Ide Rancang Playroom untuk Buah Hati di Rumah

Fathia AzkiaOktober 16, 2017

RumahCom – Memiliki ruang bermain atau playroom di rumah adalah salah satu hal penting yang harus disiapkan orangtua yang memiliki anak balita. Ruang bermain yang dirancang secara baik bisa merangsang tumbuh kembang anak secara maksimal.

Kendati demikian, masih banyak orang tua yang bingung mendesain playroom yang praktis dan fungsional di tengah ukuran rumah yang terbatas. Melalui ulasan ini, Rumah.com akan membagikan tips dan ide mendesain playroom yang kreatif dan fungsional di rumah.

  1. Manfaatkan area sisa

Mungkin awalnya Anda berpikir bahwa playroom harus didesain di sebuah ruang kosong. Padahal playroom yang ada di ruang terbuka akan memudahkan orang tua mengawasi gerak gerik si kecil.

Coba temukan area sisa yang ada di rumah Anda. Misalnya sudut ruang tamu atau area kosong di bawah tangga. Tata rapi perabot dan mainan si kecil supaya ia merasa nyaman bermain disana.

ruang bermain anak-1

  1. Memilih perabot fungsional

Seiring dengan bertambahnya usia, si kecil akan tumbuh besar dan membutuhkan perabot yang mendukung “pertumbuhannya”. Daripada membeli sofa kecil berulang kali, lebih baik Anda berinvestasi pada bean bag atau sofa bantal yang nyaman diduduki semua usia.

Sementara itu, hindari membeli perabot dengan karakter animasi sebab selera anak akan cepat berubah. Pilihlah perabot polos dengan warna-warni cerah atau pastel.

Baca juga: Tips Sederhana Agar Anak Menyukai Rumahnya

  1. Memajang buku agar tampil menarik

Era digital memberi tantangan orangtua untuk melatih anak-anaknya senang membaca buku. Dengan membiasakan anak membaca buku sejak dini, diharapkan mereka bisa menjadi pribadi yang gemar membaca. Salah satu caranya adalah dengan membuat display rak buku yang menarik.

Tata buku di lokasi yang mudah dijangkau dan terlihat menarik untuk diambil. Anda bisa membuat etalase buku dan menambah pajangan boneka seperti contoh di atas.

ruang bermain anak-3

Simak juga: Lima Rumah Dekat dengan Taman Kota di Pinggir Jakarta

  1. Siapkan furnitur esensial

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan si kecil di ruang bermainnya. Mulai dari menyusun puzzle, bermain games, membuat kerajinan tangan dan mengerjakan PR. Untuk itu, siapkan furnitur yang bisa mendukung aktivitas dan menyimpan semua peralatannya.

Yang pertama adalah rak berongga yang diisi kontainer atau laci tertutup berukuran rendah. Kemudian satu set meja dan kursi kecil, dan terakhir pelapis lantai yang hangat seperti karpet.

Saksikan video tips menata ruang minimalis:

  1. Membagi area sesuai aktivitas

Ruang keluarga di atas bisa dibuat menjadi area playroom yang fungsional. Kehadiran sofa empuk dan karpetnya bisa digunakan untuk tempat berkumpul anggota keluarga. Di salah satu dinding terdapat papan tulis untuk latihan menulis si kecil.

Rak di samping sofa yang digunakan menyimpan mainan, kemudian meja belajar yang sengaja diletakkan di sisi kanan ruangan. Dengan menata perabot di area yang berbeda maka si kecil akan terlatih melakukan aktivitas secara teratur dan disiplin.

Mengajak anak bermain di halaman depan atau belakang rumah juga bisa jadi pilihan jika memang ia terlihat mulai bosan di dalam. Dan untuk hunian dengan fasilitas taman bermain dengan harga di bawah Rp500 juta, cek pilihannya di sini! 

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Memelihara Hewan di Rumah Mungil? Ini Tipsnya!

RumahCom - Saat Anda masih lajang dan tinggal sendirian, mau tak hanya hanya bisa mengisi sepi di rumah dengan memelihara hewan. Sebagai teman, sangat disarankan Anda memilih hewan yang bisa berint

Lanjutkan membacaApril 24, 2017

Saatnya Stop Mengunjungi Arena Bermain Anak di Mall!

RumahCom – Sering mengajak anak-anak Anda bermain ke arena permainan anak di mall? Jika Anda memiliki ruang sisa sekitar beberapa meter persegi di rumah, buat saja sendiri! Selain bisa menjadi ruang

Lanjutkan membacaJuli 5, 2017

Trik Bercinta Saat Sekamar dengan Anak

RumahCom - Menurut American Academy of Pediatrics, anak memang sebaiknya memiliki kamar sendiri yang terpisah dari orang tua. Selain melatih si kecil menjadi pribadi yang mandiri, tidur sendiri juga m

Lanjutkan membacaJuli 28, 2017

Panduan Renovasi Kamar Anak Hemat Biaya

RumahCom – Anak cenderung cepat bosan dengan suasana yang itu-itu saja. Mereka selalu butuh hal baru untuk mengembangkan kreativitasnya, termasuk renovasi kamar.Jika dekorasi kamarnya belum berubah

Lanjutkan membacaAgustus 15, 2017

Cara Ini Bikin Anak Betah di Rumah

RumahCom – Anak cepat sekali merasa bosan, sekalipun saat berada di rumahnya sendiri. Sering kali anak malah lebih senang bermain dan menghabiskan waktu di luar. Jika anak Anda juga demikian, artiny

Lanjutkan membacaOktober 3, 2017

Masukan