Waktu Paling Tepat untuk Melakukan Kegiatan di Rumah

Boy Leonard28 Sep 2016

Waktu terbaik melakukan kegiatan di rumah

RumahCom – Akhir pekan bisa menjadi waktu yang tepat untuk memerhatikan kondisi rumah, seperti berkebun atau membersihkan rumah.

Tak selamanya hari libur seperti akhir pekan digunakan untuk hangout atau berkumpul dengan teman di luar rumah. Ada saatnya Anda ingin menikmati waktu lebih lama di rumah.

Saat Anda berada di rumah seharian, berikut ini adalah waktu-waktu tertentu yang ideal untuk melakukan berbagai aktivitas.

Membersihkan rumah

Waktu paling tepat untuk membersihkan seluruh perabotan rumah dan mengepel lantai adalah pukul empat sore.

Menurut Martha White, M.D., direktur penelitian di the Institute for Asthma and Allergy, di Maryland, AS, saat sore hari, hormon endorfin tengah meningkat dan cuaca di sore hari juga cenderung lebih hangat dibandingkan pagi.

Debu di pagi hari cenderung mencetuskan alergi, sementara di sore hari, suhu tubuh Anda sudah lebih hangat sehingga tak mudah alergi saat terpapar debu.

Tak hanya waktu yang tepat untuk membersihkan rumah, sore hari juga saat tepat untuk merapikan meja kerja Anda.

Tidur siang

Yap, Anda tak mungkin melewatkan kesempatan langka untuk tidur siang saat sedang libur, kan. Tapi, usahakan untuk tidur siang antara pukul 13.00-14.30.

Menurut Michael Smolensky, penulis The Body Clock Guide to Better Health: How to Use Your Body’s Natural Clock to Fight Illness and Achieve Maximum Health, waktu tersebut tak terlalu dekat dengan waktu bangun pagi sekaligus tidak terlalu sore.

Jika Anda tidur terlalu sore, Anda akan susah untuk tidur malam nantinya karena merasa masih segar. Selain itu, tidur siang sebaiknya tak lebih dari 30 menit. Lebih dari itu Anda akan merasa pusing saat terbangun.

Berkebun dan mencuci

Menyiram tanaman dan berkebun dapat Anda lakukan saat pagi hari, terutama pukul 07.00. Air dan pupuk yang Anda taburkan ke tanah akan mendapatkan kesempatan untuk terkena sinar matahari sehingga mineralnya akan langsung terserap oleh tanah.

Sinar matahari juga akan mencegah pembusukan pada batang tanaman akibat lembap saat tersiram air. Sedangkan mencuci juga bisa dilakukan pada waktu yang sama. Cipratan air di pagi hari akan membuat Anda lebih fokus dan mudah berkonsentrasi.

Olahraga di rumah

Memang, sih, idealnya olahraga dilakukan di pagi hari, sekitar pukul 07.00-08.00 agar tubuh mendapatkan sinar matahari yang akan mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D.

Tapi tak ada salahnya juga melakukan olahraga pada sore hari, yaitu sekitar pukul 17.00-18.00. Saat itu, suhu di tubuh Anda sudah cukup hangat, sehingga tak perlu melakukan pemanasan terlalu lama sebelum berolahraga.

Anda cukup melakukan pemanasan dengan jalan kaki di sekitar rumah selama 10 menit. Olahraga sebelum malam juga memungkinkan asam laktat yang meningkat saat olahraga kembali turun, sehingga Anda tak mengalami kesusahan tidur nantinya.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Alat Masak Ini Wajib Langsung Dicuci Usai Digunakan

Piring dan gelas mungkin bisa menunggu untuk dicuci. Namun, jangan coba-coba membiarkan peralatan masak berikut ini menumpuk di tempat cucian. Piring dan gelas memang disarankan untuk dikumpulkan d

Lanjutkan membaca20 Sep 2016

Jarang Disadari, Benda-Benda di Rumah Anda Bisa Menimbulkan Penyakit

RumahCom - Sejumlah benda di rumah, baik itu peralatan bersih-bersih, perabotan, maupun dekorasi, mengandung bahan-bahan yang perlu perhatian khusus. Peralatan bersih-bersih semakin hari semakin ef

Lanjutkan membaca24 Sep 2016

Cara Tepat Usir Bau Rokok di Dalam Rumah

RumahCom - Anda mungkin sudah melarang siapa pun yang masuk ke rumah Anda untuk merokok di dalam rumah. Namun, kadang meski Anda, pasangan, atau tamu rumah sudah merokok di luar rumah, tetap saja arom

Lanjutkan membaca27 Sep 2016

Kondisi Rumah Seperti Ini yang Mengundang Pencuri

RumahCom - Masih ingat, kan, peristiwa perampokan di Pondok Indah bulan lalu? Padahal sekilas rumah tersebut sepertinya terjamin keamanannya. Lokasi rumah memang bukan jaminan rumah Anda akan 100 p

Lanjutkan membaca27 Sep 2016

Masukan