Pemerintah Kejar Pengembangan Kota Baru Maja

Fathia AzkiaNovember 22, 2017

RumahCom – Untuk mendukung terciptanya Kota Mandiri Maja, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung akses transportasi menuju kawasan lewat pembangunan jalan arteri Pamulang – Parung Panjang – Maja.

Termasuk juga jalan tol Serpong-Balaraja dan Serang – Panimbang yang akan dikembangkan oleh pihak swasta. 

Pembangunan tol Serpong – Balaraja sepanjang 30km terbagi dalam tiga seksi. Seksi 1 adalah Serpong – Legok dengan jarak 9,30km, seksi 2 adalah Legok – Tigaraksa dengan jarak 10,70km, dan seksi 3 adalah Tigaraksa – Balaraja dengan jarak 10km.

Di samping itu, Kota Maja akan didukung Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) Rangkasbitung. Pada tahap awal akan dibangun IPA dengan kapasitas 50 liter per detik yang melayani 4000 jiwa.

Untuk pemenuhan kebutuhan air baku akan diambil sebagian dari 2000 liter/detik suplai Bendungan Karian untuk Kabupaten Lebak yang akan selesai tahun 2019. 

“Inisiatif ini sekaligus untuk menahan urbanisasi ke Jakarta,” ujar Basuki saat meninjau sejumlah titik perumahan MBR yang telah rampung dalam proyek Citra Maja Raya.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Maja merupakan satu dari 10 proyek kota baru mandiri yang akan dikembangkan secara bertahap oleh Pemerintah. Kawasan Kota Baru Maja direncanakan bisa menampung hingga 1,2 juta jiwa saat rampung.

Selain Maja, sepuluh kota atau kawasan perkotaan baru yang akan dibangun Pemerintah sesuai RPJMN 2015-2019 mencakup Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, dan Banjarbaru.

Sebagai bagian dari Development Plan Kota Baru Maja yang disusun Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, sebanyak 10 ribu unit rumah akan dibangun dalam proyek Citra Maja Raya.

Jumlah itu sudah mengakomodasi 8.000 unit khusus hunian MBR, ditambah 1.000 unit rumah subsidi dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP). Lihat di sini untuk mengetahui pilihan rumah harga terjangkau di kawasan Maja.

Maja Bisa Jadi Contoh

Sebelumnya, mantan Kepala Badan Perencanaan Nasional (Bappenas), Andrinof A Chaniago mengakui bahwa Indonesia saat ini belum memiliki kota yang direncanakan negara secara mandiri. Menurutnya, saat ini hanya ada dua latar belakang perkembangan kota.

“Adalah kota peninggalan kolonial atau penjajah dan kota yang diprakarsai swasta yang sangat berlandaskan bisnis, sehingga kurang bisa melayani publik secara menyeluruh, namun hanya untuk kalangan kantong tebal,” katanya.

Andrinof berpendapat bahwa untuk mewujudkan kawasan perkotaan publik akan sulit bila diterapkan pada kawasan perkotaan yang telah ada, karena peluang membangun kota baru publik itu ada pada kawasan yang relatif masih kosong.

Lihat juga: Daftar rumah mulai Rp300 juta di Tangerang, Banten

“Pengembangan Kota Baru Publik Maja dapat menjadi contoh karena dalam pengembangan kota baru publik tersebut, swasta digandeng yang dalam pelaksanaannya ada kesamaan visi pembangunan,” ujarnya.

Potensi kawasan Kota Baru Maja memang diperuntukkan untuk perumahan dan permukiman masyarakat. Pasalnya tanah di daerah tersebut memang tidak terlalu produktif sehingga cocok untuk perumahan.

Perlu diketahui Kota Baru Maja memang telah diprogramkan pemerintah sejak tahun 2005 silam. Bahkan pemerintah juga pernah berencana membangun jalur kereta api double track, serta pembangunan jalan penghubung antara daerah tersebut dengan kota lain di sekitarnya.

Tertarik punya rumah di kawasan Tangerang Selatan atau Tangerang? Simak puluhan pilihannya harga mulai Rp500 Jutaan di sini!

Fathia Azkia
Penulis adalah content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Riset: Hunian di Jakarta dan Tangerang Masih Jadi Favorit

RumahCom – Berdasarkan hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index, Jakarta dan Tangerang masih menjadi lokasi favorit para pencari hunian di Indonesia. Meski demikian, pasokan hun

Lanjutkan membacaMaret 24, 2017

Harga Rumah di Tangerang Terus Menanjak

RumahCom – Tangerang, yang masuk dalam kategori emerging city alias kota berkembang hingga kini masih menjadi pilihan masyarakat bertempat tinggal. Disebut berkembang, lantaran wilayah ini memiliki

Lanjutkan membacaJuni 9, 2017

Permata Mutiara Maja: Hunian Memukau dengan Harga Terjangkau

Pamor kawasan Maja terus menanjak seiring pembangunan infrastruktur yang semakin baik. Terletak di dua propinsi, Jawa Barat dan Banten, Maja telah dirancang oleh pemerintah sebagai kawasan pemukiman s

Lanjutkan membacaAgustus 19, 2017

Mau Rumah Minimalis Sederhana Harga Rp200 Jutaan? Ada!

RumahCom – Mencari rumah murah dengan kisaran harga Rp200 jutaan kini semakin sulit. Kalaupun ada, biasanya rumah tersebut adalah perumahan subsidi dengan spesifikasi bangunan yang minim. Namun lain

Lanjutkan membacaOktober 10, 2017

Berapa Harga Pasaran Rumah di Tangsel?

RumahCom – Tangerang Selatan masih menjadi salah satu pusat perhatian dalam mencari properti baru di antara kawasan penyangga Ibukota lainnya.Pasalnya, setiap sudut area di Tangerang Selatan berkemb

Lanjutkan membacaOktober 20, 2017

Masukan