Contek Dekorasi Rumah Minimalis Tipe 36 Ala Instagramers

Fathia AzkiaAgustus 30, 2016

RumahCom – Siapapun bisa mengubah rumahnya nampak ‘homey and loveable’ hanya dengan kreatifitas tangan sendiri. Begitu yang terjadi dengan Kanyaka Wara Apsari, ibu muda satu anak yang kini menekuni bidang home decor.

Sebagai permulaan, ia belajar untuk mengasah kemampuan dengan mendekorasi rumah minimalis miliknya yang berlokasi di Kota Kuningan, Jawa Barat.

Baca juga: Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Beli Rumah

Huniannya memiliki luas bangunan 36 meter persegi dan luas tanah 90 meter persegi. Di dalamnya terdapat dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga, dapur, ruang makan, dan taman, seperti lazimnya rumah tipe 36.

Namun berkat kepiawaiannya yang dimulai dari rajin melihat posting-an foto di pinterest, rumah kecilnya itu bisa terlihat lega hanya dengan mengaplikasikan sejumlah jurus.

Sketsa layout rumah tipe 36 milik Kanya

Sketsa layout rumah tipe 36 milik Kanya

“Memang tidak bisa dipungkiri rumah tipe 36 membuat penghuni agak susah bergerak. Maka dari itu, jangan memperparah kondisi yang ada dengan menempatkan banyak barang/furnitur maupun pernak-pernik yang sifatnya tidak fungsional,” ujar wanita yang akrab disapa Kanya.

Menurutnya, kebanyakan orang justru menganggap rumah kecil menjadi masalah utama sehingga mereka malas untuk mendekorasinya.

Simak juga: Buat Sendiri Hiasan Dinding dari Kertas

Padahal, selama tahu celahnya, rumah sempit tetap bisa secantik layaknya rumah berukuran luas.

“Biar terlihat luas, Saya rekomendasikan warna abu-abu muda sebagai warna utama dinding. Warna ini mampu bekerjasama dengan baik bila dikombinasikan dengan ornamen yang lebih colorful, contohnya stiker atau lampu dinding,” imbuhnya saat diwawancarai Rumah.com.

kamar tidur anak-rumah tipe 36-minimalis

Tampilan kamar tidur anak harus dirancang se-atraktif mungkin, mengingat anak membutuhkan imajinasi, inspriasi, dan inklusi yang bisa mendorong proses tumbuh kembangnya.

Ditanya soal orientasi tema pada interior rumah, Kanya mengaku lebih mengedepankan gaya skandinavia. Itu sebabnya pemilihan furnitur cenderung bernuansa serba putih.

“Putih tidak hanya mampu membuat ruang terlihat elegan, namun juga bisa memberi ilusi yang lebih lega. It works!” katanya seraya tersenyum.

Meski begitu, kenyataannya Kanya tidak seutuhnya mengusung gaya skandinavia di keseluruhan ruang rumah. Beberapa area justru nampak bergaya modern-minimalis seperti yang terpotret pada dapur.

Area belakang seluas 7,5m2 x 3,5m2 disiasati Kanya dengan penggunan kitchen set yang efektif tidak memakan banyak ruang.

Area belakang seluas 7,5m2 x 3,5m2 disiasati Kanya dengan penggunan kitchen set yang efektif tidak memakan banyak ruang.

“Hampir 80% furnitur di rumah saya beli kustom ke pengrajin dekat rumah. Selain desain bisa disesuaikan keinginan, kualitas pun memang terbukti lebih bagus. Salah satunya kitchen set yang Saya beli seharga Rp15 juta,” ia menambahkan.

Untuk area belakang rumah, Kanya menyebutnya sebagai ‘most favourite spot’ bagi dirinya dan keluarga. Area ini praktis mencakup dapur, ruang makan, taman belakang, dan ruang cuci-jemur pakaian.

Baca juga: Beli Rumah Seken atau Baru, Cek Plus Minusnya di Sini!

Berbeda dengan kebanyakan orang yang mengubah ruang belakang menjadi area yang tertutup permanen, Kanya hanya menggunakan gipsum dan fiber glass. Alhasil, ruangan belakang tetap terasa lapang.

Jika DP masih jadi kendala untuk mencicil rumah, kredit rumah saja yang tanpa DP. Simak caranya!

Masuknya cahaya alami juga memungkinkan ia memelihara tanaman. Pemandangan indah ini menjadi point of interest yang bisa dinikmati sembari menyantap hidangan di meja makan.

“Sengaja Saya sisakan 1/4 bidang atap untuk plastik fiber, yang jikalau tampias tidak akan membanjiri lantai keramik karena air hujan langsung terserap tanah dan rumput. Oleh karena itu posisinya harus tepat di atas taman,” Kanya memberi saran.

Meski terbatas, taman tetap bisa tampil cantik berbekal kreatifitas yang bisa ditiru dari sumber mana saja.

Meski terbatas, taman tetap bisa tampil cantik berbekal kreatifitas yang bisa ditiru dari sumber mana saja.

Secara tidak langsung, stone garden yang dianggapnya sebagai pemanis taman, malah terlihat layaknya pembatas antara area dapur dengan taman.

Terlebih ia memang tidak menyekat antar area guna memaksimalkan lahan yang ada.

Stone garden ini bisa dikerjakan sendiri. Caranya, lapisi tanah kosong dengan semen terlebih dahulu, lalu gunakan semen kembali sebagai pembatas berpola kotak berukuran keramik 40x40cm. Setelah kering, isi dengan batu koral warna hitam atau putih,” paparnya.

Terakhir, menyoal bujet untuk mendekorasi keseluruhan ruang di rumah, Kanya mengaku sudah menghabiskan biaya hingga Rp40 juta.

Baca juga: Tips agar KPR Disetujui

“Sekitar Rp30 juta untuk furnitur seperti lemari, ranjang tidur, sofa, dan lain-lain. Sementara total uang yang saya habiskan untuk membeli pernak-pernik pemanis interior Rp10 juta,” tandasnya.

Supaya tidak menghabiskan space yang sempit, meja makan sengaja disudutkan ke dinding.

Supaya tidak menghabiskan ruang yang terbatas, meja makan sengaja disudutkan ke dinding.

Ruang keluarga justru lebih menonjolkan gaya shabby chic yang kini punya banyak penggemar, Tak ketinggalan penyanyi ternama, Raisa, ikut mengaplikasikan gaya dekorasi ini.

Ruang keluarga justru lebih menonjolkan gaya shabby chic yang kini punya banyak penggemar, Tak ketinggalan penyanyi ternama, Raisa, ikut mengaplikasikan gaya dekorasi ini.

Siapa sangka taman depan rumah bisa diubah menjadi ruang bersantai yang privasi namun tetap nyaman.

Siapa sangka taman depan rumah bisa diubah menjadi ruang bersantai yang privasi namun tetap nyaman.

Ikuti event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!

Sumber foto: via Instagram/@kanyaka_wara_apsari

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

Novien Yasa
Sep 27, 2017
itu payung taman bli dmn???
ufi umaroh
Jul 15, 2017
Keren nih,boleh dicontek ya..
Arsitektur 123
Jun 21, 2017
menurut saya, yang menjadi area favorit adalah area dapur dengan sedikit taman di belakang..
Denidwi Jatmiko
Mar 14, 2017
Fasta_art Melayani custom design berbagai macam interior dan eksterior design juga berbagai macam kerajinan tangan dari bahan logam Tembaga, Alumunium, Kuningan, Dll seperti hiasan dinding, meja, kursi, kaligrafi, patung dll
idia wati
Nov 10, 2016
Bs minta detail ukuran na ga say..coz dgbr n dlm artikel na tdk bgtu jlas ukuran na brp..dri teras smp dlm na..tq
Werdy mediapro
Nov 09, 2016
Mantab banget idenya bisa dicontoh nih buat penghuni perum pura bojonggede yang punya rumah tipe 36 tapi luas tanah 84 m dan 120 m, ayo yang berminat boleh hubungi saya.
Agus Aromania
Oct 31, 2016
Inspirasi banget... Bs minta ukuran peruang nya gag bu.
Agus Aromania
Oct 31, 2016
Mantap mbak... bs minta detail ukuran peruang nya mbak. Inspirasi banget but saya. N saya ucapkan banyak trimaksih banyak klo mbak bersedia mengirim ukuran peruang nya.
herlina
Sep 23, 2016
kira-kira biaya taksiran nya brp ya, mulai dari pembelian tanah, sampai pembangunannya selesai? terima kasih
Hani Elroy
Sep 13, 2016
Untuk @aisyah saras. Keterangan luas tanah yg mba Aisyah pertanyakan sudah di jelaskan di dalam tulisan/artikel ini. :)
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Harmonisasi Hitam-Putih di Rumah Minimalis

RumahCom - Tren rumah minimalis masih merajai tahun 2015. Dengan konsep yang semakin modern dan segar, karakteristik rumah minimalis yang terlihat dari tiga warna utama yakni hitam, putih dan abu-abu

Lanjutkan membacaSeptember 3, 2015

Rumah Minimalis Cermin Gaya Hidup Anda

RumahCom - Anda tentu sudah familiar dengan istilah 'rumah minimalis' pada saat melihat rumah dengan unsur kotak-kotak dan nyaris tanpa ornamen dari tampak fasadnya. Tetapi, apakah benar, rumah berben

Lanjutkan membacaApril 22, 2016

Gaya Minimalis di Rumah Tipe 36

RumahCom – Tren gaya minimalis hingga kini masih digandrungi dan diaplikasikan pada banyak perumahan di Indonesia. Tidak hanya pada bangunan tampak luarnya saja, gaya ini juga kerap diusung pada int

Lanjutkan membacaJuni 21, 2016

Inspirasi Ruang Belajar Minimalis untuk Anak

RumahCom - Setelah nyaris sebulan lamanya putra-putri Anda libur sekolah, kini waktunya Anda mempersiapkan berbagai kebutuhan proses belajar di tahun ajaran baru. Selain membeli perlengkapan alat t

Lanjutkan membacaJuli 14, 2016

Tips Merancang Ruang Tamu Minimalis

RumahCom – Menata ruang tamu dengan gaya minimalis bisa dibilang sedikit tricky. Hanya ada dua pilihan: berhasil dan gagal. Untuk Anda yang senang dengan suasana lapang, definisi minimalis tak se

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2016

Masukan