Trik Memanfaatkan Mezzanine di Rumah

Fathia AzkiaNovember 1, 2017

RumahCom – Berada di antara lantai dasar dan lantai atas, mezzanine adalah area terbuka yang bisa dimanfaatkan menjadi ruang fleksibel. Ada yang mengubah mezzanine menjadi ruang bekerja, tempat penyimpanan, atau kamar tidur.

Dengan kesan ruangan terbuka, mezzanine punya daya tarik tersendiri untuk didekorasi. Jika ingin mengisi ruang mezzanine, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, luas area, pemilihan furnitur, dan faktor keamanan dalam merancang ruangan.

Nah, jika Anda punya mezzanine kosong di rumah, yuk simak beberapa inspirasinya.

Ruang kerja dan perpustakaan

Mezzanine_01

Karena sifat ruangan yang terbuka dan cenderung terang, mezzanine sangat pas diubah menjadi ruang membaca dan belajar. Dengan penataan yang rapi dan fungsional, mezzanine akan cukup luas untuk menyimpan koleksi buku di beberapa lemari.

Kemudian tambahkan satu set meja belajar dan lampu gantung yang unik. Sebagai pelengkap, tambahkan karpet tebal yang nyaman untuk bersantai.

Baca juga: 5 Manfaat Punya Area Mezzanine

Galeri seni

Mezzanine_02

Untuk Anda yang berjiwa seni atau kolektor suatu jenis benda, tidak ada salahnya memanfaatkan mezzanine sebagai galeri seni pribadi. Selain membuat koleksi Anda tertata rapi dan enak dipandang, galeri seni ini bisa menjadi tempat bersantai dan relaksasi di rumah.

Ruang tidur

Mezzanine_03

Jika Anda tak punya cukup ruang untuk meletakkan ranjang kasur yang besar, saatnya memanfaatkan mezzanine sebagai ruang tidur.

Biasanya ide ini dicontek oleh pemilik apartemen studio dengan tingi plafon sekitar empat meter. Dengan demikian, sisa luas bangunan yang ada di lantai dasar bisa digunakan untuk kamar mandi atau dapur.

Simak juga: Pilihan Rumah Minimalis Murah dengan Dua Kamar Tidur

Dapur

Mezzanine_04

Siapa sangka area mezzanine bisa diisi menjadi dapur? Yang terpenting, gunakan material yang kokoh untuk lantai dan anak tangga supaya aktivitas masak memasak bisa dilakukan dengan aman.

Merancang dapur di mezzanine bisa membuat aroma dan asap masakan berputar cepat keluar rumah. Anda juga bisa memanfaatkan pembatas ruangan sebagai media tanaman vertikal yang unik seperti contoh di atas.

Ruang keluarga

mezzanine_05

Jika lebar mezzanine cukup luas, Anda bisa mengubahnya menjadi ruang komunal atau ruang keluarga yang nyaman.

Untuk yang satu ini, pastikan lantai dicor beton supaya kokoh diisi oleh furnitur besar dan berat. Perhatikan juga pembatas ruangan yang tebal supaya aman dan terhindar dari resiko kecelakaan. Terlebih jika ada anggota keluarga yang masih berusia balita.

Area mezzanine bisa jadi solusi untuk mengatasi terbatasnya ruang. Solusi lainnya? Pilih rumah dua lantai. Cek di sini untuk pilihan rumah dua lantai dengan harga di bawah Rp1 miliar!

Sumber foto: Architectural Digest dan Freshome

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Tips dan Trik Memanfaatkan Balkon Sempit

RumahCom – Keberadaan balkon pada sebuah hunian tak hanya menambah estetika ruang, balkon juga merupakan aset penting yang dapat menyempurnakan hunian Anda. Balkon dapat menjadi teras untuk menikmat

Lanjutkan membacaSeptember 28, 2017

Rumah Kecil Tapi Mewah, Gimana Caranya?

RumahCom – Meski tinggal di rumah mungil seperti tipe 36, tentunya Anda selalu ingin mendekorasi hunian senyaman dan semenarik mungkin. Selain gaya shabby chic atau minimalis yang populer, Anda juga

Lanjutkan membacaOktober 11, 2017

Tips Renovasi Hunian yang Praktis Sekaligus Ekonomis

RumahCom – Saat memiliki dana lebih, kita biasanya cenderung menggunakannya untuk membeli gadget keluaran terbaru atau menghabiskannya untuk kepentingan gaya hidup. Jarang sekali dana  yang ada dia

Lanjutkan membacaOktober 13, 2017

Tips Menata Rumah Minimalis Agar Nyaman dan Harmonis

RumahCom – Sebagai tempat berlindung dan beristirahat, rumah haruslah ditata senyaman mungkin. Semakin rapi dan bersih ruangan yang ada di dalamnya, maka akan membuat anggota keluarga betah berlama-

Lanjutkan membacaOktober 13, 2017

Luas Rumah Cuma 5x6 Meter? Simak Cara Menatanya!

RumahCom – Punya rumah mungil sebenarnya memberi banyak kemudahan bagi penghuninya. Dengan luasan terbatas, Anda bisa lebih ringan dan hemat waktu ketika bersih-bersih.Sayangnya ada beberapa masalah

Lanjutkan membacaOktober 27, 2017

Masukan