Aneka Ruang Cantik di Taman Minimalis

Fathia AzkiaNovember 21, 2017

RumahCom – Taman minimalis bisa terkesan membosankan bagi sebagian orang. Di sisi lain, banyak pula yang menganggap taman minimalis adalah desain sederhana yang stylish untuk dicontek di pekarangan rumahnya. Secara umum, membuat taman minimalis tidaklah sulit.

Jika merujuk aturan desain interior, taman minimalis biasanya ditandai dengan material hard lanscape berpadu dengan desain tegas dan garis sederhana. Inilah beberapa tips membuat ruang cantik di taman minimalis ala Rumah.com.

Menciptakan pembatas

Kesan minimalis harus dibuat dengan adanya pembatas antar satu dan yang lain. Khususnya dalam hal pemilihan warna, gunakan warna netral tanpa adanya pulasan cat yang menampilkan tekstur alami.

Simak juga: Mau Rumah Rp300 Jutaan dengan Kolam Renang?

Sebagai contoh, untuk membatasi taman rumput dan taman kerikil, Anda bisa memanfaaatkan dinding yang hanya diberi pulasan semen aci ini.

minimalist4

Batasi material

Membatasi jumlah material hardscape, maupun variasi warna adalah kunci sukses membuat taman dengan kesan bersih dan sederhana. Simak contoh pemilihan warna senada untuk dinding dan lantai teras berikut ini.

minimalist1

Sementara itu, aplikasi lantai juga harus diperhitungkan secara matang. Sebagai contoh, lantai ubin berwarna abu-abu bisa menjadi latar belakang yang pas untuk detil abu-abu gelap yang dimunculkan dari kursi, kontainer tanaman dan kerangka jendela berikut ini.

Perhatian kepada detil bisa membuat taman minimalis Anda terlihat lebih profesional dan mewah.

minimalist3

Buat rumput terlihat lebih modern

Berbeda dengan taman pada umumnya, rumput di taman minimalis adalah item penting yang bisa dikreasikan sedemikian rupa. Ada rumput yang ditanam menyerupai bentuk tertentu, ada juga yang dibiarkan tumbuh bebas.

Baca juga: Rumah Kecil Pun Tetap Bisa Punya Taman Cantik

Intinya, rerumputan bisa menjadi dasar yang dikombinasikan dengan bahan alami lain, seperti kayu-kayuan dan batu.

Konsep taman minimalis di bawah ini memanfaatkan rerumputan yang dipangkas rapi menyerupai karpet. Anda bahkan bisa menggunakan rumput imitasi jika tak ingin dipusingkan dengan perawatan secara rutin.

minimalist2

Pilihan tanaman

Kebutuhan tanaman di taman minimalis boleh dibilang terbatas. Namun, kehadirannya tetap dibutuhkan untuk memberi kesan lembut pada pekarangan.

Taman minimalis biasanya hanya memilih maksimal tiga spesies tanaman. Tentunya, hal ini berkaitan dengan tujuan sederhana dan kemudahan dalam perawatannya.

Letakkan tanaman di kontainer sesuai dengan jenisnya masing-masing. Pilih kontainer berwarna gelap dan berdesain minimalis. Tujuannya, agar menghadirkan kesan kontemporer, bersih, dan stylish.

minimalist

Taman selain sedap dipandang juga bisa jadi tempat yang asyik untuk bersantai. Cek di sini untuk pilihan perumahan dengan taman di halaman belakang mulai dari Rp500 jutaan!

Sumber foto: houzz

Isnaini Khoirunisa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Gaya Minimalis di Rumah Tipe 36

RumahCom – Tren gaya minimalis hingga kini masih digandrungi dan diaplikasikan pada banyak perumahan di Indonesia. Tidak hanya pada bangunan tampak luarnya saja, gaya ini juga kerap diusung pada int

Lanjutkan membacaJuni 21, 2016

4 Inspirasi Taman Tropis Minimalis di Rumah

RumahCom – Berbicara tentang konsep taman tropis memang tidak ada habisnya. Di antara banyak konsep taman, taman tropis lebih sesuai dengan dengan karakteristik rumah Indonesia. Pada dasarnya, ta

Lanjutkan membacaJuni 27, 2016

Yuk, Menata Taman Minimalis!

RumahCom – Sisa lahan kosong berukuran terbatas yang ada di belakang atau bagian tengah rumah sebaiknya tidak diabaikan begitu saja. Manfaatkan untuk membuat taman. Manfaat taman alias ruang hija

Lanjutkan membacaAgustus 22, 2016

Mengapa Tinggal di Rumah Minimalis Lebih Sehat?

RumahCom – Rumah bergaya minimalis lebih disukai masyarakat dewasa ini, sebab sifatnya yang anti-pemborosan dan jauh dari unsur materialistis. Konsep bangunan minimalis sendiri mengutamakan nilai

Lanjutkan membacaNovember 24, 2016

6 Tips Hadirkan Gaya Minimalis untuk Apartemen

RumahCom – Bosan dengan tampilan apartemen yang ditata standar? Ubah saja tampilan ruangnya agar menghadirkan nuansa baru yang memberikan energi positif. Dan gaya minimalis salah satu yang patut And

Lanjutkan membacaSeptember 19, 2017

Masukan