Inspirasi Desain Rumah Pengantin Baru di LT 60M2

Fathia AzkiaSeptember 14, 2016

RumahCom – Rumah baru bagi pasangan muda yang baru saja menikah tentu harus didesain senyaman mungkin. Tidak usah muluk-muluk mendambakan rumah dua lantai, karena rumah satu lantai pun mampu dirancang sedemikian rupa.

Dalam membangun sendiri rumah bagi pengantin baru, dibutuhkan konsep ‘keterbukaan’ yang seolah mempresentasikan konsep rumah tangga yang harmonis dan penuh kasih sayang. Ini bisa dicerminkan lewat permainan jendela kaca yang mendominasi tampilan rumah.

(Baca juga: Syarat Interior Kamar Tidur Pasangan Muda)

Hadirnya jendela memberi kesan luas pada bangunan, baik dari fasad bangunan maupun interior ruang dalam rumah. Selain adanya jumlah jendela yang banyak, suasana interior yang lapang juga bisa disiasati dengan tinggi langit-langit rumah yang melebihi standar bangunan.

Bila mengikuti aturan diatas, sirkulasi udara di rumah dipercaya akan semakin baik dan tidak panas atau gerah. (Sumber: 21 Desain Rumah Tropis Modern/ Novita Irene)

contoh sketsa rumah di LT 60

Denah rumah di luas tanah 60m2. Sebagai catatan, lahan berada di bidang hook

contoh sketsa rumah di LT 60-fasad

Desain rumah tampak depan

(Baca juga: Panduan Beli Rumah Untuk Pengantin Baru)

Berdasarkan contoh desain di atas, posisi rumah terbilang menguntungkan sebab membuat pemilik dapat menikmati taman luar dari teras depan. Teras tersebut dapat dijangkau dari dua sisi bangunan, yakni depan dan samping.

Sementara di bagian belakang rumah disediakan pula sebuah teras yang layak difungsikan sebagai ruang khusus cuci dan jemur.

Dari konsep dasar ‘keterbukaan’ itu tadi, maka ruang-ruang yang ada juga dibuat terbuka antara satu dengan yang lain.

Contoh, ruang tamu dan ruang keluarga sengaja dibuat menyatu tanpa sekat.

contoh sketsa rumah di LT 60-interior

Konsep lain yang dapat dijadikan acuan dari desain rumah adalah rumah tumbuh. Harapannya, suatu saat rumah tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan jumlah anggota keluarga baru yang akan hadir di masa datang.

Hal tersebut terlihat dari atap dapur dan ruang makan yang didak beton, sebagai langkah persiapan pengembangan rumah. Untuk sementara dak beton juga bisa difungsikan sebagai tempat berjemur pakaian.

contoh sketsa rumah di LT 60-minimalis

Letak rumah di sudut jalan memungkinkan fasad memiliki banyak bukaan untuk memasukkan cahaya matahari dan view

Selanjutnya area fasad. Bagian depan dan samping rumah dibuat taman-taman kecil yang dihiasi bunga-bunga peneduh, sekaligus penahan masuknya cahaya matahari berlebih ke dalam rumah.

Keterbatasan lahan tentu berimbas pula pada sedikitnya pemanfaatan lahan sebagai area taman. Oleh karena itu, tidak ada salahnya tembok pagar pun dimanfaatkan sebagai taman vertikal dengan menempatkan pot berisi bunga.

Dengan begitu, bangunan rumah pasangan baru ini pun akan terlihat asri.

Selamat mencoba!

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Rumah Gua Ini Lebih Murah Dibanding Rumah Tipe 36

RumahCom – Harga hunian di Andalusia, Spanyol ini tergolong cukup terjangkau. Bayangkan, dengan merogoh kocek sebesar Rp219,7 juta, Anda sudah bisa memiliki hunian berbentuk sebuah gua dengan lima k

Lanjutkan membacaJuli 10, 2014

Gaya Minimalis di Rumah Tipe 36

RumahCom – Tren gaya minimalis hingga kini masih digandrungi dan diaplikasikan pada banyak perumahan di Indonesia. Tidak hanya pada bangunan tampak luarnya saja, gaya ini juga kerap diusung pada int

Lanjutkan membacaJuni 21, 2016

Cibinong, Kawasan Incaran Pasangan Muda

RumahCom – Setelah menikah, pasangan suami-istri tentu akan dihadapkan oleh alternatif tempat tinggal antara ‘pondok mertua indah’, cari rumah kontrakan, atau berani mencicil rumah sendiri.

Lanjutkan membacaJuli 25, 2016

Contek Dekorasi Rumah Minimalis Tipe 36 Ala Instagramers

RumahCom – Siapapun bisa mengubah rumahnya nampak ‘homey and loveable’ hanya dengan kreatifitas tangan sendiri. Begitu yang terjadi dengan Kanyaka Wara Apsari, ibu muda satu anak yang kini menek

Lanjutkan membacaAgustus 30, 2016

Referensi Desain Rumah Minimalis Tipe 48

RumahCom - Rumah berdesain minimalis yang simple namun tampak elegan, bisa dibilang sebagai desain yang paling banyak diminati oleh para konsumen properti. Hampir semua perumahan baru mengaplikasikan

Lanjutkan membacaSeptember 14, 2016

Masukan