Mau Anak Betah di Kamarnya? Simak 5 Langkah Mudahnya

Wahyu ArdiyantoOktober 31, 2017

kamar tidur merupakan area penting bagi anak

RumahCom – Rumah dan kamar tidur merupakan area penting bagi anak-anak. Bagi si kecil, rumah dan kamar tidur merupakan tempat di mana ia bisa merasa nyaman dan mendapatkan ketenangan. Karena itu, penting untuk mendekorasi kamar anak agar merasa nyaman.

(Baca juga: 5 Hal yang Bikin Geng Anda Betah Nongkrong di Rumah Anda)

Dekorasi kamar yang baik juga akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan anak. Selain itu, anak menjadi betah untuk tinggal di kamarnya sendiri. Hal ini baik untuk orangtua agar lebih mudah mengontrol aktivitasnya.

Dan berikut adalah beberapa tips mendekorasi kamar si kecil.

1. Tema kamar

Pemberian tema pada dekorasi kamar anak sangat penting bagi anak untuk merangsang imajinasi dan kreativitasnya. Anda dapat memilih tema kamar berdasarkan kegemaran atau hobi anak, misalnya tema olahraga, animasi favorit, binatang, dan sebagainya.

Keberadaan tema dekorasi dapat diwujudkan pada area dinding, seprai kasur, tempat tidur, ornamen hiasan di kamar dan lainnya. Dengan memunculkan tema favoritnya, anak akan lebih menyukai kamarnya sendiri.

2. Warna

Kamar anak hendaklah bernuansa ceria. Pilih warna cerah untuk mendekorasi kamar anak. Warna cerah tak hanya pink atau biru saja, bisa juga hijau lime, kuning, ungu, pastel dan sebagainya.

Tak masalah juga jika Anda ingin menggunakan warna netral seperti hitam, putih, abu-abu. Terpenting warna kamar ini dapat selaras dengan tema ruang yang ada.

3. Furnitur

Memilih furnitur untuk anak tidak bisa sembarangan. Setidaknya ada dua furnitur yang krusial untuk anak, yaitu tempat tidur dan meja belajar. Anda wajib memilihnya sesuai dengan luas kamar. Selain itu sesuaikan juga dengan kebutuhan anak.

Untuk tempat tidur Anda dapat memilih tipe single bed. Namun, pilih kasur berkualitas karena anak membutuhkan kenyamanan beristirahat. Jika istirahatnya nyaman, ia akan selalu fit saat ke sekolah.

Selalu perhatikan juga faktor keamanan saat memilih furnitur untuk kamar anak.

4. Lengkapi kamar

Buatlah kamar yang memenuhi semua kebutuhan anak. Sediakan semua fasilitas seperti mainannya, alat menggambar, alat tulis, tempat ia menyalurkan hobi, dan tempat untuk belajar.

Namun sebisa mungkin jangan taruh televisi dan video game di dalam kamar anak. Jangan lupakan juga untuk selalu menaruh air putih dan makanan kecil agar ia tak kelaparan.

5. Ruang Bereksplorasi

Di usia pertumbuhan, anak hobi mengeksplorasi segala hal. Berilah kelonggaran padanya untuk dapat mengeksplorasi dan berkreasi di kamarnya.

Anda dapat menciptakan pojok eksplorasi dengan menyediakan dinding kosong untuk ia corat-coret, menempel stiker favoritnya, dan sebagainya. Hal ini dapat melatih daya kreatifitasnya dan melampiaskan kebutuhan motoriknya.

Selain kamar yang nyaman, sesekali anak juga perlu di ajak bermain keluar seperti ke taman. Cek di sini untuk pilihan hunian dengan fasilitas taman bermain bagi anak-anak dengan harga mulai dari Rp300 jutaan!

Dian Probowati

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips Bikin Betah Tinggal Di Kos-kosan

RumahCom – Tinggal indekos supaya mudah menjangkau tempat beraktivitas memang terkesan mandiri dan menyenangkan. Namun hal ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang baru pertama kali meng

Lanjutkan membacaSeptember 17, 2017

Yuk, Percantik Teras Biar Makin Betah di Rumah

RumahCom – Pertama kali yang Anda pandangi saat melihat rumah tentunya bagian depannya, dan lebih spesifik adalah teras rumah. Memang, sih, umumnya banyak orang yang mendambakan memiliki halaman bel

Lanjutkan membacaSeptember 21, 2017

Feng Shui Kamar Anak Agar Tumbuh Sehat dan Cerdas

RumahCom – Menata kamar sebenarnya tidak bisa sembarangan dan perlu perhatian khusus. Penting untuk merancangnya senyaman mungkin agar mereka senang dan tidur dengan nyenyak. Kamar juga berperan pen

Lanjutkan membacaOktober 9, 2017

5 Pilihan Warna untuk Kamar Anak

RumahCom – Anak yang tengah dalam masa tumbuh kembang, sudah seharusnya mulai diajarkan untuk tidur sendiri. Memang tak mudah mengajarkan anak mandiri. Kebanyakan mereka masih takut untuk ditinggal

Lanjutkan membacaOktober 27, 2017

Masukan