecil, sih. Kesalahan saya, saya sudah melunasi pembayaran saat renovasi baru setengah jalan. Kerjaan belum beres, rumah saya malah ditinggal,” kisahnya.

Jadi untuk memastikan agar Anda tidak salah pilih kontraktor, maka ajukan 15 pertanyaan di bawah ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang dilansir dari newhomesource.com ini akan membantu Anda agar lebih memahami poin-poin penting dalam proses pembangunan rumah dan keputusan yang Anda buat saat berurusan dengan kontraktor.

  1. Berapa lama Anda berkecimpung di bidang ini? Berapa banyak rumah yang telah Anda bangun?
  1. Apakah Anda berlisensi (jika diperlukan) dan diasuransikan?
  1. Bagaimana Anda membandingkan layanan Anda dengan kontraktor lainnya? Apa keuntungan yang paling penting dari rumah yang Anda bangun?
  1. Apa jenis garansi yang ditawarkan?
  1. Dapatkah Anda memberi saya referensi dari konsumen Anda sebelumnya? Apakah Anda membangun rumah contoh yang bisa saya kunjungi? Jika tidak, apakah Anda dapat membantu saya melihat rumah yang pernah Anda bangun untuk pelanggan Anda sebelumnya?
  1. Fitur hemat energi seperti apa saja yang terdapat pada rumah yang Anda bangun?
  1. Apakah Anda membangun hanya berdasarkan rancangan rumah yang Anda sediakan? Atau bisakah jika saya yang menyiapkan rancangan disainnya sendiri?
  1. Fitur standar rumah apa saja yang sudah termasuk proyek pengerjaan ini? Adakah opsi yang bisa saya pilih?
  1. Siapa yang akan mengawasi pembangunan rumah saya? Siapa yang harus saya hubungi jika saya punya pertanyaan?
  1. Bagaimana caranya dan kapan saya bisa melakukan perubahan sebelum dan selama pembangunan berlangsung?
  1. Bagaimana dan kapan harga final untuk biaya pembangunan rumah saya ditentukan?
  1. Seberapa sering (dan kapan) saya punya akses untuk mengunjungi rumah saya selama proses pembangunan berlangsung?
  1. Berapa lama pembangunan rumah saya bisa diselesaikan?
  1. Bagaimana proses pemeriksaan poin-poin penting dari konstruksi bangunan serta bagaiman Anda mengatasi hal-hal yang perlu diperbaiki atau diselesaikan?

Dan jika memang ada pertanyaan penting lain yang ingin Anda tanyakan, tambahkan saja. Namun, para ahli sepakat bahhwa daftar di atas adalah titik awal yang bagus untuk memilih perusahaan jasa konstruksi yang akan membangun rumah baru Anda.

Foto: Pixabay

Wahyu Ardiyanto

Penulis adalah editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Wahyuardiyanto@rumah.com atau melalui Twitter: @orang_rumah.

Junong Aum
Jan 17, 2021
berapakah ukuran kolom dan balok untuk bangunan rumah 2 lantai dengan kolam renang di lantai atas? ukuran bangunan 9x12 m, untuk ukuran kolam renang 2 x 7 m? bantu jawab.. terimakasih
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

4 Hal Ini Kerap Disembunyikan Kontraktor Rumah

RumahCom - Membangun atau merenovasi rumah umumnya menggunakan kontraktor atau jasa arsitek. Namun terkadang ada beberapa kontraktor yang menyembunyikan informasi dari Anda. Pada saat membangun ata

Lanjutkan membacaMaret 1, 2016

Tips Agar Pengembang Tidak 'Dikerjai' Kontraktor

RumahCom - Kontraktor adalah penyedia jasa berupa pengadaan dan hal lain berhubungan dengan pekerjaan sipil. Bisa berupa pembangunan jalan, konstruksi bangunan hingga jembatan, dan lain sebagainya.

Lanjutkan membacaMei 13, 2016

Tips Agar Pengembang Tidak Salah Pilih Kontraktor

RumahCom - Memilih kontraktor sebenarnya gampang-gampang susah. Gampang kalau Anda punya anggaran besar, susah kalau anggarannya terbatas. Karena bidang kerja kontraktor yang sangat teknis, penggu

Lanjutkan membacaMei 17, 2016

4 Hal Penting Sebelum Bangun Rumah

RumahCom – Selain menyewa atau membeli rumah, beberapa orang lebih memilih untuk membangun rumah impiannya sendiri. Berbekal sebidang tanah dan imajinasi desain rumah yang ingin diwujudkan, Anda bis

Lanjutkan membacaMei 17, 2016

Masukan