Ini yang Bikin Anda Malas Gerak di Rumah

Wahyu ArdiyantoAgustus 30, 2016

kenali penyebab rasa lelah di rumah

RumahCom – “Ah, mager.” Mungkin kalimat itulah yang selalu Anda ucapkan begitu sampai di rumah. Jadi jangankan untuk memasak atau membereskan kamar, beranjak dari sofa Anda saja rasanya berat. Tubuh pun seolah letih luar biasa.

Sebenarnya penyebab rasa lelah yang Anda rasakan ketika berada di rumah bukan karena pekerjaan kantor yang seakan tak ada habisnya, melainkan ada beberapa barang dan kondisi yang memang dapat memicu rasa lelah Anda.

Ya, sejumlah barang dan kondisi memang bisa jadi pemicu timbulnya rasa lelah ketika Anda berada di rumah. Contohnya seperti hal-hal berikut.

Dinding berwarna biru

Dalam studi yang dilakukan Travelodge terhadap 2 ribu rumah, ditemukann bahwa menatap dinding berwarna biru dapat menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan memicu rasa kantuk.

Tak heran jika warna biru cocok digunakan sebagai warna dinding kamar, tapi tidak cocok untuk warna dinding ruangan, terutama ruang tengah dan ruang makan. Saat berada di ruang tengah berdinding biru, Anda hanya ingin segera masuk ke kamar dan tidur tanpa melakukan hal lain.

TV

Anda tentu tahu jika TV memancarkan sinar biru yang sepertinya lembut tapi justru meningkatkan produksi melatonin—reaksi kimia di dalam otak yang malah membuat Anda merasa lelah dan tak bertenaga sehingga bikin Anda ingin segera merebahkan diri.

Masalahnya sinar biru ini juga agak menyilaukan mata, sehingga Anda tak bisa tidur lelap sepenuhnya. Sebaiknya jangan meletakkan TV di kamar tidur.

Aroma lavender

Pengharum ruangan beraroma lavender memang menenangkan. Tapi penelitian dari Wesleyan University, AS, lavender sebaiknya digunakan hanya saat malam hari menjelang tidur. Pasalnya saat Anda menghirup aroma ini di pagi atau siang hari, mood Anda menjadi kurang maksimal.

Aroma lavender memaksa otak Anda untuk berpikir bahwa Anda sudah cukup lelah karena beraktivitas sehingga mendorong tubuh untuk beristirahat.

Junk food

Sesibuk-sibuknya Anda, sebaiknya jangan terlalu sering menyantap makanan cepat saji sebagai hidangan malam setelah pulang kerja. Hidangan cepat saji ini bukan hanya burger atau ayam goreng, tapi juga berupa keripik kentang dengan MSG dan nasi goreng pinggir jalan.

Makanan tersebut sangat tinggi lemak tak jenuhnya dan tinggi pula kadar gulanya. Kondisi ini akan meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga membuat Anda merasa cepat lelah dan mengantuk.

Kurangnya sinar matahari

Meski matahari tengah bersinar terik, tetap buka jendela Anda dan biarkan sinarnya menyinari seluruh ruangan di rumah Anda. Sinar matahari akan membuat ruangan menjadi hangat dan terang.

Kondisi seperti inilah yang membuat Anda lebih terjaga. Sementara ruangan yang gelap dan terlalu sejuk justru membuat Anda malas untuk beraktivitas.

Banyak debu

Menurut studi Princeton University Neuroscience Institute, kondisi ruangan yang berantakan dan berdebu—hingga aroma debunya saja dapat Anda hirup—akan meningkatkan risiko timbulnya stres.

Jadi jangan heran jika setiap kali menatap meja kerja dan ruangan rumah yang tidak rapi akan membuat Anda semakin pusing dan kelelahan.

Foto: Stocksnap.io

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Begini Cara Mengusir Energi Negatif di Rumah!

RumahCom - Tanpa Anda sadari energi negatif di dalam rumah—yang biasanya berasal dari ruangan yang kelam atau kurang bersih—memberikan efek yang negatif juga bagi Anda. Anda akan merasa tak nyama

Lanjutkan membacaAgustus 27, 2016

Tips Feng Shui Bikin Rumah Penuh Ketenangan

RumahCom - Apa yang Anda rasakan saat meilhat rumah dalam keadaan berantakan? Dan bagaimana perasaan Anda ketika sudah selesai membereskan barang-barang tersebut dan meletakkan semua di tempatnya?

Lanjutkan membacaAgustus 29, 2016

Jurus Mudah Bikin Betah di Rumah

RumahCom - Bagi Anda, rumah mungkin hanya sebuah tempat untuk melepas lelah. Setiap hari begitu pulang kerja, Anda hanya memanfaatkannya sebagai tempat untuk memejamkan mata. Pun saat libur akhir

Lanjutkan membacaAgustus 29, 2016

Awas! Area Rumah juga Berbahaya Bagi Anak-anak

RumahCom – Bikin rumah yang aman dan ramah bagi anak memang bukan perkara mudah. Langkah ini pada dasarnya merupakan tindakan untuk memastikan keselamatan dan keamanan bayi, balita, atau anak saat b

Lanjutkan membacaAgustus 30, 2016

Masukan