7 Tips Agar Aman dan Nyaman Tinggal di Klaster

Wahyu ArdiyantoNovember 17, 2017

panduan agar nyaman tinggal di hunian klaster

RumahCom – Perumahan klaster saat ini memang tengah naik daun. Sistem keamanan terpadu adalah satu dari banyak keunggulan yang ditawarkan dari perumahan model ini.

(Baca juga: Pssst!… Ini Rahasia yang Bikin Orang-orang Nyaman Tinggal di Apartemen)

Namun meski menawarkan banyak keunggulan, ada beberapa hal yang perlu kita antisipasi saat tinggal di hunian seperti ini. Simak tips berikut agar Anda nyaman ketika tinggal di perumahan klaster.

1. Memilih tipe yang tepat

Perumahan klaster memiliki luas area yang lebih besar dan unit yang lebih banyak dibanding townhouse. Biasanya perumahan klasster dibagi menjadi beberapa tipe dengan ciri khasnya masing-masing. Misalnya, perumahan klaster berkonsep Indonesia memiliki tipe klaster Bali, Jawa, Kalimantan, Papua, dan sebagainya.

Setiap tipe klaster didesain sesuai konsep masing-masing. Karena itu, pastikan Anda memilih tipe klaster yang sesuai dengan selera Anda sehingga ke depan akan memudahkan Anda melakukan dekorasi ruang.

2. Penambahan sistem keamanan

Meski luas perumahan cukup besar, biasanya hanya ada satu pintu untuk keluar-masuk perumahan. Hal ini membuat keamanan lebih terkontrol. Namun, bukan berarti rumah Anda akan aman 100 persen. Apalagi rumah klaster sering didesain tanpa pagar.

Untuk mengantisipasi, ada baiknya Anda menambahkan sistem keamanan sendiri, misalnya CCTV dan alarm, terutama bagi Anda yang lebih sering berada di luar rumah.

3. Krey outdoor

Hunian tanpa pagar akan mengurangi privasi penghuninya. Anda dapat menambahkan krey outdoor pada bagian depan jendela untuk menghalangi pandangan langsung dari luar. Selain itu krey berguna juga untuk menghalau sinar matahari langsung tembus ke dalam rumah.

4. Memaksimalkan halaman depan

Perumahan klaster biasanya menyediakan lahan hijau yang cukup luas. Manfaatkan area ini secara maksimal untuk menambah estetika hunian dan menyegarkan udara di sekitar hunian. Menanam pohon di pekarangan depan rumah juga dapat membantu menghalangi pandangan langsung ke bagian dalam rumah.

 5. Carport dengan atap

Rumah klaster biasanya menyediakan carport tanpa atap untuk satu kendaraan. Tambahkan atap untuk carport agar kendaraan Anda terlindung dari panas dan hujan. Agar tak merusak kesan klaster yang identik dengan ‘terbuka’, Anda dapat memilih material atap transparan dan sesuaikan desainnya dengan tema hunian agar padu.

6. Membentuk komunitas dan rajin bersosialisasi

Penghuni klaster cenderung individualis karena sebagian besar sibuk bekerja. Tak ada salahnya jika Anda memelopori pembentukan komunitas atau perkumpulan klaster. Hal ini penting untuk membangun keakraban dan saling mengenal sesama tetangga.

Adakan pertemuan satu bulan sekali, bisa berupa arisan, pengajian, atau sekadar kumpul tetangga. Hal ini akan berdampak positif bagi kehidupan rumah tangga dan sosialisasi Anda, termasuk anak-anak. Sosialisasi tak hanya dengan tetangga satu klaster tapi juga klaster lain dan pihak keamanan perumahan cluster.

7. Kendaraan penunjang

Perumahan klaster umumnya memiliki luas yang cukup besar. Ini membuat jarak rumah menuju pintu gerbang cukup jauh tanpa ada akses transportasi pendukung. Jadi penting untuk menyiapkan transportasi penunjang seperti sepeda atau motor untuk transportasi di sekitar area klaster

Tertarik tinggal di perumahan model klaster? Cek aneka pilihannya di sini, mulai harga Rp500 jutaan!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Enam Klaster dengan Desain Eksterior Tercantik

RumahCom – Selama tahun 2015, kemunculan perumahan baru setiap bulannya selalu bertambah. Aneka konsep dan desain pun ditawarkan oleh berbagai developer, dari mulai gaya minimalis, modern, green liv

Lanjutkan membacaDesember 30, 2016

Klaster di Tangerang Masih Tawarkan Cicilan KPR Rp3 Jutaan

RumahCom – Penghasilan Rp10 juta per bulan rasanya tidak lagi menjadi hambatan untuk mulai mencicil rumah baru dengan sistem KPR. Karena jika dihitung secara kasar, dengan pendapatan sebesar ini, ta

Lanjutkan membacaFebruari 29, 2016

Joglo Didominasi Klaster Kelas Atas

RumahCom – Jakarta Barat boleh jadi harus sedikit ‘legowo’ menerima kenyataan bahwa posisinya harus kalah saing dengan Jakarta Timur dalam “10 Lokasi Favorit Bagi Para Pencari Properti di Indo

Lanjutkan membacaAgustus 23, 2016

Tips Dekorasi Praktis yang Bikin Nyaman Rumah Minimalis

RumahCom – Tentunya ada kebanggaan tersendiri saat Anda dan pasangan memiliki rumah baru sekalipun desainnya minimalis, yang penting jadi tak perlu lagi numpang di rumah mertua atau tinggal di kontr

Lanjutkan membacaNovember 8, 2017

Masukan