Punya Rumah Dekat Kawasan Industri yang Gersang? Agar Nyaman, Begini Caranya!

Wahyu ArdiyantoOktober 6, 2017

Dengan mengggunakan aluminium peredam panas (roof insulation), Anda dapat mengurangi beban penggunaan Air Conditioner (AC)

RumahCom – Demi mendapatkan rumah yang tak jauh dari lokasi kerja atau pusat kota, kadang Anda harus rela jika akhirnya tinggal di rumah yang dekat kawasan industri. Debu atau bisingnya lingkungan dekat rumah pun terpaksa ditelan. Belum lagi area yang biasanya gersang.

(Simak juga: Pssst! Ini Contekan Agar Rumah Minimalis Anda Tetap Rapi dan Nyaman)

Jika memang kondisinya demikian, ada beberapa trik yang bisa bikin rumah Anda jadi jauh lebih nyaman. Simak caranya berikut ini!

1. Tambahkan pohon perindang

Ini wajib dan Anda pun harus membuat halaman menjadi lebih hijau. Pasalnya sinar matahari di kawasan industri cenderung terasa lebih terik—seakan mataharinya ada tiga—sehingga pohon perindang akan membantu rumah Anda jadi tetap sejuk.

Banyaknya tanaman di halaman juga berguna untuk mengurangi polusi udara. Jika memungkinkan sebaiknya Anda juga menghijaukan area depan rumah (dekat selokan) agar semakin rindang.

2. Siram jalan depan rumah

Jika musim hujan mungkin debu akan berkurang, tapi ketika musim kemarau, tak terbayang betapa banyaknya debu di depan rumah Anda. Untuk itu pastikan jalan depan rumah tetap lembap atau agak basah.

Langkah mudahnya, siram area jalan dengan air bekas cuci mobil setiap pagi dan sore hingga debu hanyut ke selokan.

3. Gunakan kawat kasa untuk lubang angin di rumah

Jangan biarkan lubang angin untuk rumah Anda terbuka begitu saja karena memudahkan partikel debu yang kasar masuk ke dalam rumah dan berisiko menimbulkan gangguan pernapasan.

Gunakan kawat kasa untuk menghalanginya. Bersihkan kawat ini seminggu sekali karena membiarkan kawat sangat kotor justru akan memudahkan debu yang menempel di kawat masuk ke dalam rumah.

4. Simpan sepatu di dalam rumah

Jangan menggunakan sepatu masuk ke dalam rumah, copotlah di teras lalu simpan di dalam rumah dengan menempatkannya di teras belakang atau tempat penyimpanan sepatu.

Membiarkan alas kaki di teras akan membuatnya cepat kotor. Debu ini akan menempel di kaki Anda dan kami tahu Anda bukan tipe yang selalu ingin membersihkan kaki, kan?!

5. Bersihkan rumah setiap minggu

Sapu lantai setiap hari, terutama lantai teras, serta bersihkan carport minimal seminggu sekali. Lalu bersihkan rumah dengan mengelap setiap perabotan, pel lantainya, dan lap jendelanya setiap minggu. Jangan lupa untuk membersihkan kursi dan keset di teras dengan vacuum cleaner.

6. Ajak warga untuk kerja bakti

Pasti tetangga Anda akan menyetujuinya, kok. Adakan kerjasama untuk membersihkan lingkungan setiap 2-3 minggu agar bebas dari debu. Kerja bareng ini juga akan membuat Anda dan warga lainnya makin akrab. Adakan acara makan siang bersama sesudahnya.

Jika tinggal dekat kawasan industri memang jadi pilihan Anda karena dekat dengan tempat kerja, cek di sini untuk pilihan rumahnya dengan harga mulai dari Rp300 jutaan!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Melirik Bisnis Kontrakan di Kawasan Industri Karawang

RumahCom – Bisnis properti menawarkan dua jenis keuntungan yang menggiurkan. Selain keuntungan dari kenaikan harga properti yang dikenal dengan capital gain, Anda juga bisa meraup profit dari hasil

Lanjutkan membacaNovember 22, 2016

Yuk, Buat Sendiri Rak Pipa Besi ala Industrial

RumahCom – Desain interior bergaya industrial tengah menjadi tren di sejumlah restauran dan kafe yang ada di Ibukota Jakarta. Gaya Industrial ini tercipta dari sentuhan unfinished yang nampak mul

Lanjutkan membacaJanuari 29, 2017

Tips Ciptakan Ruang Makan Bergaya Industrial

RumahCom - Gaya desain interior industrial tengah diminati. Gaya industrial awalnya muncul dan populer di Eropa karena banyaknya bangunan bekas pabrik yang tak digunakan. Kemudian bangunan-bangunan te

Lanjutkan membacaApril 3, 2017

Mau Nyaman Tinggal di Apartemen Studio? Terapkan 3 Feng Shui Ini!

RumahCom – Tinggal di apartemen tipe studio memang agak membatasi ruang gerak dan kenyamanan. Menerapkan feng shui pada apartemen studio juga menjadi tantangan tersendiri. Luas ruang yang terbatas m

Lanjutkan membacaOktober 1, 2017

Masukan