Menyiasati Dapur Terbuka di Rumah Sederhana

Fathia AzkiaAgustus 31, 2016

RumahCom – Harga rumah yang relatif tinggi menyebabkan pasangan baru –pembeli rumah pertama- membidik rumah kecil yang luas bangunannya hanya 36m2 hingga 45m2.

Di wilayah perbatasan Jakarta dan kota-kota besar, seperti Tangerang, misalnya, harga rumah tipe ini biasanya dipasarkan mulai Rp350 jutaan. 

Mau beli rumah baru untuk keluarga? Cari tahu panduannya di sini!

Kriteria lain dari tipe ini adalah lahan dibagi menjadi dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu, taman depan dan belakang, serta carport. Lalu di mana dapur?

Dapur lazimnya diletakkan bersamaan dengan taman belakang sehingga konsepnya memang dibiarkan terbuka alias tanpa atap. Material yang ada di dapur meliputi kitchen sink dan keran air saja.

Pada beberapa kasus, pengembang perumahan baru memberikan tawaran kepada calon pembeli untuk menutup dapur dengan atap.

Namun ada biaya tambahan yang dikenakan untuk pekerjaan ini, berkisar antara Rp5 juta sampai Rp10 jutaan.

Jika mau, pengembang akan langsung melakukan pekerjaan tambahan ini. Tetapi jika berniat mengerjakannya sendiri, ada beberapa aspek yang perlu dicatat dalam “anggaran beli rumah baru”.

Simak juga: Dokumen yang harus diurus dalam proses pembelian properti

Punya balita dan sedang cari-cari rumah? Pastikan terdapat fasilitas pendukung tumbuh kembang anak Anda, seperti:

Pertama, apakah cukup dengan kanopi atau ditutup hampir seluruhnya dengan genteng. Apabila bujet minim namun kebutuhan untuk menutup dapur dirasa mendesak, maka kanopi boleh menjadi opsi pertama.

Untuk material kanopi, polycarbonate merupakan jenis yang termurah dan punya daya tahan cukup baik terhadap panas matahari.

Kedua, karena dapur menjadi satu dengan taman belakang, maka sebaiknya tidak menutup area ini sepenuhnya. Sisakan setidaknya 1/4 area atap untuk sirkulasi udara bagi dapur yang ditutup dengan plastik fiber.

(Jangan dulu beli rumah dan apartemen sebelum menyimak Review Properti dari Rumah.com)

Posisi atap fiber ini sebaiknya berada tepat di atas taman, sehingga apabila air hujan tampias tidak akan membasahi lantai dapur. Fiber juga berguna untuk memasok cahaya alami bagi dapur.

Ketiga, apabila menginginkan konsep semi terbuka pada dapur sekaligus area taman, maka tembok pembatas belakang rumah harus dilengkapi keamanan lebih.

Bisa dengan pecahan botol kaca yang disusun sepanjang tepi tembok atau dengan kawat berduri. Simak juga: Contek Dekorasi Rumah Minimalis Tipe 36 Ala Instagramers

layout-dapur-terbuka-rumah-minimalis

Dapur terbuka adalah dapur yang tata letaknya berada di luar bangunan rumah atau menyatu dengan area taman belakang.

Karena dapur terbuka yang dirasa tidak nyaman, Banyak orang mengubah area ini menjadi area tertutup. Padahal, area taman berguna untuk mengoptimalkan sirkulasi udara.

Dapur terbuka tidak sepenuhnya buruk. Jika pemilik mau berkreasi, dapur dengan konsep ini bisa diatur sesuai keinginan bahkan bisa tampil lebih cantik daripada dapur di dalam rumah.

Ingin beli rumah dengan cara KPR? Baca dulu panduan Mengajukan KPR di Rumah.com!

Jika tidak punya ide untuk membuatnya terlihat menarik sebagai ruang vital di rumah, contoh desain di bawah ini layak ditiru.

dapur-terbuka-rumah-minimalis

Sumber: desainic.com

Contoh menyiasati dapur terbuka dengan menggunakan atap fiber. Sumber: via Instagram/@kanyaka_wara_apsari

Contoh menyiasati dapur terbuka dengan menggunakan atap fiber. Sumber: via Instagram/@kanyaka_wara_apsari

Manfaatkan event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Fathia Azkia
Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cermat Memilih Kabinet Dapur

RumahCom – Renovasi tidak harus selalu berkaitan dengan perubahan. Hanya dengan sedikit kreativitas saja, niscaya interior ruang di rumah yang Anda impikan bisa segera terwujud. Seperti misalnya

Lanjutkan membacaMei 27, 2016

Memahami Tiga Zona Sebuah Dapur

RumahCom – Dahulu, dapur dikenal sebagai ruang yang kotor dan tak sedap dipandang. Karena itu, letaknya sengaja dijauhkan dari ruang utama dalam rumah. Akan tetapi kondisi yang ada sekarang justru

Lanjutkan membacaJuni 1, 2016

Bikin Dapur Lebih Sehat, Lakukan Detoks Dapur!

RumahCom - Dapur bisa menjadi sarang kuman dan penyakit melebihi tempat lain di rumah. Ini karena ada beragam jenis bahan makanan yang disimpan di ruangan ini. Untuk menjaga agar daput tetap higinis

Lanjutkan membacaJuni 13, 2016

Cara Kreatif Aplikasikan Wallpaper di Dapur

RumahCom - Dapur adalah salah satu tempat yang sering digunakan sekaligus bisa menjadi tempat yang paling kotor. Terutama di bagian dinding, karena seringkali terkena cipratan minyak atau menjadi koto

Lanjutkan membacaJuni 19, 2016

Rancang Dapur Minimalis Sendiri? Pahami Standar Umumnya

RumahCom – Tidak seperti ruangan-ruangan lain dalam rumah tinggal, dapur memiliki kompleksitas yang lebih sehingga dalam perencangannya perlu memperhatikan berbagai standar yang ditetapkan. Stand

Lanjutkan membacaJuni 23, 2016

Masukan