Alat Masak Ini Wajib Langsung Dicuci Usai Digunakan

Boy Leonard20 Sep 2016

Alat masak harus dicuci setelah digunakan.

Piring dan gelas mungkin bisa menunggu untuk dicuci. Namun, jangan coba-coba membiarkan peralatan masak berikut ini menumpuk di tempat cucian.

Piring dan gelas memang disarankan untuk dikumpulkan dahulu dan dicuci bersamaan. Fungsinya untuk menghemat waktu sekaligus menghemat air. Tapi, meski Anda sedang tak mood membersihkan alat makan, beberapa alat dapur ini sebaiknya segera dicuci begitu selesai digunakan.

Pisau

Anda tak pernah lepas menggunakan pisau selama di dapur. Tak heran jika tugas pisau paling berat. Begitu Anda selesai memotong atau mengupas seluruh bahan makanan, segera cuci pisau dengan sabun cuci piring.

Soalnya, sisa cairan dari bahan makanan yang menempel di pisau sangat mungkin mengundang bakteri untuk hinggap di pisau tersebut. Bahkan, ada baiknya Anda langsung mencuci pisau yang sudah digunakan untuk memotong daging dan ikan.

Khusus untuk pisau, iris jeruk nipis, lalu usapkan bagian dalamnya ke permukaan pisau. Cairan jeruk nipis mampu menghilangkan bakteri yang menempel di pisau.

Talenan

Bila Anda menggunakan talenan kayu, jangan biarkan talenan kotor terlalu lama. Setiap kali Anda memotong, di bagian atas talenan akan tersisa goresan pisau serta sisa bahan yang Anda potong.

Membiarkan talenan kotor terlalu lama akan mengundang jamur sehingga menyebabkan talenan beraroma tak sedap, bahkan jamuran. Segera siram talenan dengan air hangat, lalu bersihkan dengan sabun pencuci piring.

Parutan

Parutan biasanya tak hanya digunakan untuk memarut kelapa, tapi juga seluruh bahan bumbu dapur, seperti lengkuas, kunyit, dan jahe.

Akibatnya parutan menjadi  bernoda dan aromanya susah hilang. Untuk menghilangkan nodanya, parutlah roti kering di parutan sehingga menghasilkan serbuk seperti pasir.

Sisa noda bumbu yang menempel di parutan akan berjatuhan bersama serbuk roti. Setelah itu, bersihkan parutan dengan sikat gigi bekas yang halus yang dicampur sabun pencuci piring lalu bilas dengan bersih.

Saringan

Mulai dari saringan gelas untuk menyaring teh hingga saringan untuk tepung, sebaiknya segeralah bersihkan usai digunakan. Sisa bahan makanan yang menempel pada saringan akan meninggalkan noda membandel yang susa dibersihkan.

Caranya, siram saringan dengan air mengalir lalu bersihkan permukaannya dengan spons atau kain basah hingga seluruh permukaannya bersih. Sikat permukaan saringan dengan sikat gigi halus, lalu bilas kembali dengan air bersih.

Cobek

Permukaan cobek cenderung tak rata, jadi jika Anda tak langsung membersihkan bahan makanan yang menempel di atasnya, kemungkinan cairannya akan terserap di permukaan yang berpori itu.

Tak hanya menyebabkan cobek rentan jamuran, tapi juga merusak rasa makanan. Saat Anda menggunakan cobek untuk mengulek bahan lainnya, rasanya akan bercampur dengan sisa bahan yang masih menempel.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Empat Tips Segarkan Suasana Dapur Anda

RumahCom - Dapur identik dengan ruangan yang berantakan dan kotor, sehingga banyak orang kerap melupakan sisi ruangan tempat memasak tersebut. Kendati demikian, bukan berarti area ini harus luput d

Lanjutkan membaca17 Sep 2014

Tips Bersihkan Dapur Dalam Waktu Singkat

RumahCom - Anda hanya punya waktu satu hingga 10 menit untuk membersihkan dapur? Tak masalah, ada cara mudah membersihkan dapur hanya dalam beberapa menit. Dinukil dari Huffington Post, berikut ini

Lanjutkan membaca12 Feb 2016

Sabun Cuci Piring Ampuh Juga Bersihkan Beragam Noda Ini!

RumahCom - Sabun cair untuk cuci piring yang ampuh melunturkan lemak di peralatan makanan Anda ternyata punya manfaat lain. Sabun cair cuci piring memang didesain untuk memiliki daya luntur lemak y

Lanjutkan membaca22 Jul 2016

5 Pilihan Warna Dapur Paling Populer

RumahCom – Sedang ingin merenovasi dapur? Selain bisa mengeksplorasi desainnya untuk disesuaikan dengan selera Anda, Anda juga bisa mencoba bermain-main dengan warnanya. Namun warna apa yang akan c

Lanjutkan membaca29 Agu 2016

Masukan