Siapa Bilang #KidsJamanNow Sulit Punya Rumah?

Fathia Azkia10 Okt 2017

Jika Anda salah satu generasi milenial, lebih baik berhenti melakukan lima kebiasaan boros berikut biar kantong nggak jebol terus.

RumahCom – Anda mungkin tak asing lagi dengan tagar #KidsJamanNow. Ini adalah tagar yang dipopulerkan generasi milenial untuk menandai tingkah-tingkah mereka yang kadang mengundang gelak tawa, tetapi ada juga yang membuat hati ‘miris’.

Misalnya seperti gaya hidup mereka yang sarat akan sikap boros. Nonton bioskop, nongkrong di kedai kopi mahal, atau hangout ke restoran tematik, seolah menjadi konsumsi yang tak bisa lepas dari keseharian.

Padahal, sebagai kaum muda, menabung sejak dini apalagi sejak mulai bekerja adalah cara terbaik demi memupuk masa depan yang cerah. Syukur-syukur, baru dua tahun bekerja sudah punya rencana untuk beli rumah dari hasil keringat sendiri.

Terlebih Pemerintah sekarang ini sangat memberi kemudahan bagi kaum milenial untuk memiliki rumah. Salah satunya melalui kehadiran program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau FLPP, yang artinya #KidsJamanNow berhak membeli rumah subsidi asalkan gajinya di bawah Rp4 juta.

Baca juga: Ternyata Begini Rumah Impian Generasi Milenial

Syarat usia pelamar KPR dan KPA subsidi antara 21-45 tahun, dibuktikan dengan KTP, lalu sudah memiliki NPWP, slip gaji, surat keterangan kerja minimal 2 tahun, fotokopi rekening serta rekening koran jika gaji ditransfer. Selain itu, Anda juga tidak boleh memiliki kredit atau cicilan yang macet.

Program ini dikhususkan bagi masyarakat menengah ke bawah yang sama sekali belum pernah memiliki rumah pribadi. Sehingga bantuan Pemerintah berupa subsidi bunga KPR 5 persen per tahun selama periode 15-20 tahun bisa tepat sasaran.

Banyak Alternatif Lainnya

Lalu bagaimana bila #KidsJamanNow ingin punya rumah tapi penghasilannya lebih dari Rp4 juta? Tenang! Ada solusi yang dihadirkan BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk mendapatkan fasilitas Manfaat Layanan Tambahan (MLT) yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan, kaum milenial harus memenuhi beberapa syarat diantaranya:

  1. Telah terdaftar aktif sebagai peserta BPJS manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) minimal selama 1 tahun.
  2. Perusahaan tempat bekerja tertib administrasi dan iuran serta tidak berstatus Perusahaan Daftar Sebagian (PDS) upah maupun tenaga kerja.
  3. Belum memiliki rumah sendiri.
  4. Peserta yang mengajukan pinjaman telah lolos verifikasi kredit dari bank penyalur yang bekerjasama.
  5. Dan harga rumah atau apartemen yang diinginkan tidak lebih dari Rp500 juta.

(Lihat: Pilihan Rumah Rp400 Jutaan Bagi Peserta BPJS-TK)

Bagi kaum milenial yang tertarik dan merasa telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan, berikut tahap demi tahap yang perlu dilakukan.

  1. Peserta mengajukan fasilitas KPR, PUMP atau PRP ke bank kerjasama (saat ini masih BTN), dengan menyertakan copy bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.
  2. Bank kerjasama akan melakukan verifikasi dan BI Checking. Pastikan Anda tidak masuk ke dalam blacklist BI agar permohonan kredit bisa disetujui.
  3. Setelah melewati verifikasi awal, bank kerjasama akan melanjutkan permohonan kredit tersebut ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan untuk dilakukan verifikasi kepesertaan.
  4. Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan akan mengirim formulir persetujuan kepada bank kerjasama untuk kemudian diproses/ditolak, sesuai dengan hasil verifikasi kepesertaan yang akan dikonfirmasikan oleh bank kerjasama kepada peserta yang mengajukan kredit.

Kemudahan-kemudahan ini tentunya tidak bisa didapat di 10 tahun yang lalu. Di mana untuk membeli rumah, kaum milenial harus menyiapkan uang muka yang cukup besar yakni 30% dari harga jualnya.

Jadi, siapa bilang #KidsJamanNow susah punya rumah? Segera atur strategi keuangan Anda dan temukan pilihan rumahnya mulai Rp200 jutaan di www.rumah.com/perumahan-baru.

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Mau Punya Rumah di Usia Muda? Simak Caranya!

RumahCom – Gaya hidup mewah dan hobi bepergian yang lekat pada sebagian besar generasi milenial membuat mereka harus ekstra cermat dalam mengelola keuangan. Pasalnya, meski berpeluang memiliki penda

Lanjutkan membaca30 Jul 2017

Stop Beli 5 Barang ini Jika Ingin Punya Rumah!

RumahCom – Bagi sebagian orang, punya rumah sendiri adalah salah satu impian terbesar dalam hidup. Boro-boro ditabung buat DP rumah, pendapatan bulanan seringkali habis hanya untuk memenuhi kebutuha

Lanjutkan membaca3 Agu 2017

Ini Daftar Pilihan Hunian untuk Gaji 5 Jutaan

RumahCom – Pembelian rumah dengan metode KPR atau kredit pemilikan rumah nampaknya terus meningkat trennya. Pasalnya dengan gaji pas-pasan Anda bisa menempati rumah siap huni sembari menyicil biaya

Lanjutkan membaca22 Sep 2017

Mau Punya Rusun di Dekat Stasiun Pondok Cina? Ini Harganya!

RumahCom - Pemerintah terus berusaha menyediakan hunian yang terjangkau untuk masyarakatnya. Yang terbaru adalah proyek Rumah Susun Hak Milik (Rusunami) di dekat stasiun commuter line area Jakarta, Bo

Lanjutkan membaca8 Okt 2017

Jangan Gengsi Beli Rumah Subsidi. Ini 5 Kelebihannya!

RumahCom – Tentu Anda pernah mendengar program rumah bersubsidi yang dicanangkan oleh pemerintah. Program ini memberikan kesempatan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memperoleh kre

Lanjutkan membaca10 Okt 2017

Masukan