Plus Minus Memilih KPR Syariah

Fathia AzkiaOktober 5, 2017

RumahCom – Kredit perumahan atau yang dikenal sebagai KPR kini menjadi jalur favorit bagi masyarakat yang ingin segera punya rumah sendiri. Selain melalui perbankan konvensional, calon debitur juga bisa mengajukan KPR ke perbankan syariah. Apa yang membedakan keduanya?

Berbeda dengan KPR konvensional, KPR syariah menawarkan cicilan dengan jumlah tetap setiap bulannya. Hal ini disebabkan perbankan syariah menerapkan sistem bagi hasil kepada nasabahnya.

Bagi sebagian orang, skema KPR syariah lebih ideal karena debitur bisa mengatur keuangan dengan pasti setiap bulan. Resiko kredit macet karena jumlah cicilan yang melonjak pun bisa diminimalisir.

Lihat juga: Pilihan Rumah Minimalis Murah dengan Dua Kamar Tidur

Namun tak ada sesuatu di dunia ini yang tak memiliki cela, begitu pun dengan KPR syariah. Sebagai produk keuangan, KPR syariah juga memiliki beberapa kekurangan yang patut menjadi pertimbangan.

Sebelum menentukan pilihan, yuk pelajari lebih lanjut kekurangan dan kelebihan dari KPR syariah!

Kelebihan KPR syariah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, KPR syariah menetapkan jumlah cicilan yang tetap (fixed) setiap bulan dan tidak tergantung pada suku bunga Bank Indonesia.

Akan tetapi, harus diperhatikan karena ada beberapa bank yang menawarkan produk KPR syariah dengan sistem bunga campuran (fixed pada beberapa tahun pertama, kemudian floating hingga selesai jangka waktu cicilan).

Dengan jumlah cicilan yang terprediksi tersebut, Anda bisa melakukan perencanaan keuangan keluarga secara pasti. Selain itu, ketika ingin melunasi pembayaran lebih awal, debitur tidak akan dikenakan penalti atau denda seperti pada KPR konvensional.

Untuk saat ini, uang muka KPR syariah lebih ringan dibanding KPR konvensional, yakni bisa hingga 10%, sedangkan pada KPR konvensional minimal 15%. Terakhir, proses pengajuan KPR relatif lebih cepat dengan persyaratan yang mudah sesuai dengan prinsip syariah.

Baca juga: Sebelum Ajukan KPR Pastikan Kemampuan Anda dengan Menjawab 5 Pertanyaan ini!

Kekurangan KPR syariah

Dengan jumlah cicilan yang tetap setiap bulannya, maka debitur tidak akan bisa menikmati kesempatan membayar cicilan rendah ketika suku bunga turun.

Jika kita amati, perekonomian Indonesia pernah mengalami penurunan bunga yang sangat signifikan pada tahun 2011-2013. Apabila kondisi itu terulang, maka Anda harus rela membayar cicilan dengan jumlah yang sama.

Sama halnya dengan KPR konvensional, KPR syariah juga akan menerapkan sistem denda jika debitur terlambat membayar.

Selain itu, tenor pinjaman maksimal yang ditawarkan KPR syariah hanya sampai 15 tahun saja. Berbeda dengan KPR konvensional yang bahkan menyediakan masa tenor hingga 25 tahun.

Kesimpulannya, untung rugi yang dimiliki oleh KPR syariah sebenarnya bisa disesuaikan dengan profil risiko nasabah. Jika nasabah menginginkan kepastian, tentu KPR syariah adalah pilihan yang tepat.

Sementara untuk mereka yang ingin meminjam dalam jangka waktu pendek, KPR konvensional bisa menjadi pertimbangan.

Mau nanti pilihannya jatuh ke KPR Syariah atau konvensional, tetap saja sebelum mengajukan kredit Anda harus tentukan dulu rumah incarannya. Klik di sini untuk lihat daftar perumahan baru di lokasi favorit dengan harga mulai Rp500 jutaan!

Isnaini Khoirunisa

Andrea Lee
Jun 11, 2018
kekurangannya masih sanggat bisa ditoleransi jika dibanding dengan konvensional. saya KPR syariah tidak ada denda pada saat bayar. mengharapkan suku bunga TURUN realitanya cicilan rumah selalu naik. menawarkan cicilan sampai 25 tahun pikirkan Bunga nanti yang akan Anda bayar.
Andrea Lee
Jun 11, 2018
kekurangannya masih sanggat bisa ditoleransi jika dibanding dengan konvensional. saya KPR syariah tidak ada denda pada saat bayar. mengharapkan suku bunga TURUN realitanya cicilan rumah selalu naik. menawarkan cicilan sampai 25 tahun pikirkan Bunga nanti yang akan Anda bayar.
KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mempercepat lunasi KPR

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) memang membutuhkan komitmen yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, tenor waktu cicilan terbilang panjang mulai dari 5 hingga 20 tahun. Semakin pendek waktunya, pasti semakin

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2017

Beyonce Beli Rumah Pakai KPR. Anda Kapan?

RumahCom – Pasangan penyanyi ternama Beyonce dan suaminya Jay Z dikabarkan berhasil membeli rumah mewah yang diincar sejak bulan April lalu. Rumah baru tersebut berada di kawasan Bel Air, Califor

Lanjutkan membacaSeptember 6, 2017

Cicilan KPR Mikro BTN Hanya Rp900 Ribu/Bulan

RumahCom – Demi membantu memudahkan masyarakat dalam mewujudkan cita-cita memiliki tempat tinggal yang layak, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. pada bulan Februari lalu meluncurkan produk terba

Lanjutkan membacaSeptember 8, 2017

Hindari 7 Hal ini agar Pengajuan KPR Anda Tidak Ditolak

RumahCom – Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kerap membuat pemohon merasa harap-harap cemas. Pasalnya, kemungkinan untuk ditolak cukup besar jika belum memiliki pengalaman sebelumnya. Padahal p

Lanjutkan membacaSeptember 19, 2017

Tips agar Gaul Lancar, Cicilan KPR Lancar

RumahCom – Setiap minggu pasti ada salah satu teman atau kolega Anda yang suka mengajak hang out atau nongkrong bareng. Tempatnya pun beragam, ada yang mengajak makan siang di restoran kasual atau s

Lanjutkan membacaSeptember 20, 2017

Masukan