Bukan Hanya Pasangan, 3 Benda di Kamar Mandi Juga Butuh Perhatian

Wahyu ArdiyantoOktober 24, 2017

Membersihkan Wastafel, Bak Air, dan Toilet Kamar Mandi

RumahCom – Anda mungkin cukup rajin memberikan perhatian kepada pasangan. Mulai dari menanyakan kabarnya ketika di kantor hingga mengingatkannya saat waktunya makan siang atau untuk selalu menjaga kesehatannya.

(Baca juga: Aroma Toilet Tidak Sedap? Ini Tipsnya!)

Anda mungkin juga rajin membersihkan kamar mandi, seperti menyikat bagian lantai dan dindingnya. Namun sama seperti pasangan, kamar mandi juga butuh perhatian lebih, baik pada rumah yang baru dibeli atau rumah lama.

Ada tiga bagian dari kamar mandi yang butuh perhatian Anda; toilet, wastafel, dan bak mandi. Cara menangani ketiganya pun berbeda. Simak tipsnya.

1. Membersihkan wastafel

  • Pindahkan seluruh benda yang ada di wastafel, masukkan ke dalam wadah bersih.
  • Tutup wastafel dengan penyumbat karetnya lalu isi wastafel dengan air hangat untuk melepaskan kotoran yang melekat.
  • Kosongkan kembali lalu tambahkan produk pembersih porselen, atau boleh juga menggunakan cuka atau baking soda untuk mengangkat kerak yang ada di permukaan wastafel.
  • Gosok wastafel dengan kain microfiber atau dengan spons hingga seluruh keraknya terangkat. Baking soda tak hanya membantu mengangkat kerak tapi juga menghilangkan aroma amis dari wastafel.
  • Bilas wastafel hingga bersih.

2. Membersihkan toilet atau kloset

  • Siapkan sikat toilet—biasanya bulu sikatnya lebih lembut dibandingkan sikat lantai—sarung tangan karet, dan pembersih desinfektan.
  • Tuang produk pembersih toilet di pinggiran dalam mangkuk toilet. Biarkan sebentar selama 20 detik.
  • Gosok bagian dalam mangkuk toilet dengan sikat toilet. Atau jika memang tidak dianjurkan menggunakan sikat—tanda ini tertulis pada dinding toilet—Anda bisa menggunakan spons. Jangan lupa ikuti petunjuk di kemasan pembersih toilet. Misalnya, untuk noda yang membandel harus didiamkan selama beberapa menit.
  • Bilas dengan air dan pastikan toilet sudah kembali bersih. Jika masih ada noda, Anda bisa mengulangi pembersihannya lagi.
  • Sebaiknya hindari mencampur pembersih toilet dengan karbol, pasalnya karbol akan membunuh bakteri di dalam toilet yang fungsinya membusukkan kotoran di dalam septic tank.
  • Gunakan cairan desinfektan untuk mengelap permukaan luar toilet, seperti dudukannya, pinggiran tutupnya, serta leher di bawah toilet.

3. Membersihkan bak mandi

  • Bedakan spons untuk wastafel, bak mandi, dan toilet. Jangan campur ketiganya dan agar Anda tidak lupa, simpan dalam wadah yang berbeda.
  • Bersihkan bak mandi dengan pembersih khusus untuk porselen menggunakan spons. Lalu bilas dengan air bersih.
  • Bersihkan pula saluran airnya dan pastikan tidak ada kebocoran. Kebocoran pada bak mandi berisiko membuat boros penggunaan air.
  • Jika memang air Anda cukup bersih sehingga tidak lagi perlu disaring, jangan tambahkan saringan pada keran air Anda. Kran yang ditempelkan penyaring membuat suara air menjadi teredam. Akibatnya, Anda jadi lupa saat tengah menyalakan keran dan membuat air terbuang semakin banyak.
  • Jika menggunakan penyaring keran, bersihkan pula penyaringnya, karena ada kemungkinan cacing atau tanah ikut di dalam saringan tersebut.

Menjaga kebersihan kamar mandi tentu saja penting. Bahkan untuk menilai kebersihan seluruh ruangan di sebuah rumah, cukup menilainya dari kamar mandinya. Cek di sini untuk pilihan rumah dengan kamar mandi yang baik mulai harga Rp500 jutaan!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Dilarang Keras Lakukan 6 Hal ini di Kamar Mandi!

RumahCom - Kamar mandi sudah seharusnya menjadi salah satu tempat yang nyaman pada sebuah hunian. Sebab, selain untuk tempat membersihkan diri, kamar mandi juga bisa menjadi tempat alternatif untuk be

Lanjutkan membacaJuli 24, 2017

Jangan Remehkan Jamur di Kamar Mandi. Apalagi yang Hitam!

RumahCom – Kamar mandi yang bersih dan segar tidak hanya nyaman untuk membersihkan diri, namun juga berpengaruh terhadap kesehatan keluarga. Namun apabila kamar mandi tidak mendapat ventilasi dan al

Lanjutkan membacaAgustus 4, 2017

Biar Sederhana yang Penting Mandiri Dulu. Ini 4 Trik Cepat Punya Rumah Bagi Pengantin Baru

RumahCom – Setelah menggelar acara resepsi pernikahan dan melewati minggu pertama bulan madu, berarti saatnya bagi Anda dan pasangan untuk segera menghadapi kenyataan hidup dengan membuat target, me

Lanjutkan membacaSeptember 10, 2017

Cara Ini Bikin Kamar Mandi Bersih Maksimal

RumahCom – Area kamar mandi merupakan salah satu area yang paling banyak dihinggapi bakteri. Namun sayangnya area ini pula yang paling sering dilupakan untuk dibersihkan. Banyak orang terlalu malas

Lanjutkan membacaOktober 3, 2017

Masukan