Tips Agen: Menyeleksi Calon Pembeli Potensial

Fathia AzkiaOktober 25, 2017

RumahCom – Sebagai broker properti, Anda harus jeli membedakan antara calon pembeli prospektif dan yang tidak. Pasalnya Anda tidak akan bisa menawarkan properti kepada mereka yang memang belum berniat membeli.

Menyeleksi calon pembeli potensial juga harus dilakukan sedini mungkin. Dengan begitu Anda bisa berhemat lebih banyak waktu dan lebih produktif.

Sebenarnya hanya ada dua atau tiga pembeli potensial per minggu untuk Anda temui dan prospek demi mencapai target penjualan. Langkah yang harus dilakukan sederhana, cukup membuat sistem seleksi dengan mengajukan serangkaian pertanyaan untuk mengetahui keseriusan calon pembeli.

Tips Agen: Cara Tawarkan Hunian untuk Klien Jarak Jauh

Berikut ini sembilan pertanyaan dasar yang perlu Anda tanyakan setiap bertemu dengan calon pembeli potensial.

  1. Mengapa mereka berencana pindah hunian?
  2. Kapan waktu pasti pindah ke hunian baru?
  3. Area atau lokasi mana yang mereka pilih untuk pindah?
  4. Apakah mereka pernah melakukan survei hunian sebelumnya?
  5. Apakah mereka pernah menawar harga sebuah properti sebelumnya?
  6. Metode pembayaran apa yang mereka pilih, tunai atau kredit?
  7. Pernahkah mereka mendapat persetujuan kredit dari bank sebelumnya?
  8. Apakah ini menjadi rumah pertama, kedua atau ketiga yang mereka ingin beli?
  9. Bisakah Anda datang dan melihat tempat tinggal mereka saat ini?

Serangkaian pertanyaan tersebut akan menjelaskan segala yang perlu diketahui tentang pembeli prospektif. Anda akan paham mengapa mereka ingin menjual rumah maupun membeli rumah baru.

Lantas cari tahu kira-kira kapan mereka akan pindah ke rumah baru. Anda juga punya gambaran lokasi spesifik yang mereka cari, atau gaya hidup yang mereka jalani.

Baca juga: Apartemen Rp300 Juta Ini Cocok Jadi Rumah Pertama Kaum Milenial

Dengan mengetahui lebih rinci mengenai hal tersebut maka Anda bisa membantu mencari properti yang sesuai. Anda juga bisa memprediksi kira-kira kapan mereka akan closing dan melakukan serah terima properti.

Apabila sebelumnya mereka pernah melakukan riset properti seperti menyimak Review Properti di Rumah.com, Anda bisa tahu sejauh mana usaha yang mereka lakukan dan Anda bisa memberi saran efektif.

Mau menjadi agen profesional? Gunakan aplikasi ini:

Terakhir, mengetahui kondisi keuangan calon klien sangat penting. Untuk memastikan, Anda bahkan bisa meminta rekomendasi dari lembaga perbankan demi informasi yang satu ini. Jika mereka mencari rumah rumah kedua, bisa jadi mereka adalah seorang investor yang senang membeli dan menjual kembali unit propertinya.

Dari kesembilan pertanyaan sederhana tersebut, Anda akan mendapat jawaban dan pandangan yang jelas dari setiap klien.

Semoga hal tersebut bisa membantu Anda untuk menyeleksi calon pembeli dengan lebih cepat. Informasi tersebut juga bisa membantu Anda memberi bantuan dan konsultasi yang tepat sasaran. 

Tengah mencari perumahan di kisaran harga Rp500 jutaan untuk klien potensial Anda? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini!

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Aplikasi Ini Wajib Ada di Smartphone Agen Properti

RumahCom – Kegiatan broker properti sehari-hari sangat lekat dengan kesibukan dan mobilitas yang tinggi. Untuk mencapai target penjualan di tengah waktu yang padat tersebut, mereka harus mampu meman

Lanjutkan membacaDesember 2, 2016

Baru Jadi Agen Properti? Ini Tips Jitu Dapatkan Referral

RumahCom – Banyak orang yang mulai terbuka mempercayakan tugas transaksi jual beli rumahnya kepada agen properti. Profesi ini semakin populer dan membuka peluang bisnis yang menjanjikan. Profesi

Lanjutkan membacaJanuari 23, 2017

Tips Agen: Cara Efektif Mengembangkan Networking

RumahCom – Profesi broker properti yang lekat dengan komunikasi, jaringan yang luas merupakan modal awal yang penting untuk di miliki. Dari jaringan yang bagus, khususnya di tengah industri prope

Lanjutkan membacaJanuari 27, 2017

Tips Agen: Jurus Sukses Saat Open House

RumahCom – Open house atau survei bangunan dan lokasi properti, seperti rumah maupun apartemen, adalah tahap  terpenting dalam menentukan terjual atau tidaknya sebuah rumah.(Baca juga: 5 Tips untuk

Lanjutkan membacaSeptember 18, 2017

Tips Agen: Harus Jago Main Sosmed

RumahCom – Meningkatnya jumlah pengguna internet membuka peluang baru untuk agen memasarkan properti yang dimilikinya.Selain memasarkan properti via aplikasi percakapan seperti WhatsApp dan BBM (Bla

Lanjutkan membacaOktober 18, 2017

Masukan