Begini Cara Menghemat Pengeluaran di Musim Hujan

Boy LeonardOktober 19, 2017

musim hujan sebentar lagi tiba

RumahCom – Meski agak terlambat, musim hujan akhirnya tiba. Hujan terjadi merata di seluruh kota di Indonesia.

Tak jarang, rumah yang sepintas terlihat tidak ada masalah tiba-tiba mengalami bocor atau rembes. Penyebabnya beragam, mulai dari saluran air yang mampet akibat daun, ranting, dan sampah lain, hingga genteng yang bocor.

Di saat musim hujan tak jarang banyak yang membutuhkan renovasi rumah dadakan dikarenakan atap yang bocor.

Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan saat musim hujan akan lebih boros dibandingkan musim biasa karena biaya perbaikan rumah. Tapi untuk keperluan saja akan seperti biasa tergantung dari seseorang membelanjakan uangnya.

(Simak juga: Tips Atasi Rembes Saat Musim Hujan)

“Dibilang boros iya karena kan nanti renovasi rumah biayanya lebih tinggi dari belanja bulanan. Apalagi rjika umahnya sudah lama,” ungkapnya.

Meski demikian, ada cara untuk  mengurangi pengeluaran di pos lain, seperti berikut ini:

Hemat penggunaan pendingin udara

Udara di musim hujan akan lebih sejuk dibandingkan saat musim kemarau. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi penggunaan AC. Jika biasanya Anda menyalakan AC hingga 5 jam di malam hari, cukup nyalakan 2 jam saja, terutama menjelang pagi hari karena suhu pagi hari sudah cukup sejuk.

Perbaiki sendiri

Masalah ringan seputar bocor atau rembes tidak serta merta harus memanggil tukang. Anda bisa melakukan pengecekan awal sendiri. Jika masalahnya hanya kotoran yang menumpuk, melapiskan kembali lapisan anti air, atau mengganti genteng yang retak, Anda bisa melakukannya sendiri.

Nikmati suasana hujan di rumah

Khususnya di kota besar, hujan identik dengan macet. Daripada harus memaksakan diri menghabiskan hari libur dengan bermacetan di jalan menuju mal, membuang uang untuk konsumsi bensin berlebih, lebih baik gunakan waktu luang ini untuk bercengkerama di rumah. Udara yang sejuk bisa menambah kenyamanan kebersamaan Anda.

Untuk konsumsi, manfaatkan saja jasa pesan makanan online.

Namun, jika memang kondisi rumah sudah cukup tua dan Anda merasa sudah waktunya untuk pindah ke rumah baru, lihat pilihan rumah dengan harga di bawah Rp700 jutaan di sini!

Agregasi Okezone

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sambut Musim Hujan, Perhatikan Instalasi Listrik Rumah Anda

RumahCom – Musim hujan sebentar lau akan datang. Ada baiknya Anda melakukan tindakan antisipasi, seperti memperbaiki atap rumah atau instalasi listrik di rumah Anda. Hubungan pendek arus listrik

Lanjutkan membacaNovember 4, 2014

Begini Cara Lindungi Rumah di Musim Hujan

RumahCom – Hujan lebat yang disertai petir belakangan ini makin sering terjadi. Menurut Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan lebat dengan curah yang tinggi tersebut disebabkan

Lanjutkan membacaSeptember 26, 2016

4 Tips Atasi Hawa Panas di Dalam Rumah

RumahCom - Indonesia memiliki musim panas yang terik. Saat musim panas udara di sekitar dan di dalam rumah cenderung ikut panas. Menurut seorang pakar Tri Harso Karyono, umumnya jika suhu udara di

Lanjutkan membacaDesember 29, 2016

Masukan