6 Tips Menata Kamar Tidur Mungil Pada Rumah Minimalis

Wahyu ArdiyantoOktober 24, 2017

menata kamar tidur rumah minimalis

RumahCom – Memiliki rumah modern minimalis yang biasanya berukuran mungil tentunya tidak bisa berharap punya kamar tidur yang superbesar dan lapang. Sesuai luas rumahnya, kamar tidur pun juga sempit dan mungil, asalkan bisa menampung ranjang dan satu lemari pakaian.

(Baca juga: Tips Menata Rumah Minimalis Agar Nyaman dan Harmonis)

Namun, meski kamar tidur Anda sempit bukan berarti harus dibiarkan polos tanpa ada penataan yang oke. Dan agar Anda tetap nyaman dan tidak bosan dengan kamar Anda, kini waktunya menata ulang kamar tidur sempit itu.

1. Penempatan ranjang proporsional

Setidaknya peletakan ranjang menyisakan jarak 60-70 cm antara kedua sisi ranjang dan dinding di sebelahnya sehingga Anda bisa meletakkan meja kecil di sisi ranjang.

Jika memang luas kamar Anda tidak memungkinkan untuk menyisakan jarak tersebut, posisikan salah satu sisi ranjang untuk menempel pada dinding.

2. Hias dinding

Kamar tidur yang sempit tak harus membiarkan dindingnya polos atau kosong. Gunakan dinding sebagai daya tarik kamar Anda, misalnya salah satu sisi dinding dicat dengan warna yang berbeda atau menggunakan wallpaper bergambar pohon atau hias dengan lukisan atau foto.

Jangan biarkan dinding polos tanpa dekorasi karena akan memberikan kesan monoton.

3. Manfaatkan dinding sebagai ruang menyimpan

Jangan lagi menambah lemari lagi untuk menyimpan tas atau buku Anda. Gunakan dinding sebagai tempat untuk menempelkan rak lalu letakkan buku, serta barang kecil lainnya agar tidak berserakan di kamar Anda.

Saksikan tips menata hunian yang instagrammable lewat video ini:

4. Furnitur multifungsi

Jangan hanya puas dengan satu fungsi furnitur. Pastikan setiap furnitur memiliki fungsi lebih dari satu. Misalnya bagian bawah ranjang terdapat laci untuk menyimpan seprai, selimut, atau barang lainnya.

Selain itu ada pula meja serta kursi rias yang memiliki laci di bagian bawahnya. Sofa pun ada yang menyediakan tempat penyimpan di bagian bawahnya.

5. Atur penerangan

Lampu dinding akan lebih menghemat tempat dibandingkan lampu meja yang membutuhkan alas. Selain itu pilih cahaya lampu yang kekuningan untuk membuat suasana lebih hangat dan nyaman.

Pencahayaan lampu dari bawah akan memberikan kesan plafon lebih tinggi dibandingkan selalu menggunakan lampu dari atas.

6. Lemari geser

Memilih pintu lemari yang digeser akan lebih menghemat lahan kamar dibandingkan menggunakan lemari dengan pintu yang dibuka ke arah luar—berisiko membuat pintu menabrak ranjang Anda. Lemari yang menempel di dalam tembok pun bisa jadi pilihan.

Enam langkah di atas dijamin akan bikin kamar tidur mungil di rumah minimalis Anda jadi lebih nyaman dan sedap dipandang. Cek di sini untuk pilihan perumahan bergaya modern minimalis dengan harga di bawah Rp1 miliar!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

5 Perabotan Hemat Ruangan untuk Rumah Mungil

RumahCom – Jika rumah Anda berukuran mungil atau bergaya minimalis, tentunya Anda harus mengatur perabotan dengan sangat efisien agar nantinya tidak membuat rumah makin terasa sempit.(Baca juga: Tip

Lanjutkan membacaSeptember 22, 2017

5 Cara agar Nyaman Tinggal di Apartemen Mungil

RumahCom – Hari gini mencari apartemen berukuran luas memang sulit. Kalaupun ada, sudah pasti harganya selangit. Bahkan saat ini ukuran luas standar apartemen pun cenderung mungil. Maklum harga tana

Lanjutkan membacaSeptember 25, 2017

Ide Dekorasi Apartemen Mungil untuk Arisan

RumahCom – Namanya juga berteman sejak lama, tidak heran jika atas nama menjaga silaturahmi Anda dan sahabat-sahabat dekat bikin klub arisan. Jika tadinya arisan diadakan di mall, namun dengan berba

Lanjutkan membacaOktober 9, 2017

Menata Ruang Keluarga yang Sempit Agar Ideal untuk Bersantai

RumahCom – Punya rumah minimalis berarti harus siap menerima kondisi rumah yang tak terlalu besar. Dan salah satu yang harus dikorbankan biasanya adalah ruang keluarga yang tak terlalu luas.(Baca ju

Lanjutkan membacaOktober 17, 2017

Masukan