Begini Cara Mengatur Pengeluaran Harian Biar Bisa DP Rumah

Wahyu ArdiyantoOktober 16, 2017

banyaknya pengeluaran harian bikin tabungan DP susah terkumpul

RumahCom – Salah satu penyebab kita belum juga berhasil menabung DP untuk kredit rumah adalah banyaknya pengeluaran harian, atau lebih tepatnya mungkin bisa jadi karena kita yang memang salah mengatur jumlah pengeluarannya.

(Baca juga: Yuk, Kontrol Pengeluaran Agar Tak Lagi Tinggal di Rumah Sewa)

Bagi kita pengeluaran harian tentu saja merupakan kewajiban yang tidak mungkin dikurangi atau dibatasi. Padahal, jika kita bisa mengatur pengeluaran seperti ini, kemungkinan kita malah makin cepat mengumpulkan uang untuk DP rumah.

Dan hal berikut ini mungkin bisa Anda coba agar rumah impian bisa segera jadi kenyataan.

1. Gunakan transportasi publik

Menggunakan transportasi umum jauh lebih hemat dibandingkan membawa kendaraan sendiri—kecuali jika Anda menggunakan motor, tapi jika jarak rumah dan kantor sangat jauh, tidak mungkin pakai motor, kan?!

Jadi untuk sementara, berkorbanlah dengan lebih memilih transportasi umum. Konsekuensinya Anda harus berangkat lebih pagi agar tidak rebutan dengan penumpang lainnya. Sebagai gantinya, uang bensin dapat dikumpulkan untuk tambahkan tabungan.

2. Sharing transportasi

Bila lebih suka menggunakan taksi online, pilih yang bisa untuk sharing, sehingga Anda tidak perlu membayar mahal untuk sampai ke lokasi tujuan. Rajin-rajin juga meihat notifikasi di akun Anda, karena biasanya tak sedikit taksi online yang memberikan promo.

Nah, sisa uang yang tadinya Anda alokasikan untuk transport, dapat Anda kumpulkan dan simpan dalam deposito atau reksa dana.

3. Bawa bekal

Seberapa besar pengeluaran Anda untuk makan siang? Biasanya, sih, lebih dari Rp 20.000 untuk satu kali makan, kan?! Bila Anda membawa bekal dari rumah, uang jajan Anda bisa dikumpulkan untuk tambahan tabungan Anda, tuh!

Saksikan video 5 Kebiasaan yang Bikin Sulit Punya Rumah

4. Olahraga sendiri

Kalau memang tidak rajin-rajin banget, Anda belum perlu buat bergabung sebagai member gym. Selain pengeluaran bulanannya lumayan besar, ongkos dari lokasi kerja atau dari rumah menuju gym tentunya besar.

Lakukan olahraga murah yang dapat dilakukan sendiri, misalnya lari setiap akhir pekan di car free day, atau dekat perumahan Anda.

5. Kurangi hangout

Inilah pengeluaran terbesar Anda. Misal, jika setiap weekend Anda hangout dengan teman, tentunya sekali makan di kafe atau resto harus mengeluarkan Rp100 ribu untuk satu kali makan.

Anda bisa ganti kebiasaan nongkrong di mall dengan potluck di rumah. Setiap orang yang datang wajib membawa makanan yang akan dinikmati bersama.

Cara seperti dijamin membuat pundi-pundi tabungan Anda semakin banyak lebih cepat. Dan untuk pilihan perumahan dengan harga mulai dari Rp300 jutaan cek aneka pilihannya di sini!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Membangun Rumah, Pilih Sistem Harian atau Borongan?

RumahCom – Membangun rumah sendiri memang memiliki kepuasan tersendiri jika dibanding dengan membeli rumah jadi dari developer. Namun, untuk itu Anda harus mengeluarkan waktu, tenaga, dan fikiran ek

Lanjutkan membacaJuli 21, 2014

Ingin Tabungan DP Rumah Cepat Terkumpul? Kurangi Pengeluaran Ini!

RumahCom - Semua orang pasti ingin memiliki rumah. Banyak yang menginginkannya untuk tempat tinggal, sementara yang sudah punya tempat tinggal, menginginkannnya untuk investasi. Masalahnya, jika ti

Lanjutkan membacaMaret 6, 2017

Repot Membersihkan Rumah? Contek Jadwal Harian Ini!

RumahCom – Tugas bersih-bersih rumah tentunya merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik rumah. Selain membuat rumah tampak rapi dan nyaman, kebersihan juga merupakan pangkal kesehatan. A

Lanjutkan membacaApril 1, 2017

500 Perak pun Bisa Jadi DP Rumah!

RumahCom – Asal ada niat, pasti ada jalan. Kutipan ini layaknya cocok dilayangkan bagi mereka yang hendak menabung uang muka untuk membeli rumah. Memang, dalam perjalanannya pasti batu sandungan dat

Lanjutkan membacaOktober 5, 2017

Masukan