Tersandung Masalah Izin, Bagaimana Perkembangan Meikarta?

Fathia AzkiaOktober 26, 2017

RumahCom – Potensi properti di kawasan industri kian menarik. Mengingat saat ini 60% ekonomi nasional Indonesia berada di kawasan Jakarta-Botabek-Bandung, di mana 70%-nya berada di pusat Bekasi-Cikarang dengan penduduk yang akan mencapai 15 juta dalam waktu 20 tahun ke depan.

Kawasan ini juga menjadi pusat dari keseluruhan industrialisasi nasional, tempat lebih dari satu juta mobil, sepuluh juta motor, jutaan kulkas, TV dan alat alat rumah tangga diproduksi tiap tahunnya. 

Menganalisa situasi terkini, tak heran area timur Jakarta khususnya Cikarang saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah pusat, dengan dilakukannya beberapa pembangunan infrastruktur. Diantaranya kereta cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung yang menelan investasi Rp65 trilliun.

Simak juga: 3 Perumahan di Bawah 600 Juta-an Dekat Kawasan Berpotensi Cikarang

Moda transportasi ini memungkinkan para pekerja ataupun pebisnis di kota Jakarta untuk berdomisili di Bandung. Kehadiran kereta api dengan kecepatan 350 kilometer per jam ini dipercaya dapat meningkatkan konektivitas antar provinsi.

Pembangunan lapangan terbang baru Kertajati International Airport serta Patimban Deep Seaport yang diperkirakan rampung 2019, diyakini ikut mampu menambah gairah properti di kawasan Cikarang. Potensi-potensi inilah yang menjadi alasan Lippo Group gencar memasarkan megaproyek Meikarta.

“Peluang naik terlihat jelas. Apalagi hunian yang kami tawarkan masih dipatok kisaran Rp5 juta, di mana harga pasaran justru sudah Rp20 jutaan. Pricing strategy ini bahkan sudah hitung-hitungan dengan pihak Kementerian PUPR, masih ada profit kok. Jadi kalau dilihat secara harga, apartemen yang kami sediakan ini sangat customercentric, utamanya kelas industri yang dilayani,” jelas Ketut Budi Wijaya, Presiden Meikarta, dalam jumpa media yang dihadiri Rumah.com.

ROI di Atas 20%

Sementara itu menurut Chief Marketing Officer Lippo Homes, Jopy Rusli, profil konsumen yang melakukan pembelian di Meikarta masih terbagi menjadi end user dan investor. Meski pihaknya tak menutup mata persentase konsumen investor saat ini masih lebih banyak.

“Karena di Cikarang ini banyak ekspatriat, sekitar 65%-nya orang Jepang. Investor sangat antusias berinvestasi lantaran ingin meraup untung dari ekspatriat yang bekerja di kawasan industri Cikarang. Apalagi penyewa ekspat ini bisa menghasilkan return of investment (ROI) atau pengembalian investasi lebih dari 20%,” klaim Jopy.

Baca juga: Hindari Kerugian Beli Apartemen ‘Tanpa Izin’

Pembangunan Meikarta diharapkan mampu memberi dorongan terhadap industri properti nasional yang dalam beberapa tahun mengalami perlambatan.

Dari catatan Rumah.com Property Index 2017, menunjukkan bahwa indeks properti nasional naik tipis 0,4% pada Q1 2017 (q-o-q) dan berlanjut pada Q2 tumbuh sebesar 0,97% (q-o-q). Pada Q3, pasar properti terlihat stabil.

Pasar properti menunjukkan tanda-tanda pemulihan tetapi penjual masih memperhatikan daya beli konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa pasar properti sedang berada pada fase ‘soft market‘.

Sementara di sisi volume suplai properti, indeks menunjukkan sedikit fluktuasi dimana pada Q1 mencatat kenaikan sebesar 11,4% (q-o-q), selanjutnya mengalami penurunan sebesar 2,1% pada Q2 2017 (q-o-q).

“Sebagai bukti nyata bahwa proyek ini mampu terealisasi tepat waktu, kami segera melakukan tutup atap dua tower senilai Rp1 Triliun yang dibangun dengan Surat Izin Mendirikan Bangunan No.503/096/B/BPMPPT,” imbuh Jopy.

Tertarik berinvestasi properti dari sekarang? Lihat pilihan perumahan di bawah Rp1 miliar dengan prospek bagus di sini!

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Potensi Capital Gain di Cikarang Masih Menggiurkan

RumahCom – Dibanding Karawang, kawasan Cikarang yang masuk ke dalam Kabupaten Bekasi dinilai lebih prospektif dalam hal perkembangan di sektor properti. Saat ini, tercatat ada lebih dari 4.000 ka

Lanjutkan membacaJuli 21, 2016

Strategi Jitu Gaet Konsumen Ekspat di Cikarang

RumahCom – Sebagai kawasan industri terbesar di Cikarang, Jababeka memiliki potensi yang menggiurkan untuk perkembangan properti. Berbicara sekilas mengenai Jababeka, kawasan ini merupakan eko-in

Lanjutkan membacaAgustus 11, 2016

Beli Apartemen Sekarang, Balik Modal 5 Tahun Lagi

RumahCom – Cikarang hingga kini dinilai masih sangat menjanjikan dalam hal perkembangan sektor properti. Tumbuhnya kawasan industri di Cikarang disinyalir sebagai pemicu berkembangpesatnya instru

Lanjutkan membacaAgustus 22, 2016

Masa Depan Cerah Properti di Kawasan Industri

RumahCom - Gersang, semrawut, dan berdebu. Gambaran itu yang muncul di benak banyak orang mengenai kawasan industri. Padahal, sejumlah kawasan industri sudah berbenah dalam 10 tahun terakhir. Perkemba

Lanjutkan membacaJuli 19, 2017

Bukan Jepang, Penghuni Cikarang Kebanyakan Warga Korea

RumahCom – Sebagai salah satu wilayah yang tengah berkembang, Cikarang hari ini makin santer terdengar. Selain dikenal sebagai kawasan industri, kini pasar properti di Cikarang makin prestisius sej

Lanjutkan membacaOktober 17, 2017

Masukan