Cara Mudah Merawat Alat Kebersihan Rumah

Wahyu ArdiyantoNovember 6, 2017

bukan hanya rumah, alat kebersihan juga harus bersih

RumahCom – Mungkin Anda rajin membersihkan rumah, tapi apakah Anda peduli dengan kondisi peralatan yang digunakan untuk membersihkan rumah seperti sapu dan kain pel? Yakin jika sapu Anda juga bersih?

(Baca juga: 4 Langkah Mengusir Lalat Buah dari Rumah)

Pasalnya peralatan kebersihan yang dekil dan kotor malah semakin menyebarkan kuman dan debu di rumah Anda. Jadi percuma saja jika Anda masih membersihkan ruangan dengan peralatan yang kotor.

Mulai sekarang, yuk, lebih peduli dengan alat kebersihan di rumah. Simak tipsnya!

Sapu ijuk

  • Bedakan sapu untuk ruangan dalam dan sapu untuk teras karena setiap debunya juga Jangan gunakan sapu ijuk untuk menyapu halaman—gunakan sapu lidi.
  • Usai digunakan, bersihkan sapu dengan merendamnya di dalam air hangat yang sudah ditambah detergen untuk menghilangkan kuman dan debu. Lalu, jemur hingga sapu kering kembali. Ikat sapu dengan karet agar tidak gampang mekar.
  • Simpan sapu dalam posisi terbalik sehingga tidak membuat ujung sapu menjadi menekuk. Ketika menggunakan sapu sebaiknya gunakan satu sisi dahulu. Jika satu sisi tersebut sudah rusak, gunakan sisi lainnya.

Sapu lidi

  • Simpan sapu lidi di pojok yang sejuk dan jauh dari kelembapan. Jika sapu lidi disimpan di area yang basah, akan membuat lidi menjadi cepat busuk dan rusak.
  • Sebaiknya tambakan gagang sapu panjang sehingga memudahkan Anda untuk menyapu. Sapu lidi tanpa gagang juga tak dapat digunakan secara maksimal.
  • Agar kondisi sapu lidi tetap kuat, pastikan karet pengikatnya tidak longgar atau rapuh.
  • Jika sapu kotor, cuci dengan air mengalir lalu jemur di bawah sinar matahari dan jangan biarkan lembap.

Sedang cari rumah? Bingung tentukan rumah yang tepat? Simak panduannya dalam video ini:

Kain pel

  • Bilas kain pel setelah digunakan untuk mengepel lantai dan jemur hingga kering. Setelahnya, simpan kain pel dengan cara
  • Cuci kain pel setiap minggu dengan dikucek menggunakan deterjen. Jika kain pel bisa dicopot dari gagangnya, Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci, dan jemur sesudahnya.
  • Ganti kain pel setelah usianya lebih dari 2-3 bulan karena sudah banyak mengandung kuman dan debu.

Kemoceng

  • Bersihkan kemoceng dari debu setelah digunakan lalu gantung di tempat yang sejuk. Sebaiknya jangan menggunakan kemoceng dengan dipukulkan ke benda tertentu, karena membuat bulu kemoceng cepat rusak.
  • Agar debu dari kemoceng tidak bertebaran, masukkan kemoceng ke dalam pembungkusnya.

Lap

  • Selalu cuci setelah lap digunakan untuk membasuh area yang berdebu sehingga debunya hilang dan tidak menempel terus di permukaan lap.
  • Untuk menghilangkan bakteri, lap bisa disiram dengan air hangat atau rendam dalam air yang sudah ditambah deterjen lalu kucek dan jemur.

Alat-alat kebersihan yang bersih tentunya bisa bikin rumah bersih maksimal. Cek di sini untuk pilihan hunian dengan lingkungan yang bersih mulai harga Rp500 jutaan!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Awas, Kecoa Bisa Serbu Rumah Saat Ditinggal Liburan!

RumahCom - Menjelang hari raya atau saat berencana melakukan perjalanan liburan yang cukup lama, pertimbangan utama adalah rumah yang kosong. Bukannya Anda tak yakin dengan sistem keamanan di rumah, m

Lanjutkan membacaJuli 3, 2017

5 Cara Bikin Tikus Malas Mampir ke Rumah

RumahCom - Tikus sering kali menjadi tamu tak diundang di rumah kita. Salah satu hewan pengganggu ini mudah ditemukan di setiap sudut perumahan, terutama jenis tikus got.Kehadirannya tak hanya menggan

Lanjutkan membacaAgustus 10, 2017

Ini Caranya Membuat Pembersih yang Lebih Hemat

RumahCom - Agar memiliki rumah yang bersih dan nyaman Anda bisa melakukannya dengan cara-cara yang sederhana dan biayanya cukup murah. Berbagai bahan pembersih yang dibutuhkan juga bisa didapat dengan

Lanjutkan membacaNovember 8, 2020

Langkah Pencegahan untuk Melindungi Rumah dari Virus Corona

RumahCom - Memastikan kebersihan rumah bisa dilakukan dengan membersihkan diri dan peralatan rumah sehingga terlindungi dari penyebaran virus corona.Bagi sebagian orang, tetap berada di rumah adalah p

Lanjutkan membacaNovember 20, 2020

Rutin Bersih-Bersih Agar Rumah Bebas Bakteri dan Virus

RumahCom - Bakteri dan virus ada di mana-mana, termasuk di dalam rumah. Penting untuk selalu rutin menjaga kebersihan rumah agar bebas dari bakteri dan virus.Terkadang mungkin Anda lupa menjaga kebers

Lanjutkan membacaNovember 20, 2020

Masukan