Kiat Bikin Dapur Sehat dan Terawat

Wahyu ArdiyantoNovember 21, 2017

kebersihan dapur wajib diperhatikan

RumahCom – Tak hanya tubuh yang harus dijaga kesehatannya, hunian pun demikian. Dan untuk menciptakan hunian yang sehat dan terawat, Anda wajib menjaga kebersihan setiap area di dalamnya, tak terkecuali area dapur yang rentan kotor karena digunakan setiap hari untuk memasak.

(Baca juga: Ini 5 Keuntungan Letak Dapur di Area Depan)

Karena itu, Anda wajib memperhatikan kebersihannya. Jika dibiarkan kotor, area ini bisa menjadi sarang kuman. Dan berikut adalah lima elemen utama dapur yang wajib Anda bersihkan untuk menciptakan dapur yang sehat.

1. Sink

Sink atau tempat cuci piring menyimpan banyak kotoran dan bakteri dari sisa-sisa makanan di tempat saringan pembuangan yang seringkali menumpuk. Usahakan untuk selalu meninggalkan sink dalam keadaan kering.

Anda dapat mengelap sink menggunakan kanebo atau tisu sesaat setelah selesai mencuci piring. Gunakan desinfektan untuk mengurangi pertumbuhan kuman. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan setiap kali membersihkan sink.

2. Rak penirisan

Setelah selesai mencuci piring biasanya piring akan ditaruh di rak penirisan sebelum dipindahkan ke lemari. Pastikan Anda selalu membersihkan rak penirisan setiap hari, dan selalu meninggalkannya dalam kondisi kering. Rak yang kering dapat meminimalisir pertumbuhan kuman.

3. Kabinet dapur

Kabinet dapur umumnya menjadi tempat penyimpanan peralatan dapur, seperti piring, gelas, sendok dan garpu, bahan makanan dan sebagainya. Karena itu, usahakan selalu dalam keadaan tertutup agar debu dan serangga tidak masuk ke dalamnya.

Untuk menjaga kebersihannya, gunakan alas kertas sebelum meletakkan perabot dan alat dapur lain. Sematkan juga penghisap bau lembap di setiap lemari kabinet. Segera bersihkan bagian luar kabinet menggunakan lap jika terkena cipratan saat memasak.

4. Kompor

Kebersihan kompor wajib diperhatikan. Setelah digunakan, biasakan selalu mengelap kompor dengan kain lap. Sebab, umumnya kompor akan berminyak setelah dipakai akibat cipratan saat memasak.

Cara ini berguna untuk mengurangi pertumbuhan kuman dan menjaga agar kompor selalu bersih dan kinclong. Kompor yang terawat akan membuatnya awet digunakan.

5. Lantai

Lantai dapur rentan berminyak dan kotor. Lakukan rutinitas membersihkan lantai dapur setiap hari. Sapu kotoran dan pel menggunakan pembersih lantai.

Jika lantai sangat berminyak akibat aktivitas memasak, Anda dapat mengepelnya menggunakan campuran air hangat, jeruk nipis, dan sabun pembersih lantai. Setelahnya biarkan mengering. Semprotkan pengharum ruangan sebagai langkah akhir.

Bukan hanya dapur yang perlu sehat, tubuh kita juga. Dan untuk pilihan perumahan yang didukung fasilitas kesehatan mulai harga Rp300 jutaan, cek aneka pilihannya di sini!

Dian Probowati

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Dana Terbatas Tapi Mau Mendesain Dapur? Bisa!

RumahCom – Area dapur merupakan salah satu area yang penting bagi sebuah hunian. Apalagi dapur merupakan area yang digunakan setiap hari untuk aktivitas memasak. Karena itu, penting untuk menciptaka

Lanjutkan membacaOktober 11, 2017

Inspirasi Desain Dapur untuk Pria. Keren dan Tetap Maskulin

RumahCom – Dapur tidak selamanya merupakan area khusus untuk kaum wanita. Kegiatan masak-memasak kini juga banyak digemari pria. Bagi kaum Adam yang hobi memasak, desain interior dan dekorasi sebuah

Lanjutkan membacaOktober 21, 2017

Bukan Hanya Tubuh, Dapur Juga Perlu Didetoks, Loh!

RumahCom – Dua bulan menjelang akhir tahun, apakah Anda masih punya jatah cuti? Cobalah ambil cuti 2 hari untuk lebih memperhatikan dapur. Soalnya, dapur menjadi area yang berkaitan dengan kesehatan

Lanjutkan membacaNovember 14, 2017

Bosan Minimalis? Ubah Tampilan Dapur Bergaya Tradisional

RumahCom – Dapur adalah salah satu ruangan di rumah yang penting untuk diperhatikan. Beralih dari gaya minimalis yang terlalu sederhana, Anda bisa memberi sentuhan gaya tradisional dalam desain dapu

Lanjutkan membacaNovember 17, 2017

Masukan