Inilah Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Rumah

Wahyu ArdiyantoAgustus 31, 2016

Mengusir bau tidak sedap

RumahCom – Ketika rumah Anda kedatangan tamu, tentu Anda akan menyambutnya sepenuh hati sambil berusaha memberikan kesan penerimaan yang baik bagi si tamu. Tapi semuanya akan percuma jika udara di ruangan rumah Anda bau.

Ya, udara di rumah yang terasa tidak segar, apalagi jika berbau kurang sedap, memang merupakan hal yang memalukan. Namun bau tak sedap di dalam rumah terkadang sulit dihindari karena penyebabnya bisa bermacam-macam.

Sebut saja makanan yang dimasak, karpet yang lembap, sepatu yang basah, hingga hewan peliharaan. Inilah beberapa langkah sederhana untuk mencegah sekaligus mengurangi bau tidak sedap di dalam rumah.

1. Buka jendela

Setiap hari, dari pagi hingga siang, bukalah jendela rumah, dan biarkan aliran udara memenuhi seluruh ruangan. Bahkan saat hujan, biarkan jendela terbuka selama beberapa menit. Udara segar akan dengan cepat menghilangkan bau tidak sedap.

2. Gunakan vacuum cleaner

Karpet yang sering digunakan dan keset yang lembap adalah penyebab utama ruangan berbau tidak sedap. Agar lebih efektif, setelah karpet dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner, taburkan baking soda ke atasnya dan biarkan selama beberapa jam.

Kemudian, gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet sekali lagi. Baking soda berguna untuk menyerap lembap dan bau yang sulit dihilangkan pada karpet.

3. Campuran cuka dan air

Agar ruangan selalu terhindar dari bau tak sedap, bersihkan furnitur dan peralatan dapur menggunakan lap dan sabun pembersih, minimal satu hingga dua kali dalam seminggu. Kalau ingin menghemat, Anda bisa mencampur cuka dan air untuk membuat cairan pembersih sendiri.

Selain ramah lingkungan, campuran cuka dan air cukup efektif untuk membersihkan wastafel, toilet, permukaan kompor, pintu kulkas, hingga jendela kaca.

4. Bunga atau lilin

Jika Anda sudah melakukan tiga cara di atas tetapi bau tidak sedap masih tercium, berarti saatnya mengusir bau sambil mempercantik sudut rumah dengan tanaman hias.

Jika tidak ada tanaman hias yang berguna untuk menyegarkan ruangan, sesekali Anda bisa membeli bunga lili atau bunga mawar untuk membawa kesegaran dan aromanya yang menyenangkan ke dalam rumah.

Selain bunga segar, lilin aromaterapi juga bisa diandalkan untuk menutupi bahkan menghilangkan bau sementara.

Nur Rahma

Foto Pixabay.com

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Bak Cuci Piring Bau, Ini Solusinya!

RumahCom - Bak cuci piring (kitchen sink) di dapur kerap menjadi bak multi-fungsi: tak hanya untuk mencuci piring, tetapi juga untuk membersihkan makanan bahkan membuang sisa makanan. Jadi, tak heran

Lanjutkan membacaFebruari 4, 2015

Empat Cara Usir Bau Rokok di Dalam Rumah

Kebiasaan merokok kerap kali sulit dihilangkan. Kebiasaan merokok di tempat terbuka sering membuat orang di sekitarnya terganggu. Bagi Anda yang serumah dengan perokok sudah tidak heran jika bau asap

Lanjutkan membacaDesember 16, 2015

Lenyapkan Bau Sepatu di Dalam Rumah

RumahCom - Di mana Anda biasanya meletakkan sepatu yang sudah atau sering digunakan? Jika Anda tinggal di apartemen atau rumah yang mungil, sepatu biasanya diletakkan di dalam unit, di dekat pintu ata

Lanjutkan membacaMei 10, 2016

Menghilang Bau Asap dari Dalam Rumah

RumahCom – Usai mengadakan pesta kecil atau arisan di rumah, salah satu yang paling Anda kesalkan—selain tumpukan piring kotor—adalah ruangan yang berbau tak sedap. Aroma yang paling sering Anda

Lanjutkan membacaJuni 7, 2016

Masukan