Potensi Depok Masih Perlu Digali

Fathia AzkiaNovember 15, 2017

RumahCom – Sebagai wilayah paling strategis di Provinsi Jawa Barat, Kota Depok memberi pengaruh  kuat terhadap pertumbuhan ekonomi wilayah sekitarnya. Hal ini tentu saja lantaran letak dan posisinya sebagai penyangga Ibukota Jakarta.

Kondisi tersebut juga menjadi peluang sekaligus tantangan agar Kota Depok mampu menyelaraskan potensi ekonomi yang dimiliki dengan arah tata kelola pemerintahan.

Di samping, sejak tahun 2008 silam, lebih dari separuh penduduk Kota Depok termasuk kelompok usia produktif. Oleh karenanya, tantangan ekonomis dalam jangka pendek adalah menyediakan lapangan kerja dan memperluas kesempatan kerja melalui pengembangan ekonomi lokal yang tepat.

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kota Depok menilai perkembangan ekonomi di wilayahnya cukup pesat namun kurang menyentuh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM).

Simak juga: Rumah Rp600 Jutaan di Depok Naik Pesat

Perhatian Pemerintah Kota Depok dan stakeholders terkait melalui program pemberdayaan dan pengembangan UMKM dinilai belum menyeluruh dan kontinu menyentuh seluruh potensi UMKM yang ada.

Padahal pelaku UMKM perlu mendapat perhatian penuh dari semua pihak, sehingga perkembangan ekonomi di Kota Depok tidak hanya dinikmati segelintir pengusaha berkantong tebal.

Mengatasi permasalahan ini, Project Director Cimanggis City, Sanggam Sitorus, mengaku pihaknya akan andil dalam memberikan solusi dengan menyediakan unit-unit ruko harga terjangkau bagi UMKM. “Jadi yang kami ciptakan bukan hanya apartemen saja, tetapi juga ruang komersil yang dibutuhkan pelaku usaha,” katanya kepada Rumah.com.

(Butuh ruko, ruang kantor atau gudang? Temukan pilihannya di sini)

Cimanggis Jadi Ruang Kaum Urban

Sementara menyangkut problem hunian ekonomis bagi masyarakat sub-urban, Sanggam menjelaskan hal ini menjadi tantangan sekaligus peluang tersendiri bagi developer properti di tengah keterbatasan lahan di pusat kota.

“Tantangannya kami hadapi dengan membesut proyek properti di kawasan Cimanggis. Apartemen Cimanggis City ini ditawarkan dengan harga terjangkau bagi kaum urban yakni Rp250 jutaan per unit atau sekitar Rp11 juta per meter persegi,” imbuhnya.

Hunian setinggi 24 lantai ini berdiri di lahan seluas satu hektar dengan luas bangunan sekitar 65.000 meter persegi. Total unitnya berjumlah 1.600 unit apartemen dan kios dengan dua pilihan tipe, yaitu tipe studio dan dua kamar. Lihat ulasan lengkap seputar Cimanggis City di sini.

Cimanggis sendiri merupakan kawasan paling dekat dan terjangkau bagi masyarakat urban yang beraktivitas di kota induk seperti Jakarta. Dengan adanya hunian ini diharapkan dapat menopang percepatan wilayah dan mampu berkontribusi pada peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

Menyoal perkembangan wilayahnya, Cimanggis saat ini memiliki proyek tol baru yakni Cimanggis-Cibitung dengan panjang jalan mencapai 25,39 kilometer.

Proyek ini sempat diberhentikan, namun kembali berjalan setelah proses pengadaan lahan di seksi I sepanjang 3,5 kilometer mengalami kemajuan. Rencananya, jalan tol baru ini akan selesai 100 persen pada Juni 2017.

Tol Cimanggis-Cibitung dinilai begitu sangat strategis sebab mampu menghubungkan dua tol eksisting dengan lalu lintas padat yakni tol Jakarta-Cikampek dan Cinere-Jagorawi.

Tertarik berinvestasi apartemen baru di Kota Depok? Klik Perumahan Baru dan temukan pilihan apartemen mulai harga Rp300 Jutaan.

 

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Lahan Menipis, Properti Depok Siap Tumbuh ke Atas

RumahCom – Kota Depok dinilai sudah sangat membutuhkan hunian vertikal mengingat keterbatasan dan kian mahalnya harga lahan yang nyaris merata. Di sisi lain, dukungan infrastruktur transportasi dan

Lanjutkan membacaApril 26, 2017

Harga Apartemen Depok Capai Rp16 Juta/m2

RumahCom – Sejak dua tahun silam, koridor Margonda, Depok, terus digempur pembangunan hunian vertikal alias apartemen. Apalagi sejak Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Depok menyebut Depok berada d

Lanjutkan membacaMei 2, 2017

Animo Konsumen Apartemen di Depok Masih Tinggi

RumahCom – Sebagai wilayah penyangga Jakarta, Depok yang berbatasan langsung dengan area Jakarta Selatan masih terus memasok pembangunan hunian vertikal sebagai alternatif bagi konsumen kelas meneng

Lanjutkan membacaMei 19, 2017

30% Mahasiswa di Depok Beli Apartemen Secara Cash

RumahCom – Pertumbuhan hunian vertikal di kawasan Depok masih dinamis. Ini lantaran ceruk pasarnya sendiri masih mumpuni, sebut saja yang terbesar merupakan kalangan mahasiswa yang akan maupun tenga

Lanjutkan membacaAgustus 18, 2017

Incar Mahasiswa, Pengembang Bangun Apartemen di Depok

RumahCom – Sebagai salah satu kawasan yang tengah berkembang, menipisnya lahan akibat masifnya pembangunan kerap menjadi permasalahan umum. Bukti nyatanya bisa dilihat langsung di sepanjang koridor

Lanjutkan membacaOktober 24, 2017

Masukan