Hemat Energi, Pangkal Kaya

Wahyu Ardiyanto24 Sep 2016

Langkah mudah hemat energi

RumahCom – Alih-alih peduli lingkungan, menerapkan pola hidup hemat energi tentunya juga dapat membantu Anda untuk menekan penggunaan listrik di rumah. Dan hal ini tentu saja cara yang bagus untuk menghemat uang, kan?!

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat energi, tetapi dari mana Anda bisa memulainya? Dengan sedikit perubahan gaya hidup -yang bisa Anda mulai dari rumah- tentunya juga dapat membuat tagihan listrik Anda tidak membengkak. Inilah caranya.

Kenakan pakaian yang tepat

Maksudnya, gunakan pakaian sesuai cuaca. Saat cuaca panas, memakai pakaian bertumpuk adalah ide yang buruk karena membuat Anda ingin menyalakan AC terus-menerus. Lain soal jika turun hujan sepanjang hari.

Selanjutnya, juga jangan mudah tergoda untuk menggunakan pemanas air setiap akan mandi.

Menggunakan lemari es secara efisien

Lemari es yang memang selalu menyala merupakan salah satu peralatan rumahtangga yang paling berkontribusi terhadap pengunaan listrik di rumah. Dan agar tidak semakin boros energi, pastikan pintu lemari es selalu tertutup rapat sehingga udara dingin di dalamnya tidak keluar.

Selain itu, lemari es yang terisi penuh ternyata lebih baik daripada lemari es yang kosong. Suhu di dalam lemari es akan lebih stabil dan makanan akan tetap dingin jika ada semakin banyak yang disimpan di dalamnya.

Menghemat energi saat memasak

Keluarkan makanan beku dari lemari es kemudian cairkan terlebih dahulu untuk menghemat penggunaan gas. Jika Anda menggunakan panci untuk merebus, gunakan tutupnya untuk mengurangi waktu memasak.

Mencabut kabel

Pastikan semua lampu mati dan cabut juga kabel peralatan yang tidak Anda gunakan saat berada di luar rumah. Asal tau saja, charger ponsel yang tidak digunakan tetapi dicolokkan ke listrik juga dapat menguras energi.

Cahaya alami

Kurangi penggunaan lampu saat siang hari. Pada hari yang cerah, buka tirai dan jendela untuk membiarkan sinar matahari dan kehangatan masuk ke dalam rumah.

Membersihkan AC

Bersihkan filter AC secara teratur untuk menjaga sistem pendingin berjalan dengan efisien sekaligus menghemat listrik. Debu yang menempel pada filternya dapat mengganggu aliran udara. Gunakan lap basah untuk membersihkan filter AC.

Foto Pexels

Nur Rahma

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Agar Kulkas Hemat Energi

RumahCom – Mungkin belum banyak yang tahu bahwa tumpukan debu di bagian belakang kulkas bisa menambah pemakaian listrik sebesar 30%. Lalu, apalagi yang harus diketahui agar pemakaian energi kulk

Lanjutkan membaca21 Jan 2013

Lampu Hemat Energi Laris Manis di Negara Berkembang

RumahCom – Dengan catatan pendapatan per kapita individunya yang jauh di bawah pendapatan para pekerja di negara-negara maju, konsumsi lampu hemat energi di negara-negara berkembang justru terca

Lanjutkan membaca2 Jul 2013

Tips Agar Peralatan Rumah Hemat Listrik

RumahCom – Penggunaan peralatan rumah tangga seperti lampu, kulkas, TV, dan AC kerap dituding sebagai biang keladi naiknya tagihan listrik di rumah. Namun sebenarnya hemat-tidaknya pemakaian list

Lanjutkan membaca29 Apr 2015

Saatnya Hemat Energi Demi Menyelamatkan Bumi

RumahCom – Perubahan iklim yang tidak menentu, lapisan ozon yang kian menipis, hingga mencairnya es di kutub utara adalah dampak dari pemanasan global. Efek dari pemanasan global ini sendiri sebe

Lanjutkan membaca12 Agu 2016

Masukan