Kiat Menjaga Cat Kamar Mandi Agar Awet!

Wahyu ArdiyantoNovember 23, 2017

area kamar mandi cenderung lebih lembap

RumahCom – Kamar mandi merupakan salah satu area dalam hunian yang rentan bermasalah. Salah satu permasalahan yang sering terjadi ialah cat dinding yang mudah mengelupas dan rusak. Ini mungkin terjadi karena area kamar mandi cenderung lebih lembap dibanding ruangan lain.

(Baca juga: Cara Ini Bikin Kamar Mandi Bebas Bau Tak Sedap)

Ada beberapa alternatif cara untuk mengatasinya, misalnya menerapkan konsep setengah tertutup dengan menggunakan batu alam, beton ekspos, atau menggabungkan ubin keramik dan cat. Namun cara ini memang cenderung mengeluarkan lebih banyak biaya.

Nah, bagi Anda yang ingin mempertahankan konsep full cat untuk area kamar mandi, sebaiknya ikuti langkah-langkah berikut. Tips ini ampuh membuat cat dinding kamar mandi tahan lebih lama.

1. Ventilasi udara memadai

Penting untuk memiliki ventilasi udara di kamar mandi guna mengurangi kelembapan ruang. Ruang dengan kelembapan tinggi dapat membuat dinding basah dan rembes yang mengakibatkan cat dinding mengelupas.

Anda bisa membuat jendela buka-tutup atau menggunakan exhaust fan yang berfungsi menarik udara lembap keluar, mengurangi uap, dan embun. Nyalakan exhaust fan selama kurang lebih 60 menit setelah Anda selesai mandi.

2. Pemasangan gipsum rapi

Jika kamar mandi dirancang menggunakan gipsum, pilih konsep kamar mandi kering. Gunakan gipsum antilembap yang cenderung lebih tahan lama dibanding gipsum biasa. Lalu, pastikan pemasangan gipsum rapi dan benar.

Lakukan finishing level 5 agar mendapatkan hasil terbaik dan tekstur gipsum sama rata.

3. Sempurnakan sudut gipsum

Sebelum memasang gipsum pastikan sudut kamar mandi Anda sempurna. Anda dapat menggunakan pro bead corner untuk menciptakan sudut dinding yang simetris.

4. Cat tahan lama

Pilih cat khusus dan berkualitas untuk diaplikasikan pada kamar mandi Anda. Pastikan saat pengaplikasian cat dilakukan dengan benar, terutama pada bagian sekitar jendela, permukaan sekitar rak penyimpanan, dan bagian yang rentan lembap sehingga cat dapat menempel dengan sempurna.

5. Pencahayaan baik

Pastikan Anda memiliki pencahayaan yang baik di kamar mandi. Pencahayaan dapat berupa pencahayaan alami atau lampu. Jika menggunakan cahaya alami matahari yang masuk melalui jendela, sebaiknya periksa posisi jatuhnya sinar sepanjang hari.

Cahaya alami memang baik untuk penghematan, tetapi juga buruk untuk cat, apalagi jika Anda menggunakan jenis cat glossy atau mengilap. Sinar matahari dapat membuat cat kering dan mengelupas.

Cat kamar mandi memang rentan terhadap kelembapan dan sinar matahari. Jadi pastikan agar kondisinya selalu kering dan sejuk. Dan untuk pilihan hunian di kawasan yang sejuk mulai harga Rp500 jutaan, simak aneka pilihannya di sini!

Dian Probowati

KIRIM KOMENTAR

Anda juga mungkin menyukai beberapa artikel ini

Cara Mudah Memilih Warna Cat untuk Interior Rumah Anda

RumahCom - Dinding  setiap ruangan rumah sebaiknya diberikan pewarnaan yang berbeda. Selain untuk memberikan keindahan, perbedaan warna cat dinding  secara psikologis juga bisa memengaruhi suasana h

Lanjutkan membacaSeptember 5, 2017

Tips Mengecat Dinding Eksterior ala Tukang Profesional

RumahCom – Beberapa pekerjaan renovasi rumah biasanya cukup menguras tenaga, salah satunya mengecat dinding eksterior. Tidak heran kalau beberapa orang memilih untuk mempercayakan tugas ini kepada t

Lanjutkan membacaSeptember 19, 2017

6 Trik Sukses Bermesraan di Kamar Mandi

RumahCom – Jika bosan dengan lokasi bercinta yang itu-itu saja, kamar tidur lagi, kamar tidur lagi, maka kamar mandi bisa menjadi alternatif tempat untuk bermesraan dengan pasangan. Jadi ingat saat

Lanjutkan membacaOktober 26, 2017

Ide Desain Kamar Mandi Minimalis 2x1 Meter

RumahCom – Menata kamar mandi berukuran mungil memang tidak mudah. Biasanya rumah tipe 36 atau 22 hanya memberi porsi 2x1 meter untuk ruang membersihkan tubuh. Contohnya bisa dilihat langsung di pe

Lanjutkan membacaNovember 22, 2017

Masukan