Cara Mudah Agar Tidak Salah Pilih Pigura

Wahyu ArdiyantoNovember 22, 2017

pigura merupakan ornamen dekorasi yang banyak digunakan di rumah

RumahCom – Hiasan dalam bingkai atau pigura merupakan ornamen dekorasi yang sering ditemukan pada setiap hunian. Perlu diketahui, estetika sebuah karya seni juga sangat bergantung pada pigura yang membingkainya. Pigura yang tepat dapat membuat lukisan atau foto tampak makin indah.

(Baca juga: Dekorasi Ruang Berdasarkan Psikologi Warna)

Bagi Anda yang ingin menghias hunian dengan foto atau karya seni berbingkai, wajib perhatikan pemilihan bingkainya. Pemilihan bingkai yang tepat tentu harus memperhatikan karya seninya terlebih dahulu. Dan berikut adalah tips memilih pigura yang tepat untuk karya seni di rumah.

1. Gambar still life

Untuk gambar atau foto still life ada beberapa pigura yang dapat Anda pilih. Jika gambar atau karya seni yang ditampilkan sederhana, Anda dapat menggunakan pigura dengan aksen emas. Sementara pigura bagian dalam (linen atau mat board) berwarna putih dan beraksen garis emas.

Bisa juga menggunakan pigura dengan sentuhan warna yang paling menonjol dari gambar/foto. Tak perlu menggunakan mat board jika ingin warnanya lebih menonjol. Pilihan terakhir Anda dapat menggunakan pigura kayu berwarna gelap. Warna kayu dapat menghangatkan gambar.

Gunakan mat board berwarna putih agar pigura tidak tampak terlalu ‘berat’.

2. Pemandangan alam

Pigura dengan material besi berwarna sangat cocok untuk menampilkan lukisan atau foto bertema pemandangan alam. Sesuaikan warna pigura dengan isi lukisan atau foto yang akan dipajang. Pigura semacam ini dapat menyeimbangkan isi lukisan dan membuatnya terlihat lebih modern.

Misalnya, jika foto atau lukisan didominasi warna biru, pilih besi pigura bernuansa merah muda yang hangat atau putih dan berpahat seperti gelombang.

3. Karya fotografi

Karya fotografi akan lebih menarik didekorasi menggunakan pigura perpaduan kayu berwarna terang dan mat board berwarna berbeda. Pilih dua nuansa warna di dalam foto, misalnya putih dan biru. Anda dapat menggunakan warna putih pada bingkai kayu, dan warna biru untuk mat board.

Opsi kedua, gunakan pigura kayu berwarna gelap. Ini salah satu pilihan ‘aman’ untuk menampilkan karya seni karena hampir semua karya dan foto dapat tampil cantik dalam pigura kayu. Anda dapat menggunakan mat board tradisional untuk melengkapinya.

4. Poster

Jika Anda ingin menghias hunian dengan poster, setidaknya, ada empat cara memilih pigura untuk poster. Pertama, menggunakan pigura dengan warna yang sama dengan warna dominasi di dalam poster tersebut. Kedua, Anda dapat menggunakan shadow box dengan pigura bermaterial kayu alami.

Ketiga, gunakan pigura kayu berwarna putih. Dan terakhir, Anda dapat memilih pigura besi ramping berwarna hitam. Keempat pilihan ini dapat membuat tulisan dalam poster tampil lebih menonjol.

Selain itu perhatikan juga kesesuaian pigura dengan desain rumahnya, bergaya minimalis, modern, atau lainnya. Cek di sini untuk pilihan rumah dengan desain modern mulai harga Rp300 jutaan!

Rina Susanto

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Sampah Pun Bisa Disulap Jadi Karya Seni

RumahCom – Sampah itu indah. Mungkin itulah yang ada di benak seniman kelahiran Zafra, Spanyol ini. Alih-alih menganggap sampah sebagai sesuatu yang menjijikkan, Francisco de Pajaro (43) justru

Lanjutkan membacaAgustus 26, 2013

Dekorasi Ruang dengan Bingkai Foto

RumahCom - Ide untuk memperindah rumah terus bermunculan terutama saat Anda sudah berkeluarga dan telah memiliki buah hati. Mulai dari urusan desain ruang tamu, kamar, membuat kitchen set di da

Lanjutkan membacaJanuari 18, 2016

Yuk, Bikin Pigura Cermin dari Majalah Bekas

RumahCom - Memiliki banyak majalah bekas tidak berarti nantinya berakhir di tempat sampah atau tukang loak. Dengan sedikit kreativitas dan keuletan Anda, setiap halaman majalah bekas pun bisa menjadi

Lanjutkan membacaMaret 13, 2017

6 Inspirasi Teknik Mewarnai Dinding Rumah Agar Lebih Berseni

RumahCom – 6 inspirasi teknik mewarnai dinding rumah agar lebih berseni ini tentunya penting disimak oleh Anda yang bosan dengan gaya hiasan dinding yang itu-itu saja.Ya, Anda bisa saja menambahkan

Lanjutkan membacaApril 19, 2017

Masukan