Jangan Abaikan Desain Area Pintu Masuk Hunian

Wahyu ArdiyantoOktober 15, 2017

Area pintu masuk sebuah memiliki fungsi penting

RumahCom – Area pintu masuk sebuah hunian memiliki fungsi penting. Tak hanya sebagai akses keluar-masuk orang, tetapi juga untuk memperkenalkan rumah kepada tamu. Area di sekitar pintu masuk sudah semestinya bisa menjadi area yang mewakili seluruh suasana di dalam hunian. 

(Baca juga: Pilih Warna Pintu Depan Jangan Sembarangan!)

Tak peduli apapun jenis huniannya, rumah bergaya modern, rumah minimalis, atau apartemen, area pintu masuknya tetap harus mendapat perhatian khusus. Dan berikut beberapa inspirasi desain area pintu masuk rumah yang efektif dan fungsional.

Wallpaper sebagai Penolong

Area pintu masuk sering kali diabaikan dalam rencana desain ruang. Alasannya, sempitnya ruang seringkali menjadi kendala utama yang menyulitkan saat mendekorasi.

Jika tak mau repot, cara paling sederhana dan tepat ialah dengan mendekorasi dinding di sekitar area pintu masuk dengan wallpaper. Pilih motif dan warna wallpaper sesuai dengan tema keseluruhan ruang.

Contoh, jika hunian Anda bertema tropikal, Anda dapat menyematkan wallpaper dengan motif dedaunan, binatang, atau buah-buahan dengan warna yang fresh. Setelah menentukan wallpaper, selanjutnya Anda akan lebih mudah menambahkan aksesori lain di area ini.

Tone Putih

Warna putih selalu ampuh memunculkan kesan ruang yang modern, elegan, dan simple. Warna ini akan menjadi paduan yang tepat untuk dinding, furnitur, serta aksesoris rumah guna menciptakan area pintu masuk yang menarik. 

Warna putih juga sempurna untuk memantulkan cahaya yang umumnya akan memberikan efek cerah dan sejuk pada hunian Anda. Selipkan aksen yang kontras untuk menonjolkan warna putih di area sekitar pintu masuk.

Mengangkat Ciri Khas

Area pintu masuk hunian harus bisa mewakili keseluruhan ruang dalam hunian. Untuk menggambarkan hal itu, Anda memerlukan dekorasi detil dengan cara menyatukan beberapa ciri khas rumah dan saling menghubungkannya di dalam konsep yang sederhana dan intim. 

Contoh, jika rumah Anda bertema tradisional, Anda dapat menyematkan lemari kayu atau hiasan dinding tradisional dari bahan tembikar, dan sebagainya. Dengan begitu terlihat ciri khas rumah.   

Pertimbangkan Cahaya dan Material

Cahaya merupakan elemen kunci pada hunian manapun, terutama di area pintu masuk. Pada area ini sering kali tidak terdapat jendela sebagai sumber cahaya alami. Karena itu sebagai pengganti, Anda harus bisa menciptakan cahaya pengganti yang tepat.

Penerangan yang baik dapat menghidupi dan melengkapi area pintu masuk. Anda juga dapat menambahkan material geometris atau ornamen tenun pada lantai.

Jadi apapun jenis huniannya, penting untuk menata area pintu masuknya. Cek di sini untuk ragam pilihan hunian dengan harga mulai dari Rp500 jutaan!

Dian Probowati

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Perhatikan Ini Saat Gunakan Pintu Geser Kaca

RumahCom - Pintu geser atau sliding door kini semakin diminati terutama untuk rumah modern minimalis. Pasalnya pintu geser bisa menjadi alternatif dekorasi yang akan membuat ruangan menjadi lebih lapa

Lanjutkan membacaMei 9, 2017

Panduan Tepat Pilih Pintu Rumah Minimalis

RumahCom - Jika Anda penggemar rumah minimalis, tentunya wajib memilih pintu yang tepat sebagai elemen penting keamanan rumah Anda. Namun, jika rumahnya modern dan minimalis, tentunya lebih baik ji

Lanjutkan membacaJuni 2, 2017

Warna Cat Pintu yang Benar Sesuai FengShui

RumahCom – Bagaimana Anda memilih warna cat untuk pintu masuk utama ke rumah? Lebih berdasarkan selera atau menyesuaikannya dengan warna dinding atau desain rumah? Ternyata menurut feng shui ada atu

Lanjutkan membacaJuni 11, 2017

Dekorasi Pintu Unik Agar Rumah Lebih Nyentrik

RumahCom - Pintu rumah merupakan elemen penting dalam hunian. Letaknya yang berada di depan membentuk kesan pertama sebelum memasuki hunian. Karena itu, mendekorasi pintu rumah agar terlihat lain d

Lanjutkan membacaJuni 23, 2017

Masukan